Thursday, 18 Jul 2024

Apakah Kucing Buta Warna?

4 minutes reading
Wednesday, 20 Sep 2023 19:47 0 164 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apakah kucing buta warna? Benarkah kucing tidak bisa melihat warna atau mengenali berbagai warna? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait apakah mata kucing itu tidak bisa melihat atau buta warna.

Kucing dikenal memiliki panca indra yang tajam, baik itu penciumannya, pendengarannya, ataupun penglihatannya. Dengan ketajamanan panca indranya itulah kucing mahir sekali dalam berburu, bahkan di malam hari. Kucing sendiri termasuk pemangsa atau predator kecil.

Salah satu panca indra yang menarik dari kucing adalah matanya yang dipercaya bisa melihat hal tak kasat mata, bahkan manusia sendiri tidak dapat melihatnya. Namun, ada beberapa asumsi yang mengatakan bahwa kucing itu tidak bisa melihat berbagai warna alias buta warna.

Lalu kalau begitu apakah kucing buta warna? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan tentang benar atau tidaknya kucing itu buta terhadap warna dan membuat kucing tidak dapat mengenali warna. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Apakah Kucing Buta Warna?

Apakah Kucing Buta Warna?

Kucing merupakan hewan mamalia karnivora yang bertahan hidup dengan cara berburu hewan pengerat kecil untuk dijadikan sumber utama makanannya. Biasanya kucing memang butuh nutrisi hewani seperti kandungan Taurin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan matanya.

Karena kucing memerlukan yang namanya Taurin agar ketajaman mata mereka dapat terjaga dengan baik dan sehat. Kucing memang dikenal memiliki panca indra yang tajam, termasuk matanya. Bahkan kucing memiliki kualitas mata yang lebih tajam dibandingkan sama manusia.

Konon katanya kucing juga sangat peka sekali terhadap keberadaan yang bahkan manusia tidak bisa rasakan. Karena kucing bisa merasakan hawa negatif dan positif, mungkin hal ini juga terbentuk karena kucing termasuk hewan predator kecil yang pastinya mahir sekali berburu.

Dalam berburu itulah kucing menjadi sangat peka terhadap keberadaan sesuatu, entah itu musuh atau mangsa yang akan datang. Seringkali kucing juga dipercaya bisa menyerap energi negatif disekitar kita, lho! Menarik sekali bukan? Banyak sekali hal yang mengejutkan darinya.

Salah satunya adalah beberapa fakta menarik tentang penglihatan kucing yang sering kali dibilang buta warna. Walaupun begitu retina mata kucing memiliki dua sel utama, yaitu jaringan sel kerucut dan jaringan sel batang yang memiliki fungsi berbeda untuk kucing.

Sel kerucut berfungsi untuk membantu mata kucing mampu melihat objek dalam kondisi cahaya terang, sedangkan sel batang berfungsi untuk membantu mata kucing melihat objek dalam keadaan minim cahaya, karena retina mata kucing memiliki banyak sel batang.

Kucing memang tidak paham dalam mengenal warna seperti manusia, hal itu karena sel kerucut pada retina mata kucing lebih sedikit dan lebih banyak sel batang. Sehingga kucing tidak terlalu mengenal warna-warna cerah, tapi dapat melihat jelas dalam cahaya redup.

Walaupun begitu kucing masih bisa melihat dengan jelas beberapa warna saja seperti abu-abu, biru, kuning, dan hijau lebih mendominasi. Jadi kucing tidak sepenuhnya buta warna karena mereka juga memiliki trichromat layaknya manusia, hanya saja pandangan kucing tidak sama sebagaimana manusia yang memandang dunia dengan berbeda.

Kucing memiliki dua jenis kerucut reseptif warna yang merespon secara optimal pada rentang warna kuning, hijau dan biru. Namun, 83% sel kerucut kucing hanya mampu berada dalam rentang reseptif optimal kuning dan hijau. Sehingga kemampuan kucing dalam membedakan warna lebih terbatas dibandingkan dengan hewan yang memiliki distribusi jenis kerucut merata.

Meskipun seperti itu kucing mampu melihat dengan jelas dalam keadaan minim cahaya. Mengutip dari purina menjelaskan kalau kucing punya jaringan tapetum lucidum berfungsi memantulkan cahaya yang masuk ke retina. Makanya intensitas cahaya yang masuk ke retina lebih besar, itulah sebabnya kucing bisa melihat dengan baik sekalipun keadaan redup cahaya.

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang apakah kucing buta warna atau tidak, yang mungkin perlu untuk kamu ketahui. Anggap saja untuk menambah wawasan seputar hewan peliharaan kesayangan kamu seperti kucing, agar bisa mengenal spesies mereka dengan baik.

Maka dari itu usahakan untuk selalu merawat kucing kamu dengan baik, jagalah kesehatan matanya karena bagian itu sangat penting untuk kucing. Apalagi dengan ketajaman matanya yang digunakan untuk berburu dan melihat mangsa dari jauh. Good Luck semoga membantu.