Monday, 17 Jun 2024

Aturan Minum Rebusan Daun Sirih Yang Harus Kamu Perhatikan

3 minutes reading
Wednesday, 15 Feb 2023 19:18 0 134 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Untuk merasakan dan mendapatkan manfaat dari daun sirih ini tentu saja tidak boleh sembarangan karena jika berlebihan yang bisa memberikan efek samping bukan manfaatnya, untuk itu kamu perlu mengetahui aturan minum daun sirih dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Di Indonesia yang memiliki dua musim yaitu musim hujan dan panas sehingga kaya akan tanaman herbal yang bermanfaat dan salah satu tanamannya yaitu daun sirih, daun sirih sendiri yang terdapat dua jenis yaitu daun sirih hijau dan daun sirih merah dan  tanaman ini yang kerap ditanam sebagai tanaman hias.

Hal ini dikarenakan daun sirih yang termasuk ke dalam keluarga piperaceae yang memang menarik dipandang mata dengan memiliki bentuk daun hati yang dikenal dengan berbagai manfaat dan juga khasiat untuk kesehatan, memang sejak dulu tanaman daun sirih ini yang digunakan sebagai obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti menghilangkan bau mulut, keputihan, batu ginjal, menurunkan kolesterol, asam urat, mencegah kanker, stroke, hipertensi, hepatitis, dan penyakit lainnya.

Daun sirih yang mengandung senyawa fitokimia seperti saponin, tanin, alkaloid, dan juga flavonoid, selain itu terdapat kandungan kimia lainnya seperti minyak atsiri, kavikol, hidroksikavicol, karvakrol, allylprokatekol, kavibetol, eugenol, fenil propada, terpenena, kadimen estragol, cary felen, cineole, dan juga p cymene.

Kandungan karvakol yang bersifat desinfektan dan antijamur sehingga dengan begitu dapat digunakan untuk obat antiseptik yang akan membantu untuk menghilangkan bau mulut dan juga keputihan, untuk kandungan eugenol yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit sedangkan untuk tanin membantu mengatasi sakit perut.

Dengan beragam manfaat dari daun sirih ini sehingga tidak heran jika daun sirih digunakan untuk obat tradisional, namun untuk merasakan manfaatnya lebih optimal kamu perlu mengetahui aturan minum daun sirih.

Aturan Minum Daun Sirih

Aturan Minum Rebusan Daun Sirih Yang Harus Kamu Perhatikan

Manfaat dan khasiat dari daun sirih ini yang memang sudah dipercaya oleh nenek moyang yang baik untuk kesehatan, dan memang manfaat yang dimiliki daun sirih merah ini yang memang apa adanya.

Adapun untuk aturan minum daun sirih yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

  • Aturan minum daun sirih untuk radang prostat yaitu diminum dua kali sehari dan sekali minum 1 gelas, diminum setelah dingin yang bisa ditambahkan dengan madu murni sebanyak 2 sendok teh.
  • Minum air rebusan daun sirih dua kali sehari sebelum makan dan sekali minumnya 1 gelas, aturan minum daun sirih yang ini untuk penderita jantung koroner.
  • Aturan minum daun sirih tuberkulosis atau TBC yaitu minum tiga kali dan sekali minum sebanyak 1/3 gelas, kamu bisa menambahkan madu murni 1 sendok teh atau perasan jeruk nipis agar tidak terlalu pahit.
  • Aturan minum daun sirih untuk kanker payudara dan rahim yaitu dua kali sehari dengan sekali minum 1/2 gelas, bisa dengan menambahkan 2 sendok teh madu murni.
  • Minum air rebusan daun sirih tiga kali sehari sebelum makan dan sekali minum sekitar 1/2 gelas, dan aturan minum daun sirih ini untuk penderita diabetes mellitus atau kencing manis.
  • Aturan minum daun sirih untuk asam urat yaitu diminum selagi masih hanya dua kali sehari dan minum sekalinya 1/2 gelas, bisa dengan menambahkan 2 sendok teh madu murni dan juga perasan jeruk nipis.
  • Minum air rebusan daun sirih  tiga kali sehari sekali minum sekitar 1/2 gelas dan bisa menambahkan madu murni sekitar 2 sendok teh, aturan minum daun sirih untuk penderita penyakit ginjal.
  • Aturan minum daun sirih untuk hepatitis atau radang liver yang minum tiga kali sehari dengan sekali minum sekitar 1/2 gelas, kamu bisa dengan menambahkan madu murni 3 sendok teh setiap kali minumnya.
  • Minum air rebusan daun sirih tiga kali sehari dan sekali minum yaitu 1/2 gelas yang bisa ditambahkan dengan madu murni 2 sendok teh, aturan minum daun sirih ini untuk penderita wasir.

Mungkin hanya itu saja beberapa aturan minum daun sirih yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.