Monday, 15 Apr 2024

Apakah Makan Nasi Goreng Pada Malam Hari bikin Gemuk?

4 minutes reading
Saturday, 6 Jan 2024 02:43 0 83 Muti Karya

Nesiaverse.com – Jika kamu bertanya-tanya apakah makan nasi goreng pada malam hari bikin gemuk? Maka, kamu pastinya seseorang yang memiliki permasalahan dengan berat badan. 

Nasi goreng merupakan salah satu jenis makanan yang sering kali dipilih karena mau ini praktis dan mengenyangkan.

Namun, memang tidak sedikit yang mengkhawatirkan bahwa nasi goreng ini jika dikonsumsi pada waktu malam hari dapat membuat berat badannya bertambah.

Nasi goreng merupakan salah satu jenis makanan khas Indonesia yang diadaptasi dari China dan memiliki banyak pilihan menu makanan di setiap waktu, bisa menjadi menu untuk sarapan hingga menu makan malam. 

Namun, kekhawatiran di balik kelezatannya ini memang mengganggu banyak orang yang ingin menikmatinya. 

Nah, untuk mengetahui apakah makan nasi goreng pada malam hari bikin gemuk atau tidak, ikuti artikel kami ini. 

Apakah Makan Nasi Goreng Pada Malam Hari bikin Gemuk?

Apakah Makan Nasi Goreng Pada Malam Hari bikin Gemuk?

Siapa yang tidak kenal makanan khas satu ini yaitu nasi goreng, memiliki rasa yang khas membuatnya memiliki tempat khusus di hari para penggemarnya juga. 

Namun, siapa sangka jika mengonsumsi nasi goreng dimalam hari ini memberikan dampak yang buruk juga bagi kesehatan. 

Nasi goreng merupakan salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi terlalu sering, apalagi jika waktunya adalah malam hari menuju jam istirahat atau tidur. 

Salah satu alasan mengapa nasi goreng tidak boleh dikonsumsi terlalu sering adalah karena dapat menaikan berat badan dengan cepat, dan dapat membuat tubuh kamu gendut. 

Bagaimana hal ini dapat terjadi? Karena pada dasarnya nasi goreng sendiri merupakan salah satu asupan yang tergolong tinggi dari segi kalori. 

Kemudian apakah makan nasi goreng pada malam hari bikin gemuk? Maka, jawabannya adalah iya, mengonsumsi nasi goreng pada malam hari mendekati waktu istirahat atau tidur dapat bikin gemuk. Apalagi jika dilakukan secara rutin. 

Hal ini dikarenakan bahan utama dari nasi goreng sendiri adalah nasi yang merupakan salah satu sumber karbohidrat pokok masyarakat di Indonesia. 

” Jika dikonsumsi secara terus menerus akan kalorinya tinggi. Nasi goreng juga menggunakan minyak, kalah ditambah dari minyak dan minyak gorengnya terlalu panas takutnya timbul radikal bebas juga” ujar dr. Titi Sekar Indah

Jumlah kalori yang tinggi dalam nasi goreng ini juga dihasilkan dari minyak dan bahan pelengkap isian, mulai dari telur, daging udang dan cumi. 

Sehingga dalam satu porsi nasi goreng lengkap dengan isian memiliki kisaran kalori mencapai 630 kalori.

Selain itu jumlah tersebut bahkan dua kali lebih besar dari pada makanan fast food yang rata-rata memiliki nilai kalori hingga 310 kalori. Sehingga nasi goreng banyak dihindari khususnya bagi yang menjalankan program diet. 

Selain itu, penggunaan minyak goreng yang digunakan dalam proses pengolahan nasi goreng juga turut menyumbang daftar keburukan dari nasi goreng ini. 

Seperti yang kita ketahui, bahwa minyak goreng merupakan salah satu jenis minyak tak jenuh. Sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan atau rutin akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan orang tersebut. 

Yang mana dapat mengundang berbagai jenis penyakit seperti penyakit stroke, jantung,serangan jantung ataupun jenis penyakit pembuluh darah lainnya. 

Selain itu mengkonsumsi nasi goreng pada malam hari mendekati waktu tidur akan meningkatkan berat badan dengan cepat jika dilakukan terlalu sering. Bahkan kamu dapat mengalami gangguan pencernaan juga nantinya. 

Sehingga sebaiknya, mulai saat ini kamu tidak sembarang mengonsumsi nasi goreng dalam jumlah yang banyak atau terlalu sering, apalagi setiap hari karena memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. 

Nah, sebagai gantinya kamu dapat mengisi usmi jenis makanan sehat lainnya seperti konsumsi telur, ikan ataupun ada dayam. 

Konsumsi buah dan sayuran juga menjadi salah satu nutrisi yang baik bagi tubuh sehingga akan meningkatkan kesehatan tubuh kamu dan terhindar dari berbagai jenis penyakit lainnya. 

Demikian pembahasan mengenai pertanyaan apakah makan nasi goreng pada malam hari bikin gemuk? Maka sesuai jawaban kami diatas, bahwa hal ini benar adanya karena kandungan kalori di dalam nasi goreng. 

Kamu boleh mengonsumsi nasi goreng tapi tidak boleh terlalu sering,kemudian waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya bukanlah pada malam hari apalagi mendekati waktu tidur.