Monday, 15 Apr 2024

Berapa Lama Minum Kunyit Untuk Maag?

4 minutes reading
Tuesday, 6 Feb 2024 18:25 0 51 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ada yang bertanya berapa lama minum kunyit untuk maag atau asam lambung? Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan jawabannya maka bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan seksama.

Kunyit yang merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaatnya, selain dijadikan sebagai bumbu masakan namun kunyit juga sudah lama dijadikan sebagai obat tradisional yang bisa mengatasi atau mencegah berbagai penyakit.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari kunyit untuk kesehatan, sehingga tidak heran jika banyak yang menggunakan kunyit ini , untuk kamu yang memiliki maag atau asam lambung juga bisa dengan memanfaatkan kunyit ini untuk bisa mendapatkan manfaat dalam mengatasi atau meredakan maag.

Dimana melansir dari Healthline yang mengatakan bahwa kunyit yang kaya akan senyawa anti radang dan juga antioksidan, didalam pengobatan tradisional Ayurveda dan juga Cina kunyit biasanya digunakan untuk mengobati radang sendi, nyeri haid bahkan meningkatkan fungsi pencernaan serta hati.

Bahkan selain itu juga kunyit yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala maag, heartburn karena asam lambung yang naik, sakit perut dan juga radang, kunyit yang mengandung bahan aktif curcumin memiliki peran penting dalam memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan kurkumin merupakan antioksidan polifenol, dimana antioksidan tersebut yang bertindak sebagai agen antivirus, antibakteri dan juga antikanker, tidak sedikit orang juga yang memilih untuk menggunakan kunyit sebagai obat tradisional mengatasi maag atau asam lambung..

Terdapat studi mengaitkan dengan manfaatkan yang tidak langsung dari kunyit untuk mengatasi kenaikan asam lambung atau maag, sebuah penelitian juga yang dilakukan tahun 2007 menunjukan bahwa GERD dan maag ini yang disebabkan peradangan dan juga stres oksidatif.

Sehingga dari studi tersebut salah satu cara mengobati atau mengatasi maag dan asam lambung ini yang perlu menggunakan zat kandungan antioksidan dan juga anti inflamasi, selain itu studi laboratorium terpisah yang menunjukan zat anti inflamasi kurkumin yang dapat mencegah peradangan esofagus.

Dengan begitu kunyit dan juga ekstrak kurkumin potensial yang bisa digunakan sebagai obat asam lambung atau maag alami, untuk kamu yang bertanya berapa lama minum kunyit untuk maag? Untuk mengetahuinya bisa simak informasi dibawah ini.

Berapa Lama Minum Kunyit Untuk Maag?

Berapa Lama Minum Kunyit Untuk Maag?

Maag menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi oleh kebanyakan orang dan pada saat maag ini kambuh maka bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, namun kondisi ini yang ternyata bisa diatasi hanya dengan memanfaatkan kunyit saja.

Kunyit yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional dengan dijadikan sebagai jamu, teh atau suplemen untuk bisa merasakan manfaatnya, adapun untuk cara mengolah kunyit untuk mengobati maag yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu siapkan kunyit yang sudah dikeringkan.
  • Kemudian kunyit ditumbuk hingga halus.
  • Lalu gunakan bubuk kunyit ini untuk membuat minuman atau bisa juga sebagai bumbu masakan dengan campuran memasak.

Dosis penggunaan kunyit yang direkomendasikan dalam mengobati maag atau asam lambung yaitu sekitar 500 kurkumin atau setara 1/2 sendok teh bubuk kunyit dalam per harinya.

Ramuan herbal ini yang bisa diminum 2 kali dalam sehari dengan aturannya diminum pada pagi dan juga sore hari, waktu yang tepat minum kunyit yang hendaknya diminum sebelum makan walaupun minum kunyit sesudah makan juga masih diperbolehkan.

Untuk berapa lama minum kunyit untuk maag yang bisa dilakukan sampai maagnya sembuh atau membaik, terdapat sifat basa dalam kunyit yang akan membuat asam ada di lambung bisa dinetralkan sehingga tidak akan mudah naik ke kerongkongan.

Hal ini juga menjadi salah satu faktor bisa mencegah risiko heartburn, pusing hingga sesak napas, selain itu untuk penderita maag atau asam lambung yang dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan lebih bergizi dan hindari makanan berpotensi memproduksi asma berlebih.

Selain itu juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan jumlah atau porsi yang kecil tetapi sering, untuk aturannya makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang agar perut tetap terisi dan nutrisi bisa didapatkan oleh tubuh yang secara utuh.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan berapa lama minum kunyit untuk maag yaitu sampai maag atau asam lambungnya membaik, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.