Saturday, 22 Jun 2024

Berapa Kilometer Ganti Oli Motor Matic?

4 minutes reading
Wednesday, 16 Nov 2022 13:41 0 413 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Untuk informasi mengenai ganti oli yang menjadi salah satu hal wajib diketahui untuk para pengendara motor matic atau kendaraan yang lainnya, dan tidak sedikit orang yang bertanya mengenai berapa kilometer ganti oli motor matic? Untuk mengetahuinya yuk simak ulasan di bawah ini agar lebih jelasnya.

Dengan mengetahui berapa kilometer ganti oli motor matic ini yang tentunya berguna agar kendaraan yang digunakan tetap terjaga performanya, dimana ganti oli ini yang merupakan salah satu rutinitas yang perlu dilakukan untuk para pemilik motor salah satunya jenis motor matic.

Untuk pergantian oli sendiri yang perlu dilakukan tepat waktu jika tidak tepat waktu maka hal ini yang bisa mempengaruhi pada komponen lainnya yang terdapat di dalam motor matic tersebut, mengenai hal ini memang pada dasarnya sudah tersedia di dalam buku petunjuk atau buku manual pada saat membeli motor matic tersebut.

Namun karena buku manual tersebut yang mungkin tergolong tebal dengan memiliki ukuran tulisan yang kecil sehingga tidak jarang banyak orang yang malas untuk membuka buka tersebut, sehingga tidak  heran jika banyak orang yang bertanya mengenai berapa kilometer ganti oli motor matic?

Bahkan ada beberapa pemilik motor matic yang jarang mengganti oli karena berpikir jika motor tersebut yang jarang digunakan, namun semua tidak tidak benar pada dasarnya jika motor jarang digunakan dan mungkin dalam 2 bulan yang hanya kilometernya yang hanya mencapai 20 hingga 60 km saja tetap harus mengganti oli.

Hal tersebut dikarenakan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sistem komponen yang terdapat di dalam motor tersebut, nah agar tidak keliru dalam mengenai berapa kilometer ganti oli motor matic, maka kamu bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Berapa Kilometer Ganti Oli Motor Matic?

Berapa Kilometer Ganti Oli Motor Matic?

Dibawah ini kami akan menjelaskan mengenai berapa kilometer ganti oli motor matic, dan tentunya kamu perlu mengingatnya untuk hal yang satu ini dan mungkin jika kamu sering lupa bisa dengan mencatatnya di kertas dan disimpan di tempat yang sering kamu lihat atau bisa juga di catatan HP yang dijadikan pengingat.

Pada Setiap 2.000 Kilometer

Pertanyaan mengenai berapa kilometer ganti oli motor matic? Dimana untuk motor matic yang idealnya penggantian oli mesin ini pada setiap jarak yang ditempuhnya sudah mencapai 2.000 km, dan jika jarak yang ditempuh sudah mencapai 2.000 km maka oli yang ada di dalam motor matic tersebut tidak layak lagi digunakan.

Jangan sampai jarak tempuh motor matic yang melebihi 2.000 km dan belum diganti oli mesinnya maka hal ini yang dapat menyebabkan komponen yang terdapat di dalam motor matic yang menjadi rusak dan membahayakan motor kamu pada suatu saat digunakan menjadi mati mendadak.

Pada Setiap 2 Minggu

Untuk kamu yang mungkin menggunakan motor matic setiap harinya atau digunakan untuk pekerjaan atau usaha dan pada biasa nya yang jarak tempuhnya akan semakin tinggi dan pergantian oli pun akan menjadi lebih cepat, dimana jika dalam sehari jarak tempuhnya mencapai 200 km maka dalam 2 minggu sekali kamu harus mengganti oli dengan yang baru.

Pada Setiap 2 Bulan

Untuk motor matic yang kamu miliki tersebut  jarang digunakan tetapi harus tetap rutin untuk mengganti oli sistem motor matic tersebut, walaupun hanya dipakai dengan jarak tempuhnya hanya sekitar 30 km atau 50 km saja maka diusahakan untuk selalu mengganti oli pada setiap 2 bulan sekalinya.

Karena pada dasarnya oli yang terdapat di dalam motor tersebut walaupun jarang digunakan dan dalam waktu 2 bulan sekali tidak diganti dapat merusak komponen lainnya yang terdapat di dalamnya, sehingga dengan begitu agar kondisi motor tetap prima dan berfungsi dengan baik usahakan selalu rutin mengganti oli sistem.

Selain dilihat dari jarak tempuhnya untuk mengetahui ganti oli sistem kamu juga bisa mengetahuinya dengan merasakan performa mesin pada motor matic tersebut dan ini menjadi salah satu alternatif untuk mengetahui kapan waktunya untuk mengganti oli dengan oli yang baru.

Seperti pada tarikan motor yang terasa lebih berat dan ini bisa ditandai sebagai oli motor yang harus diganti, dimana penyebab dari tarikan yang terasa lebih berat karena oli yang di dalam motor yang sudah cepat panas dan hal ini yang dikarenakan memaksakan menggunakan motor dengan kecepatan yang tinggi atau yang lainnya.

Agar kondisi motor matic yang kamu gunakan tersebut kondisinya tetap prima dan berfungsi dengan baik maka pastikan kamu selalu memilih jenis oli yang berkualitas dan jangan sampai memilih oli yang asal-asalan karena hal ini yang bisa menentukan performa pada motor tersebut dan jika asal-asalan motor matic yang tidak bisa berfungsi dengan baik dan maksimal.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai berapa kilometer ganti oli motor matic? Semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu menjawab pertanyaan tersebut dan juga semoga bermanfaat.