Monday, 17 Jun 2024

Akibat Mata Silinder Tidak Memakai Kacamata

3 minutes reading
Monday, 14 Nov 2022 22:48 0 504 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui akibat mata silinder yang tidak memakai kacamata, sebenarnya hal ini sangat penting perlu kamu ketahui untuk para penderita mata silinder dan untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Pada saat melihat objek dan mengalami penglihatan yang buram atau tidak jelas tidak hanya disebabkan oleh rabun jauh atau rabun dekat saja tetapi, namun bisa juga disebabkan karena mata silinder atau astigmatisme dan hal ini tidak semua orang menyadarinya jika mengalami mata silinder.

Mata silinder atau astigmatisme merupakan salah satu kelainan refraksi yang dimana hal ini disebabkan karena kornea mata atau lensa mata yang tidak rata, terdapat jaringan parut di dalam kornea atau kornea yang mengalami pembengkakan serta penipisan sehingga dengan begitu menimbulkan keluhan dengan penglihatan yang tidak jelas atau berbayang.

Untuk mengatasi atau mengurangi mata silinder ini yaitu dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak dan juga bisa dengan melakukan operasi lasik, tetapi bagaimana jika yang menderita  mata silinder tidak menggunakan kacamata apa efek sampingnya atau akibatnya.

Untuk mengetahui mengenai akibat mata silinder yang tidak memakai kacamata akan kami bahas dibawah ini, untuk kamu yang penasaran bisa dengan simak ulasan di bawah.

Akibat Mata Silinder Tidak Memakai Kacamata

Akibat Mata Silinder Tidak Memakai Kacamata

Mata silinder yaitu kondisi dimana terjadinya perubahan pada kelengkungan kornea mata, dengan kornea yang tidak lengkung bisa membuat cahaya di luar jatuh tidak rata dengan retina mata dan retina merupakan bagian untuk membentuk gambaran pada objek yang dilihat pada saat itu.

Mungkin untuk penderita mata silinder yang masih awal atau belum parah akan disuruh untuk menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk membantu dalam mengurangi atau silinder tersebut, tetapi jika mata silinder ini tidak langsung ditangani dengan baik dan termasuk dengan penggunaan kacamata mungkin akan muncul keluhan atau efeknya.

Dimana akibat mata silinder tidak memakai kacamata sebenarnya beragam diantaranya seperti sakit kepala, pusing, matang tegang dan juga mata yang akan merasa mudah lelah, untuk keluhan seperti diatas yang disebabkan karena mata silinder yang dialami tidak mendapatkan penanganan yang memadai.

Tetapi jika mengalami keluhan pusing dan sakit kepala yang bisa juga disebabkan karena hal yang lainnya seperti tension type headache, migrain, cluster headache, sakit kepala sekunder, neuralgia trigeminal dan juga vertigo.

Untuk menghindari atau mengurangi mata silinder kamu bisa dengan menggunakan beberapa tips diantaranya jika mata sudah lelah maka istirahat kan terlebih dahulu, mengatur pencahayaan ruangan, menghindari kebiasan seperti mengucek mata, dan juga untuk selalu jaga jarak pada saat menonton atau membaca.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai akibat mata silinder tidak memakai kacamata yang perlu kamu ketahui, sehingga pada saat kamu menyadari jika mengidap mata silinder alangkah lebih baiknya untuk langsung konsultasi dengan dokter mata, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.