Wednesday, 17 Jul 2024

Apakah Makan Banyak Buah Rambutan Bikin Gemuk?

3 minutes reading
Friday, 5 May 2023 16:16 0 211 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Rambutan yang terkenal dengan memberikan banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh, namun ternyata masih ada juga yang bertanya apakah dengan mengkonsumsi buah Rambutan bisa bikin gemuk? Untuk mengetahui jawabannya kamu bisa dengan simak ulasannya disini.

Rambutan atau memiliki nama latinnya yaitu Nephelium lappaceum ini yang merupakan salah satu tanaman tropis termasuk dalam suku Sapindaceae atau lerak-lerakan yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, buah Rambutan yang terdapat di daerah tropis seperti di Indonesia, Afrika, Kamboja, Amerika Tengah, Malaysia, Karibia, India, Sri Lanka, Thailand dan juga Filipina.

Terdapat beberapa varian dengan jumlah terbanyak yaitu terdapat di Indonesia sekitar 22 varian, dengan memiliki rasa yang manis dan ada juga yang sedikit asam sehingga buah ini yang sangat cocok dikonsumsi pada saat cuaca panas.

Sesuai dengan namanya buah Rambutan ini yang memiliki rambut pada bagian kulitnya seperti menyerupai hewan di laut yaitu bulu babi, bagian buahnya Rambutan ini yang mirip dengan buah Leci dan juga Kelengkeng yang berwarna putih bening yang terdapat biji di dalam dagingnya.

Bahkan selain itu juga buah Rambutan ini yang memiliki kandungan nutrisi didalamnya yang memiliki peran penting untuk memenuhi asupan harian tubuh, dengan beragam kandungan nutrisi ini yang memberikan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Nah untuk kamu yang ingin mendapatkan beragam manfaat dari mengkonsumsi buah Rambutan untuk kesehatan tubuh, tetapi masih khawatir dan bingung dengan mengkonsumsi buah Rambutan apakah  bisa bikin gemuk?

Apakah Makan Banyak Buah Rambutan Bikin Gemuk?

Apakah Makan Banyak Buah Rambutan Bikin Gemuk?

Buah Rambutan jika diperhatikan buah ini yang hampir sama dengan buah Leci, selain dengan memiliki rasa yang manis dan menyegarkan namun buah ini juga yang memiliki segudang kandungan nutrisi  yang baik dan bagus untuk tubuh seperti vitamin, serat dan juga mineral.

Adapun untuk kandungan gizi makro dan mikro pada buah Rambutan dalam porsi 100 gram yaitu meliputi sebagai berikut:

  • 18,1 gram karbohidrat
  • 0,8 gram serat
  • 0,9 gram protein
  • 0,1 gram lemak
  • 104,2 miligram kalium
  • 58 miligram vitamin C
  • 16 miligram fosfor
  • 16 miligram natrium
  • 0,17 miligram tembaga
  • 0,07 miligram vitamin B2 (riboflavin)
  • 0,5 miligram besi
  • 0,5 miligram niasin, dan
  • 0,1 miligram seng

Tidak hanya itu saja buah Rambutan juga yang memiliki kandungan lainnya seperti antioksidan, anti inflamasi, antidiabetes dan juga antiviral, dengan berbagai kandungan vitamin dan nutrisi lainnya yang terdapat pada buah Rambutan ini yang memberikan segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah Rambutan apakah bisa bikin gemuk? Sebenarnya mengkonsumsi buah yang satu ini tidak akan membuat badan kamu menjadi gemuk atau berat badan naik secara signifikan, hal ini karena buah Rambutan yang rendah kalori.

Justru dengan mengkonsumsi buah Rambutan yang akan membantu dalam menjalankan proses diet kamu dan juga dapat menurunkan berat badan, dimana dalam porsi 100 gram buah Rambutan ini yang mengandung 1,3-2 gram serat dan juga 75 kalori.

Dengan kandungan serat yang tinggi tetapi rendah kalori pada buah Rambutan ini yang bisa membantu untuk menurunkan berat badan, dengan mengkonsumsi buah Rambutan ini yang akan membuat nafsu makan yang mengurang dan juga perut akan merasakan kenyang dalam kurun waktu yang lebih lama.

Sehingga secara otomatis kamu tidak akan mudah lapar dan dapat mengontrol makanan yang masuk ke dalam perut, selain itu juga kamu bisa memasukkan buah Rambutan ini ke dalam menu harian pada saat sedang menjalankan diet untuk membantu proses defisit kalori.

Bahkan selain itu juga buah Rambutan ini yang dapat memberikan manfaat yang lainnya untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan, seperti membantu meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, membantu melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan tulang hingga menjaga kesehatan rambut.

Mungkin hanya itu saja ulasan atau penjelasan mengenai apakah Rambutan bikin gemuk dan jawabannya tidak akan membuat badan menjadi gemuk hanya dengan mengkonsumsi buah Rambutan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.