10 Alat Gym Untuk Mengecilkan Perut dan Paha

7 minutes reading
Saturday, 16 Sep 2023 04:13 0 89 Muti Karya

Nesiaverse.com – Bagi kamu yang ingin mengecilkan perut dan paha, maka harus mengetahui alat gym yang tepat untuk mendukungnya. Mengecilkan, perut, paha dan betis memang bukanlah perkara yang mudah, karena memang tidak dapat terjadi secara instant. Sehingga kamu membutuhkan beberapa jenis latihan dan penggunaan alat gym yang tepat.

Namun, bagi kamu yang hobi atau akan mulai melakukan gym, kabar baiknya ada beberapa jenis alat-alat gym yang dapat membantu untuk mengecilkan perut dan paha. Sehingga keinginan kamu dapat terwujud dengan mengetahui alat-alat tersebut dan menggunakannya secara rutin. Dilansir dari Livestrong, ada berbagai mesin latihan dengan ukuran dan rancangan tertentu, yang dapat bekerja di setiap area atau bagian tubuh tertentu. 

Alat Gym Untuk Mengecilkan Perut dan Paha

Ada cukup banyak pilihan jenis alat latihan fitness untuk mengecilkan perut dan paha yang dapat kamu gunakan. Kamu tidak perlu kerepotan untuk memilih alat-alat tersebut. Untuk mengecilkan perut buncit kamu disarankan untuk melakukan latihan kardio, guna untuk membakar lemak di area perut tersebut. 

Kamu juga jangan terlalu tergesa-gesa untuk melakukan gerakan seperti sit up untuk mengecilkan dan mertaakan perut maupun paha. Karena latihan dengan gerakan sit up sendiri bukan untuk membantu mengecilkan perut, namun untuk membentuk otot perut agar jauh lebih kencang lagi. 

Namun, jika dibandingkan dengan kardio, kamu disarankan untuk menggunakan beberapa alat gym yang direkomendasikan untuk mengecilkan perut dan paha. Berikut kamu sudah merangkum beberapa jenis alat gym yang dapat kamu gunakan untuk mengecilkan perut dan apah. 

Stationary Bike

Alat Gym Untuk Mengecilkan Perut dan Paha

Alat gym pertama yang dapat membantu kamu untuk mengecilkan perut dan paha adalah stationary bike. Alat fitness satu ini dapat mendukung kamu untuk mengecilkan perut, penggunaannya tidak berbeda jauh dengan sepeda, hanya saja kamu melakukannya di dalam ruangan. Alat satu ini dapat digunakan dengan mudah dengan cara mengayuh seperti bersepeda biasanya. 

Selain untuk mendukung proses pembakaran lemak di area perut, menggunakan stationary bike ini dapat menjadi solusi tepat untuk latihan kardio. Sehingga menggunakan stationary bike kamu tidak hanya membakar lemak, namun akan meningkatkan kondisi tubuh menjadi lebih fit lagi, begitupun dengan kesehatan jantung yang meningkat. 

Tali Skipping

Alat Gym Untuk Mengecilkan Perut dan Paha

Selanjutnya, kamu dapat menggunakan alat fitnes untuk mengecilkan perut yang sederhana, yaitu tali skipping. Siapa sangka alat sederhana dan klasik ini bermanfaat untuk mendukung proses penurunan berat badan. Tali skipping ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan secara signifikan. 

Lompat tali ini akan membantu proses pembakaran kalori dengan baik, kamu menggunakan penghitungan atau jumlah lompatan tali sebagai indikatornya. Selain itu melakukan lompat tali menggunakan tali skipping ini biasa dilakukan sebelum melakukan kegiatan olahraga seperti kegiatan aerobik. 

Manfaat dari penggunaan tali skipping secara rutin, dapat melatih kekuatan otot jantung, meningkatkan stamina tubuh, membantu membakar kalori dalam tubuh, menjaga keseimbangan tubuh dan mampu mengecilkan perut yang buncit hingga paha yang besar. Sehingga kamu akan terlihat lebih ramping lagi, lakukanlah secara rutin untuk hasil yang optimal. 

Treadmill

Alat Gym Untuk Mengecilkan Perut dan Paha

Prose pembakaran lemak akan bekerja jauh lebih cepat ketika kamu menggunakan alat gym satu ini, yaiti treadmill. Treadmill sendiri merupakan salah satu alat fitness yang mampu mengecilkan perut dan paha. Memiliki fungsi yang mana memberikan sensasi dan manfaat seperti jogging. 

Nantinya otot-otot tubuh bagian bawah akan bekerja lebih keras lagi. Sehingga lemak dalam area terkait seperti paha hingga lemak akan mengalami pembakaran kalori dan lemak lebih banyak. Maka, treadmill merupakan salah satu alat gym yang sangat direkomendasikan untuk mengecilkan perut dan paha lebih cepat. 

Dumbbell

Dumbbell merupakan salah satu alat yang menyerupai barbel, namun memang lebih ringan jika dibandingkan dengan barbel langsung. Alat satu ini tidak hanya membantu membakar lemak di area perut dan paha saja, namun juga akan meningkatkan massa otot kamu. 

