Monday, 17 Jun 2024

Apakah Pull Up Bisa Meninggikan Badan?

6 minutes reading
Friday, 4 Aug 2023 23:14 0 192 Muti Karya

Nesiaverse.com – Apakah olahraga pull up bisa membantu meninggikan badan? Mengingat pull sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak diandalkan khususnya bagi para pria untuk menambahkan tinggi badan. Sebagai salah satu latihan kekuatan tubuh bagian atas, dapatkan pull up membantu pertumbuhan tinggi badan seseorang? 

Pull up sendiri merupakan salah satu gerakan olahraga yang dinilai adalah tingkatan lanjut dari gerakan serupa, yaitu chin up. Dilansir dari Healthline, dikatakan bahwa Pull up memiliki kemampuan untuk memperkuat otot otot pada bagian tubuh seseorang. Bahkan jika dilakukan secara efektif dapat membantu pertumbuhan tinggi badan juga. Mengingat gerakan pull up dapat merangsang pertumbuhan di area badan atas. 

Apakah Pull Up Bisa Meninggikan Badan?

Apakah Pull Up Bisa Meninggikan Badan?

Badan yang tinggi kemenag menjadi idaman banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan. Saat ini banyak sekali cara untuk meninggikan badan, mulai dari melakukan olahraga peninggi badan, mengkonsumsi vitamin dan suplemen yang dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan kamu. Namun, benarkah olahraga seperti pull up dapat membantu meninggikan badan s seseorang ?

Mengingat jika tinggi badan seseorang ditentukan 80% oleh faktor genetika atau keturunan. Sebelumnya, kamu akan membahas beberapa fakta mengenai keterkaitan genetika dan tinggi badan seseorang. 

Memiliki Tubuh Yang Tinggi Tidak Sepenuhnya Karena Genetika

Genetika merupakan salah satu faktor terbesar tinggi badan seseorang, diantara kisaran 60% hingga 80%. Kemudian sisanya dipengaruhi oleh lingkungan, nutrisi yang dikonsumsi orang tersebut. Sehingga bagi kamu yang sedang dalam masa pertumbuhan, dan takut badan kamu tidak mencapai tinggi ideal masih bisa mengusahakan dengan melakukan berbagai macam olahraga seperti pull up dna berenang guna mendukung pertumbuhan tinggi badan lebih cepat lagi. 

Tinggi Badan Dapat Berubah Setiap Harinya

Sama halnya dengan berta dan, tinggi badan seseorang juga dapat berubah sepanjang hari. Saat pagi hari dan malam hari, seseorang akan mendapatkan selisih tinggi badan 1 cm. Hal ini dikarenakan adanya cakram tulang belakang yang tegak seharian, namun ketika malam hari akan mengalami penyusutan menjadi lebih pendek. 

Badan Tinggi Memiliki Resiko Yang Lebih Tinggi Terhadap Kanker

Bagi kamu yang memiliki tinggi badan diatas rata-rata, maka kamu memiliki resiko mengidap kanker yang lebih besar dari orang lainnya. Hal ini disebabkan semakin banyaknya sel yang ada dalam tubuh kamu. Namun, kemungkinan munculnya sel kanker sendiri relatif sangat kecil. Maka, kamu hanya dapat memfokuskan diri mengunci acara mengurangi risiko kanker saja. 

Umur 40 Tahun, Tinggi Badan Akan Menyusut

Kamu juga harus tahu, bahwa ketika kamu menginjak usia 40 tahun, maka tinggi akan menyusut. Setiap satu dekade tinggi badan seseorang akan menyusut setengah inc, Hal ini dikarenakan kram di bagian tulang belakang yang mulai kehilangan volume air dan tertekan.

Selain itu hal ini juga dapat menimbulkan resiko terkena penyakit seperti Osteoporosis. Maka, pull up merupakan salah satu tindak pencegahan yang bisa kamu lakukan sejak sekarang. Dengan begitu saat usia kamu menginjak lansia, kamu tidak akan merasakan nyeri dan mudah terjangkit penyakit tulang pada tubuh. 

Apakah Pull Up Bisa Meninggikan Badan?

Fakta diatas memiliki kesimpulan, bahwa tinggi badan seseorang masih bisa bertumbuh, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan cara yang mendukung aktivitas pertumbuhan tinggi badan, salah satunya pull up. 

Pull up merupakan salah satu olahraga yang dapat menambah tinggi badan. Kamu membutuhkan bantuan palang sebagai tumpuan tangan nantinya. Dalam proses kerjanya, alang yang kamu gunakan berfungsi sebagai tumpuan tangan saja. Sehingga proses kerja palang sendiri akan sangat membantu untuk meluruskan bagian tulang seseorang. Sehingga nantinya tubuh kamu akan terlihat lebih tinggi dan bertambah.

