Saturday, 22 Jun 2024

Apakah Mata Silinder Bisa Berkurang?

3 minutes reading
Monday, 14 Nov 2022 22:46 0 582 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Apakah mata silinder bisa berkurang? Pertanyaan kerap sekali muncul dan tidak hanya satu atau dua orang saja yang ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, jika kamu ingin tahu mengetahui hal tersebut maka tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan di bawah ini.

Mata silinder merupakan salah satu kondisi yang dimana terjadinya perubahan pada kelengkungan kornea mata, dimana dengan kornea ini yang tidak lengkung bisa membuat cahaya di luar jatuh tidak rata dengan retina mata dan retina sendiri yang merupakan bagian untuk membentuk gambaran pada objek yang dilihat.

Dimana mata yang dapat mengalami penglihatan buram atau tidak jelas tidak hanya disebabkan rabun jauh atau rabun dekat namun bisa juga disebabkan karena mata silinder atau astigmatisme, hal ini memang tidak semua orang yang menyadarinya jika mengalami mata silinder.

Untuk orang yang penderita mata silinder yaitu mempunyai lengkungan mata kurang sempurna dan biasanya untuk kondisi seperti ini yang merupakan bawaan sejak lahir, tetapi walaupun demikian untuk kamu yang sedang dalam kondisi mata silinder masih ada beberapa cara untuk mengobati atau mengurangi mata silinder sehingga bisa membuat penglihatan kembali optimal.

Apakah Mata Silinder Bisa Berkurang?

Apakah Mata Silinder Bisa Berkurang?

Pertanyaan mengenai apakah mata silinder bisa berkurang? Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu bisa coba untuk membuat mata silinder menjadi berkurang atau bisa melihat objek menjadi jelas atau optimal.

Mata silinder yang merupakan suatu kondisi pada bentuk lensa mata atau kornea yang tidak mempunyai kelengkungan yang sempurna dan untuk penyebab dari mata silinder ini yang dapat berikatan dengan adanya faktor keturunan, faktor genetik atau efek adanya penyakit mata yang tertentu.

Untuk kondisi mata silinder ini yang dapat diperbaiki dengan menggunakan beberapa cara yang bisa kamu coba dan gunakan diantaranya dengan menggunakan kacamata, lensa kotak dan juga bedah refraktif, ketiga cara tersebut tentu saja akan membantu untuk mengurangi mata silinder.

Menggunakan Kacamata Serta Lensa Kontak

Cara untuk membantu mata silinder menjadi berkurang yaitu dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak yang khusus untuk mata silinder bernama toric, dengan menggunakan lensa kontak ini yang akan membantu cahaya yang dibelokkan ke arah mata dengan benar dimana jika semakin parah mata silinder yang kamu alami maka semakin baik juga untuk menggunakan lensa kontak dengan terbuat dari bahan yang lebih kaku.

Walaupun demikian jika kamu tidak menggunakan lensa kontak maka akan kembali lagi seperti semula dan untuk lensa kontak ini yang tidak akan menyembuhkan mata silinder kamu seperti mata normal, tetapi dengan menggunakan lensa kontak yang hanya membantu dalam meningkatkan kemampuan penglihatan kamu.

Melakukan Bedah Refraktif

Selanjutnya untuk mengurangi mata silinder yaitu dengan melakukan bedah refraktif dan cara ini yang paling efektif, biasanya untuk acara ini yang dilakukan jika penderita mata silinder yang sudah parah  untuk bedah refraktif yang menggunakan laser untuk memperbaiki bentuk pada kornea mata supaya menjadi lebih bulat dan rata.

Dengan melakukan bedah refraktif ini yang dapat mengurangi mata silinder secara permanen, terdapat beberapa metode dalam melakukan bedah refraksi yang pada umumnya dilakukan yaitu laser-assisted in-situ keratomileusis (LASIK) dan juga laser-assisted subepithelial keratomileusis (LASEK).

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai apakah mata silinder bisa berkurang? Jawabannya bisa yaitu dengan menggunakan kacamata, lensa kontak dan juga bedah refraktif jika kamu ingin mengurangi mata silinder secara permanen, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.