Dumbbell merupakan alat gym yang rutin digunakan setiap harinya, tujuannya agar melatih kebugaran dan otot menjadi lebih kencang. Selain itu, dumbbell juga dapat dimanfaatkan sebagi salah satu alat gym yang mamapu megecilkan perut dan paha. Kamu dapat memetakan beban tambahan sehingga nantinya proses pembakaran kalori dan lemak pada tubuh bekerja secara optimal.

Penggunaan dumbbell ini juga bisa kamu lakukan dengan tambahan gerakan lainnya yang akan meningkatkan proses pembakaran lemak dalam tubuh. Sehingga jika dilakukan secara rutin dengan varian gerakan dan peningkatan berat dumbbell akan menjadi hasil yang sempurna. 

Side Wheel

Bagi kamu yang ingin mengecilkan perut sekaligus memperkuat otot perut dan paha, kami merekomendasikan alat bernama side wheel. Alat fitnes satu ini dapat membantu kamu untuk mengecilkan perut, sehingga dapat digunakan untuk membantu dan mengencangkan serta merakan perut dengan baik, begitupun dengan area paha. 

Side wheel akan memberikan sensasi yang tidak jauh berbeda dengan kamu melakukan gerakan seperti push up. Alat fitnes satu ini dapat mendukung proses pembentukan otot area lengan atas, bahu, punggung serta area perut hingga kaki. Namun, inti utamanya adalah foku di area perut. Kamu dapat melakukannya secara rutin untuk hasil yang sempurna. 

Cross Trainer

Selanjutnya, alat gym atau fitness yang dapat kamu manfaatkan untuk mengecilkan perut dan paha adalah cross trainer. Alat satu ini akan membuat tubuh kamu melakukan gerakan dengan menyilangkan antara kaki dan tangan. Sehingga kamu dapat melakukan gerakan ini secara seimbang.

Cross trainer sendiri merupakan alat yang menyerupai treadmill dan elliptical, sehingga dimanfaatkan akan menjadi lebih sempurna. Tanpa menggunakan cross trainer, kamu dapat melakukan gerakan kardio serupa manfaatnya dengan ini, yaitu berenang, bersepeda, jalan cepat dan senam aerobik. Penggunaan cross trainer sendiri dapat menghindari kamu dari berbagai risiko cedera ketika latihan. 

Leg Press Machine 

Berikutnya ada alat gym yang bekerja untuk membantu mengecilkan paha dan betis, yaitu leg press machine. Alat satu ini merupakan salah satu jenis mesin yang memiliki target hampir di semua bagian otot kaki. Sehingga dalam proses mengecilkan perut dan paha dapat kamu lakukan dengan mudah menggunakan leg press machine, karena pusat penggunaan otot tubuh sudah tepat.

Gunakanlah leg press machine dengan beban yang sesuai dengan kemampuan kamu, jangan berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan kamu terancam dengan cedera karena terlalu besar beban di area kaki, jadi mulailah dengan yang terkecil.

Leg Extension

Selain menggunakan leg press machine, kamu juga dapat menggunakan alat gym untuk mengecilkan perut dan paha menggunakan leg extension. Alat satu ini dapat kamu gunakan dan manfaatkan karena kinerjanya akan memfokuskan gerakan di area kaki bawah hingga paha atas. Bahkan bagian otot perut juga akan ikut bekerja. 

Selain untuk mengecilkan perut dan kaki, menggunakan leg extension juga akan meningkatkan kekuatan pada otot betis hingga paha atas. Selain itu bagian persendian akan terlatih jika dilakukan secara rutin dengan gerakan yang benar. Relakskan tubuh terlebih dahulu, sehingga kamu akan terhindar dari cedera.

Leg Curl Machine

Leg curl machine, adalah salah satu alat gym yang dapat kamu gunakna untuk mengecilkan perut dan paha. Khususnya bagi kamu yang ingin mempercantik kaki agar terlihat ramping, maka gunakan leg curl machine. Alat satu ini akan bekerja dengan memperkuat dan melatih bagian otot-otot hamstring, yang mana terdapat pada bagian belakang kaki atas. Gunakalah leg curl machine ini dengan posisi yang tegak di atas mesin dengan memegang ganggannya. Pastikan posisi kaki diatas bantal rol. Lakukan leg curl machine ini dengan rutin,sehingga akan mendapatkan hasil yang optimal. 

Weight Machine atau Home Gym

Terakhir, kamu dapat menggunakan alat gym weight machine, yang akan membantu kamu melakukan latihan kardio dengan mengurangi resistensinya. Dengan begitu akan membuat repetisi dengan intensitas yang tinggi ketika berlatih. Kamu dapat menggunakan alat satu ini untuk berbagai jenis latihan diantaranya adalah pemanfaatan leg press, squat, calf raise hingga latihan abduksi kaki dan adduksi. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa rekomendasi alat gym untuk membantu mengecilkan perut dan paha. Pada dasarnya kamu dapat melakukan latihan kardio dengan jogging, bersepeda dan jalan cepat. Namun, mendapatkan alat di tempat gym menjadi pilihan yang tepat ketika kamu adalah orang yang memiliki jadwal yang padat.

x