Kemudian untuk mendapatkan hasil yang terbaik, kamu dapat memperhatikan durasi dan frekuensi melakukan kegiatan pull up ini. Kai sarankan kamu untuk melakukan olahraga pull up sebanyak 10 kali dengan durasi 10 menit saja. Lakukanlah kegiatan pull up ini dalam jumlah dan durasi gerakan yang sesuai dengan kondisi dan tubuhmu. 

Bagi kamu yang belum pernah melakukan pull up, berikut kami sudah merangkum cara untuk melakukan pull up dengan benar. 

  1. Pertama, kamu harus memegang pada palang, pastikan kedua tangan kamu dalam kondisi bersih dan tidak licin. 
  2. Jika sudah memulainya dengan mengangkat tubuh ke atas menggunakan kekuatan tangan
  3. Jika sudah, tubuh akan diangkat hingga palang tunggal yang kamu gunakan sejajar dengan dada. Tahanlah beberapa detik.
  4. Kemudian kamu dapat menurunkannya kembali secara perlahan dan melakukan pull up ini berulang kali. Pastikan kamu melakukan gerakan pull up sesuai dengan kemampuan kamu, sehingga tidak memaksa dan menyebabkan cedera.

Setelah mengetahui pull up dapat membantu meninggikan badan dan tata cara melakukan pull up yang baik dan benar. Berikut beberapa manfaat dari kegiatan olahraga pull up yang bisa kamu dapatkan. Khususnya bagi kekuatan otot dan kebugaran tubuh. 

  1. Otot Latissimus Dorsi, yaitu merupakan salah satu jenis otot yang berada dibagian punggung atas. Otot ini membentang dari punggung ke bagian bawah dekat ketiak. 
  2. Otot Erector Spinae, yang merupakan otot yang membentang dari tulang belakang ke punggung area ats.
  3. Otot Infraspinatus, yaitu otot punggung di antara tulang belikat. 
  4. Otot Trapezius, yang mana otot ini terletak di leher hingga ke are 2 bahu. 

Jika kamu emlakuakn kegiatan pull p secara rutin setiap harinya, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan otot kamu. Berikut beberapa manfaat dari kegiatan pull up, selain untuk meninggikan badan.

Menghilangkan Lemak

Bongkahan lemak pada tubuh, khususnya di area sekitar pinggang akan menjadi lemak yang membandel dan sulit untuk dibuang. Bgai kamu yang sedang berjuang dalam program diet, maka kamu dapat melakukan gerakan pull up untuk mengatasinya. Hal ini guna untuk menghilangkan lemak-lemak tersebut yang membandel. 

Pull up sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang disebut merupakan solusi menghilangkan lemak di area pinggang. Awalnya memang akan sulit dilakukan untuk pemula, namun jika kamu mengatakan pada bagian perut dan konsisten. Maka, kamu dapat menghilangkan lemak badan tersebut dan mengatasi lemak yang membandel. 

Mendapatkan Bentuk Tubuh V

Memiliki bentuk tubuh V merupakan idaman banyak orang, khususnya para lelaki. Bentuk tubuh V ini juga merupakan bentuk tubuh ideal. Sehingga selain mendapatkan tubuh yang ideal, kamu juga bisa meningkatkan kepercayaan diri karena tubuh kamu. 

Pull up sendiri merupakan salah satu latihan punggung yang dapat membantu pertumbuhan tinggi badan. Sehingga bagi kamu yang melakukannya setiap hari, dapat membantu tubuh menjadi lebih ramping lagi. Karena gerakan pull up sendiri melibatkan otot-otot tubuh mulai dari atas termasuk punggung, perut, lengan dan dada. 

Membuat Latihan Lainnya Menjadi Lebih Mudah dan Menyenangkan

Terakhir, pull up merupakan kegiatan yang tidak hanya melatih otot dalam tubuh saja, namun juga melatih ketahanan. Sehingga kamu nantinya memiliki ketahan tubuh atau imunitas yang lebih baik lagi. Ketika stamina dan ketahanan tubuh kamu baik, maka akan mudah untuk melakukan aktivitas sehari-hari sehingga sekalipun mengangkat beban yang berat, akan jauh terasa lebih ringan daripada sebelum melakukan kegiatan pull up di rumah. 

Demikian pembahasan mengenai pull up yang bisa meninggikan badan. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rajin melakukan gerakan pull up. Lakukanlah gerakan tersebut secara rutin, kemudian perhatikan frekuensi dan durasinya. Selain baik bagi ketahanan tubuh, pull up memiliki manfaat lainnya hingga untuk memperbaiki kesehatan psikis atau mental kamu seperti stress yang melanda sewaktu-waktu.