Monday, 15 Apr 2024

Bahaya dan Efek Samping Bunga Pepaya Untuk Kesehatan

4 minutes reading
Monday, 15 Jan 2024 06:30 0 90 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Bunga pepaya yang terkenal dengan manfaat yang melimpah untuk kesehatan bahkan untuk kecantikan, namun ada juga yang penasaran dengan apa saja bahaya bunga pepaya dan untuk kamu yang sama-sama penasaran bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Bunga pepaya sendiri merupakan bunga tumbuh di tanaman pepaya, tanaman pepaya adalah tumbuhan tropis berasal dari Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan dan tanaman pepaya ini yang memiliki bunga yang nantinya akan menjadi buah pepaya.

Bunga pepaya ini yang mempunyai tampilan yang sangat unik dan juga menarik, bunga ini yang biasanya berwarna putih atau kuning muda dan dibagian tengahnya yang berwarna lebih gelap, bentuk bunga pepaya yang seperti payung dengan kelopak bunganya terbuka.

Pada bagian pusat bunga yang terdapat benang sari panjang dan putik berada di tengahnya, benang sari ini yang berfungsi menghasilkan serbuk sari digunakan untuk proses penyerbukan, bunga pepaya ini yang mempunyai aroma harum dan juga khas mirip seperti wangi buah pepaya yang sudah matang.

Bunga pepaya juga yang mengandung enzim papain bersifat proteolitik yang biasanya digunakan dalam industri makanan dan juga kosmetik, tidak hanya itu di beberapa budaya tradisional yang menggunakan bunga pepaya sebagai pengobatan herbal seperti membantu mengobati pencernaan, radang serta masalah kulit.

Bunga pepaya ini yang rasa panik namun akan terasa sangat nikmat jika dikonsumsi dengan nasi hangat, tidak sedikit orang juga yang menyukai bunga pepaya ini yang bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan bahkan bunga ini memiliki manfaat melimpah.

Kebanyakan orang memilih untuk memasak bunga pepaya ini dengan dijadikan sebagai tumisan, namun sayangnya untuk beberapa orang yang enggan untuk mengkonsumsi bunga pepaya ini lantaran mereka yang menganggap bahwa bunga pepaya  ini memiliki efek samping dapat merugikan kesehatan.

Lalu apakah hal tersebut benar atau tidaknya? Nah agar kamu tidak bingung lagi maka di bawah ini akan kita bahas bersama-sama.

Bahaya dan Efek Samping Bunga Pepaya Untuk Kesehatan

Bahaya dan Efek Samping Bunga Pepaya Untuk Kesehatan

Bunga pepaya sendiri yang mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin E menjadikannya sebagai sumber serat dalam membantu untuk mendukung kesehatan saluran pencernaan, bunga pepaya yang diperkaya juga dengan folat serta sifat antioksidan dan kedua ini berfungsi mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh.

Bunga pepaya yang sudah banyak digunakan untuk perawatan pencegahan penyakit yaitu seperti stroke, aterosklerosis, serangan jantung dan juga penyakit jantung yang terkait diabetes, dan beragam manfaat lainnya bisa didapatkan dari bunga pepaya ini.

Walaupun bunga pepaya yang memiliki banyak manfaatnya tetapi tidak sedikit orang juga yang percaya bahwa dengan makan bunga pepaya dalam jumlah banyak atau berlebihan dapat menimbulkan bahaya atau efek sampingnya pada tubuh.

Tidak sedikit juga yang bilang bahwa salah satu bahaya atau efek samping dari bunga pepaya yang paling umum yaitu bisa menyebabkan masalah persendian, tetapi hal ini belum tentu pastinya dan belum dibenarkan secara medis.

Karena dr. Devia Irine Putri yang ternyata kurang setuju dengan anggapan tersebut, dimana menurutnya bahwa sampai sekarang ini yang belum terdapat penelitian mengatakan mengenai dengan bahaya bunga pepaya untuk kesehatan.

Dr. Devia juga mengatakan bahwa “Seharusnya jika jumlah masih dalam batas yang wajar, tidak ada masalah. Sementara itu jika terlalu banyak atau berlebihan bunga pepaya ini juga yang tidak dapat mencukupi kebutuhan gizi harian kamu”.

Selain itu belum ada penelitian jika bunga pepaya ini yang dapat mengakibatkan kekakuan pada persendian, sedangkan untuk beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan kekakuan pada persendian diantaranya rematik, reumatoid artritis, tendonitis, osteoartritis, dan juga asam urat tinggi.

Walaupun memang bunga pepaya ini tergolong aman dikonsumsi dan sampai sekarang ini belum ada penelitian mengenai dengan bahaya bunga pepaya,tetapi untuk kamu yang ingin mengkonsumsi bunga pepaya yang tetap harus waspada dan juga berhati-hati pada saat mengolah dan juga mengkonsumsinya.

Dibawah ini terdapat beberapa tips yang dapat dicoba terapkan di rumah agar kamu bisa mengkonsumsi bunga pepaya dengan aman dan baik yaitu sebagai berikut:

  • Bunga pepaya dicuci dengan menggunakan air mengalir dan biarkan sampai mengering dengan sendirinya.
  • Jika bunga pepaya sudah kering lalu tumis sebentar bunganya dengan menggunakan sedikit minyak.
  • Tambahkan bumbu sesuai selera, hindari untuk menambahkan garam dan rempah lain terlalu banyak agar kandungan gizi pada bunga pepaya tidak rusak.
  • Batasi porsi mengkonsumsi bunga pepaya jangan sampai berlebihan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan bahaya dan efek samping bunga pepaya yang bisa kamu ketahui dan selalu berhati-hati serta waspada walaupun bunga pepaya ini tidak berbahaya juga, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.