Monday, 17 Jun 2024

Apakah Buah Bit Bisa Menambah Darah?

3 minutes reading
Tuesday, 22 Aug 2023 01:13 0 191 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buat Bit yang terkenal dengan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh namun ada yang bertanya apakah buah Bit bisa menambah darah? Untuk mengetahui jawabannya bisa dengan simak penjelasan pada artikel di bawah ini.

Buah Bit atau sering dikenal dengan nama beetroot ini merupakan salah satu buah sejenis umbi dengan memiliki warna daging merah keunguan pekat, bentuknya yang bulat dengan kulit berwarna coklat tua, untuk buah Bit ini sebenarnya bahan masakan tetapi di Indonesia yang kurang umum di masakan nusantara tetapi masakan di internasional buah ini yang umum dikonsumsi.

Di Indonesia tanaman buah Bit ini sering disangka sebagai buah namun sebenarnya bit ini termasuk umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah seperti ubi dan juga singkong, biasanya buah Bit yang digunakan sebagai campuran makanan, pewarna makanan alami dan dimanfaatkan sebagai obat.

Memang sudah tidak diragukan lagi dengan manfaat yang bisa didapatkan dari buah Bit ini, tetapi masih banyak yang belum tahu dengan buah yang satu ini sehingga muncul pertanyaan apakah buah Bit bisa menambah darah?

Dimana buah Bit ini yang diperkaya dengan zat besi dan juga vitamin didalamnya termasuk vitamin C serta mineral, kandungan zat besi tersebut yang diperlukan dalam proses pembentukan sel darah merah dan juga membantu menambah darah, sehingga pertanyaan apakah buah Bit bisa menambah darah? Jawabannya iya buah Bit yang bisa menambah darah.

Salah satu jenis mineral tersebut yang bisa diperoleh dari makanan maupun suplemen zat besi, dengan penyerapan zat besi akan lebih optimal jika disertai dengan kandungan vitamin C, untuk keunggulan lainnya dari buah Bit yang satu ini yaitu banyak kandungan vitamin C sehingga dengan begitu kandungan zat besi dari buah Bit yang akan lebih mudah diserap oleh tubuh dengan bantuan vitamin C.

Dimana buah Bit yang termasuk ke dalam jenis makanan rendah kalori tetapi kaya akan kandungan vitamin dan juga mineral di dalamnya, dalam 100 gram buah Bit yang mengandung kalori sekitar 44 kkal, protein 1,7 gram, serat 2 gram, 0,2 gram lemak, 16% mangan, 20% folat, 4% besi, 4% fosfor, 9% kalium, 6% magnesium, 3% vitamin B6, dan juga 6% vitamin C.

Karena buah Bit ini yang tinggi nutrisi dan rendah kalori membuat buah Bit ini yang bisa menjadi makanan cemilan sangat baik untuk membantu menambah darah, mengatasi masalah kurang darah dan juga cocok untuk kamu yang ingin diet atau menjaga berat badan tetap ideal.

Bahkan selain itu juga terdapat manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari buah Bit yaitu membantu menjaga tekanan darah, meningkatkan performa fisik, dan juga antikanker, semua manfaat tersebut bisa kamu dapatkan hanya dengan makan buah Bit atau dibuat jus secara rutin.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan apakah buah Bit bisa menambah darah? Jawabannya iya bisa berkat kandungan zat besi di dalamnya tinggi, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.