Monday, 17 Jun 2024

Bahaya Lemak Perut Pada Kesehatan

3 minutes reading
Wednesday, 11 Jan 2023 23:14 0 358 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Semua orang baik itu wanita maupun pria menginginkan bentuk tubuh yang ideal hal ini tentunya akan membuat kita menjadi lebih percaya diri, namun tidak semua orang berhasil memiliki berat badan yang ideal dan ternyata terdapat bahaya lemak pada perut.

Perut yang besar atau buncit sudah menjadi salah satu hal yang sering di temui di kalangan masyarakat, dimana kondisi ini yang tidak hanya dialami oleh mereka yang mengalami kegemukan atau obesitas namun juga terjadi pada mereka yang memiliki tubuh ideal.

Perut buncit disebabkan karena kadar lemak pada bagian perut yang berlebihan atau dikenal dengan belly fat, dimana belly fat ini yang muncul dikarenakan kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan tanpa diimbangi dengan mineral dan serat.

Tentunya kebiasaan tersebut yang sangat berpengaruh dengan kemunculan lemak pada bagian perut, makanan yang dimakan semua tidak akan dicerna langsung namun akan ditimbun menjadi lemak sehingga menumpuk pada bagian perut.

Untuk kamu yang ingin tahu dengan bahaya lemak perut, maka kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Bahaya Lemak Perut Pada Kesehatan

Bahaya Lemak Perut Pada Kesehatan

Lemak sendiri yang kerap dikonotasikan dengan hal yang negatif sehingga tidak heran jika banyak orang yang ketakutan akan berbagai penyakit yang akan dialaminya, namun ternyata untuk lemak dengan jumlah yang kecil sangat dibutuhkan oleh tubuh hal ini bertujuan agar tubuh tetap seimbang dan sehat.

Lemak merupakan salah satu zat dengan energi yang tinggi bisa diproduksi oleh tubuh sehingga setiap orang perlu mengkonsumsi berbagai jenis makanan untuk mendapatkan lemak, namun jika mengkonsumsi lemak yang berlebihan juga tidak baik hal ini bisa memicu terjadinya penumpukan lemak pada beberapa bagian terutama di perut.

Kondisi penumpukan lemak pada bagian perut ini ini yang sangat berbahaya dan ini bisa menyebabkan sejumlah penyakit yaitu seperti obesitas dan gangguan jantung, namun selain itu juga dibawah ini ada beberapa bahaya lemak perut yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Penyakit Jantung Koroner

Untuk bahaya lemak pada bagian perut yaitu bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner, dimana  jantung koroner merupakan kondisi penyakit yang dapat menyebabkan mengalami serangan jantung dan bahkan bisa membuat kehilangan nyawa.

Selain itu juga jantung koroner yang bisa dipengaruhi dengan penyebab lainnya seperti gaya hidup dan genetik, untuk mereka yang mengalami penumpukan lemak pada perut yang beresiko tinggi dalam mengalami jantung koroner

Stroke dan Darah Tinggi

Memiliki lemak pada perut dengan jumlah yang berlebihan atau tidak terkontrol dengan baik yang bisa berisiko menyebabkan penyakit stroke dan darah tinggi, selain itu juga bisa mengalami gangguan kesehatan lainnya seperti terserang stroke ringan maupun berat dan juga sakit kepala.

Diabetes Tipe 2

Bahaya lemak perut yang selanjutnya yaitu menyebabkan gejala terjadinya diabetes tipe 2 hal ini dapat muncul karena terdapat lemak visceral dalam perut dan tubuh lainnya, jenis diabetes tipe 2 sendiri yang merupakan gangguan pada saat insulin yang dihasilkan tidak bisa mengontrol gula darah dalam tubuh dengan baik.

Untuk lemak visceral yaitu lemak yang berada dekat organ vital dalam tubuh seperti saluran pencernaan, hati, paru-paru dan jantung, hal ini yang akan menyebabkan insulin tidak dapat berfungsi dengan efektif dan menyebabkan diabetes tipe 2 muncul.

Setelah kamu mengetahui dengan beberapa bahaya lemak perut dan untuk menghindari hal tersebut terjadi kamu bisa dengan melakukan beberapa cara untuk menghilangkan lemak pada perut diantaranya dengan melakukan olahraga, menjaga pola makan yang tepat, dan juga tidur yang tepat.

Mungkin hanya itu saja beberapa bahaya lemak perut yang perlu kamu ketahui dan juga ada beberapa cara untuk menghilangkan lemak pada tubuh yang dapat kamu terapkan untuk menghindari hal tersebut terjadi, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.