Thursday, 18 Jul 2024

2 Produk ASI Booster Yang Bisa Dibeli di Apotik

4 minutes reading
Monday, 29 May 2023 23:06 0 296 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Masalah ASI yang seret selalu menjadi hambatan klasik pada ibu menyusui, namun jangan khawatir karena masalah ini yang masih bisa diatasi dengan mengandalkan ASI booster yang bisa dibeli di apotik dan tidak jarang juga banyak para busui yang mengandalkan obat pelancar ASI tersebut.

ASI booster sendiri yang merupakan sebutan untuk makanan atau suplemen yang dipercaya bisa membantu untuk melancarkan produksi air susu ibu atau ASI, dimana ASI booster ini yang cukup efektif untuk membantu dalam meningkatkan kualitas serta kuantitas ASI sehingga akan menjadi lebih lancar.

Dimana setelah melakukan proses persalinan maka masa menyusui yang menjadi tantangan selanjutnya yang harus dihadapi oleh para ibu, untuk bisa mendapatkan kualitas dan kuantitas ASI yang bagus bisa didapatkan dengan memenuhi nutrisi harian tetapi jika hanya mengandalkan makanan dalam asupan nutrisi harian yang mungkin kurang sebagai booster ASI.

Tidak sedikit para ibu menyusui yang kerap berburu suplemen atau obat yang tersedia di apotek untuk membantu dalam mengatasi permasalahan ASI yang seret, namun untuk ibu menyusui yang pada dasarnya tidak dibolehkan untuk minum obat sembarangan apalagi jika obat yang diresepkan dan dijual bebas yang memerlukan pengawasan dokter atau media untuk bisa memberitahu ibu menyusui manfaat dan juga risiko sebelum mengkonsumsinya.

Tetapi berbicara mengenai suplemen, herbal atau teh yang biasanya asupan ini yang dapat dikonsumsi secara bebas, sekarang ini yang sudah banyak sekali beredar bebas di pasaran dan membuat ibu menyusui yang bisa membelinya dengan mudah dimana saja.

Produk ASI Booster Yang Bisa Dibeli di Apotik

Nah untuk ibu yang ingin tahu dengan apa saja ASI booster yang bisa dibeli di apotik maka berikut beberapa produk herbal atau suplemen pelancar ASI yang bisa ibu konsumsi untuk meningkatkan produksi ASI yaitu sebagai berikut:

Metoclopramide

Produk ASI Booster Yang Bisa Dibeli di Apotik

Metoclopramide yang merupakan salah satu jenis obat yang biasa digunakan untuk mengobati masalah perut seperti muntah, mual dan juga refluks, dan obat ini yang merupakan obat paling umum digunakan untuk industri laktasi dan juga dapat meningkatkan produksi ASI yang rendah di negara Amerika Serikat.

Dikutip dari laman Very Well Family yang menyatakan bahwa biasanya untuk hasilnya yang akan terlihat dalam beberapa hari dan akan bertahan selama pengobatan dilanjutkan, dimana pasokan ASI yang akan berkurang dengan seiringnya obat metoclopramide ini tidak lagi diminum, dan kandungan yang terdapat dalam metoclopramide ini yang akan mengalir melalui ASI dan belum ada bukti obat tersebut bisa menyebabkan masalah bayi.

Dari minum obat metoclopramide ini yang akan terdapat efek sampingnya seperti sakit kepala, kantung atau bahkan gelisah, dalam mengkonsumsi obat ini ibu yang tidak boleh lebih dari 12 minggu dan tidak boleh digunakan untuk mereka yang depresi, asma, gangguan kejang atau tekanan darah tinggi, namun sebelum mengkonsumsinya sebaiknya ibu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Domperidone

Produk ASI Booster Yang Bisa Dibeli di Apotik

Domperidone merupakan salah satu obat yang sangat efektif digunakan dalam meningkatkan suplai ASI, hal ini merupakan obat yang dikembangkan untuk membantu dalam mengobati mual, gangguan pencernaan, muntah dan juga refluks lambung tetapi terbukti sangat efektif jika digunakan untuk meningkatkan produksi ASI.

Dimana domperidone ini obat yang kerap diandalkan oleh para ibu menyusui dan dimana ASI booster ini yang bisa dibeli di apotik, dikutip dari laman Children Health yang menyatakan bahwa domperidone ini yang sebenarnya tidak dianjurkan untuk digunakan oleh ibu dengan aritmia jantung dan juga untuk ibu yang menggunakan obat apapun yang bisa menyebabkan aritmia jantung.

Untuk ibu yang sedang mengkonsumsi obat lain termasuk juga dengan obat pelengkap seperti herbal, vitamin, aromaterapi dan juga produk homeopathic sebaiknya sebelum mengkonsumsinya untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan domperidone ini untuk kesehatan busui juga, memang terdapat kandungan domperidone sangat terbatas ke bayi pada saat ibu mengkonsumsinya untuk meningkatkan produksi ASI.

Tetapi tidak ada studi yang menyatakan bahwa hal ini yang dapat berefek pada jantung bayi, adapun menyusui ini yang direkomendasikan sebagai bentuk nutrisi yang optimal untuk bayi prematur dan bayi cukup bulan, terkadang obat yang diminum untuk tujuan lain yang memiliki efek untuk meningkatkan produksi ASI sebagai salah satu efek samping dan biasanya obat ini yang akan merangsang produksi ASI dan hal ini terjadi pada domperidone yang membantu suplai ASI.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai ASI booster yang bisa dibeli di apotik yang perlu ibu ketahui dan pastikan sebelum membeli obat tersebut sebaiknya berkonsultasi kepada dokter, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.