Thursday, 18 Jul 2024

Apakah Madu Asli Berbusa?

4 minutes reading
Tuesday, 14 Nov 2023 18:26 0 103 Muti Karya

Nesiaverse.com – Sejak dahulu, madu dipercaya akan manfaatnya bagi kesehatan, kemudian apakah madu asli berbusa?mengingat madu asli sendiri memiliki rasa manis dan banyak kandungan alami darinya. Sifat antioksidan dan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh. Sehingga untuk mendapatkan manfaat secara optimal ini, kamus dianjurkan mengkonsumsi madu setiap harinya. 

Namun, saat ini kita harus berhati-hati dalam mengkonsumsi madu, karena maraknya pedagang nakal yang mengoplos atau menjual madu palsu yang tentunya tidak ada nilai manfaat di dalamnya. Mereka yang tidak bertanggung jawab ini justru menggunakan label 100% madu asli, sementara produk yang dijual belikan bukanlah madu asli, namun madu campuran atau madu palsu. Sehingga kamu harus lebih berhati-hati dengan mengetahui ciri-ciri dari madu palsu. 

Apakah Madu Asli Berbusa?

Apakah Madu Asli Berbusa?

Dalam menanggapi maraknya penjualan madu oplosan atau madu palsu, kamu harus pandai dalam mengetahui ciri-ciri dan cara menguji apakah madu tersebut asli atau palsu. Dengan mengetahui ciri-ciri dan cara menguji yang tepat maka akan menghindari kamu dari jebakan membeli madu palsu atau oplosan tersebut. 

Madu memang menjadi salah satu alternatif yang sangat baik untuk gula rafinasi yang merupakan salah satu sumber kalori kosong bagi tubuh. Cairan kental yang luar biasa manfaatnya ini dibuat oleh alam, tidak hanya memiliki rasa yang manis, namun kandungan yang kaya akan mineral, nutrisi dan enzim ini baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga hal inilah yang diincar dari konsumsi madu asli atau murni. 

Masalah terbesarnya adalah kualitas madu, memang cukup sulit untuk menemukan madu asli dan murni saat ini, karena banyak produk palsu dan oplosan yang menggunakan embel-embel serupa dengan madu asli. Madu oplosan ini dikenal juga dengan madu komersial yang mana seringkali dicampur dengan larutan glukosa, sirup jagung fruktosa tinggi hingga bahan-bahan lainnya, yang mungkin tidak kamu ketahui. 

Kemudian apakah madu asli itu berbusa? Jawabannya tidak, madu asli tidak akan berbusa ketika bertemu dengan beberapa tetes cuka. Berbeda Dengan madu palsu yang akan berbusa. Nah, untuk penjelasan lengkapnya akan kami bahas dalam beberapa ciri-ciri dari madu asli. 

Tidak Memiliki Endapan atau Buih di Botol

Kamu dapat memperhatikan bagian bawah botol penyimpanan, dimana madu tidak memiliki endapan atau busa putih di bagian bawah botolnya. Jika ada busa pada botol madu, maka dapat dipastikan jika madu tersebut terlalu lama dibiarkan di bawah dengan wadah terbuka dan mengalami proses fermentasi. 

Aliran Madu Tidak Terganggu

Kamu dapat mencelupkan subjek ke dalam botol madu kemudian mengangkat kembali objek tersebut. Nah, jika madu mengalir tanpa jeda atau henti kemudahan tetesan madu yang merupakan salah satu tanda madu palsu, pun sebaliknya. Jika madu teratai dan goyah maka menunjukan jika itu adalah madu asli. 

Kertasnya Tidak Tembus Cahaya

Madu asli memiliki sifat kental dan sedikit mengandung air. Kau dapat meneteskan sedikit dan agak tipis diatas kertas. Nantinya kamu dapat mengetahui madu tersebut asli dan palsu dengan melihat apakah madu tersebut tembus atau tidak. Jika tidak tembus, maka itu adalah madu asli, namun jika tembus maka dipastikan itu adalah madu palsu. 

Tidak Mengering

Kamu dapat melakukan tes atau uji lainnya, yaitu dengan mengoleskan sedikit di telapak tangan kemudian jemurlah beberapa saat. Maka, kamu akan mengetahui jika madu asli tidak benar-benar kering dan membentuk kerak gula yang menempel di tangan.

Stickiness

Madu murni tidak akan lengket saat kamu menggosokannya diantara jari-jemari kamu. Namun sebaliknya, untuk madu palsu akan menimbulkan rasa lengket, hal ini dikarenakan pemanis dan zat tambahan yang terkandung di dalam madu palsu. 

Rasa

Rasa merupakan salah satu hal yang cukup bisa menjadi pembeda. Dimana rasa madu murni seharusnya tertinggal di mulut selama beberapa menit. Namun jika kamu memiliki rasa yang terlalu manis dan pekat di mulut, hal ini menunjukan jika kamu baru saja mengkonsumsi madu palsu. 

Kotoran

Kamu dianjurkan untuk memperhatikan potongan-potongan kecil yang melayang-layang di madu. Hal itu menundukan jika kamu mengonsumsi madu murni. Namun, jika kamu menemukan madu yang bebas dari kotoran maka itu adalah madu palsu, karena melewati proses penyaringan terlebih dahulu.

Tes Roti

Kamu dapat mengoleskan madu murni pada roti, kemudian irisan akan mengeras. Maka roti dengan madu palsu di atasnya akan tetap dalam kondisi basah atau lembab, begitupun sebaliknya bagi madu asli yang akan mengering dan mengerak.

Demikian pembahasan mengenai pertanyaan apakah madu asli akan berbusa, maka jawabannya sudah jelas bahwa madu asli tidak memiliki busa. Namun, jika itu adalah madu palsu maka dia akan menimbulkan busa dan buih. Baik dalam uji menggunakan cuka atau pengendapan dalam kemasan botol madu itu sendiri.