Monday, 15 Apr 2024

Biaya Admin Kirim Uang Lewat Indomaret dan Alfamart

6 minutes reading
Tuesday, 2 Jan 2024 03:56 0 90 Muti Karya

Nesiaverse.com – Saat ini kamu bisa melakukan transaksi perbankan seperti kirim uang lewat Indomaret dan Alfamart dengan biaya admin tertentu.

Layanan transfer uang tunai ini bisa kamu dapatkan di seluruh Indomaret dan Alfamart di Indonesia.

Sehingga bagi pelanggan yang tidak memiliki kartu ATM tau status nasabah suatu bank, kamu dapat menggunakan layanan kirim uang lewat Indomaret dan Alfamart ini.

Dalam proses transaksinya tentu saja aman dan mudah dilakukan oleh kamu,sehingga akan mempermudah aktivitas perbankan atau kirim dan menerima uang tunai.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui cara dan informasi lengkapnya, kamu dapat menyimak penjelasan lengkapnya dalam artikel kami berikut ini.

Biaya Admin Kirim Uang Lewat Indomaret dan Alfamart

Biaya Admin Kirim Uang Lewat Indomaret dan Alfamart

Transfer atau kirim uang kini bisa dilakukan dengan mudah, meskipun tanpa menggunakan rekening, salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan layanan transfer uang melalui Indomaret atau Alfamart. Hal ini menjadi salah satu solusi bagi kamu yang tidak memiliki rekening bank.

Selain mudah, cara untuk transfer atau kirim uang lewat Indomaret juga termasuk praktis dan cepat, dimana pelanggan hanya perlu menyiapkan beberapa persyaratan saja, kemudian datang ke Indomaret terdekat untuk mengirim uang ke keluarga maupun teman kamu.

Seperti yang kita ketahui, Indomaret dan Alfamart merupakan salah satu jaringan retail yangs udah etrsebar di penjuru Indonesa, yang mana memiliki berbagai jenis fasilitas pembayaran.

Nah, salah satunya aldaga fasilitas atau layanan kirim atau transfer uang melalui Indomaret dan Alfamart. Bagi kamu yang ingin menggunakan layanan kirim uang melalui Indomaret ini, kamu harus menyimak beberapa persyaratan diantaranya,sebagai berikut ini.

  1. Kartu Identitas seperti KTP, SIM atau jika memiliki Paspor yang masih aktif kamu bisa menggunakan ini
  2. Identitas penerima uang
  3. Nomor handphone atau telepon yang aktif, baik pengirim maupun penerima dana transfer tersebut.

Selain itu pengiriman uang atau biaya admin kirim uang lewat Indomaret dan Alfamart ini sangatlah murah, yaitu kamu hanya perlu membayar Rp. 6.500 saja.

Dimana artinya, jika kamu akan melakukan transfer dana sebesar Rp. 100.000, maka kamu harus membayar sebesar Rp. 106.500 saja.

Jika segala persyarat sudah siap, maka kamu bisa melakukan aktivitas transaksi, atau transfer uang di Indomaret maupun Alfamart.

Dikutip dari Kontan.co.id, nah berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan cara-cara kirim uang melalui Indomaret dengan mudah. 

  1. Pertama, kamu dianjurkan untuk memastikan data atau dokumen persyaratan,seperti KTP, SIM atau Paspor, kemudian nomor telepon aktif kamu dan penerima dana nantinya
  2. Jika sudah, kamu dapat mengunjungi Indomaret terdekat di daerah kamu. 
  3. Antrilah ke kasir Indomaret, kemudian sampaikan maksudmu untuk melakukan transfer uang di Indomaret
  4. Nantinya kamu akan diminta menyerahkan identitas dan nomor telepon penerima 
  5. Maka, tunggulah beberapa saat hingga kasir selesai melakukan input atau validasi data kamu
  6. Setelah itu, serokan jumlah uang beserta biaya admin untuk pelayanan transfer uang di Indomaret ini
  7. Maka, proses kirim atau transfer uang lewat Indomaret ini dalam proses
  8. Tunggulah hingga mendapatkan kode MTCN lewat SMS DOMPETKU, yang akan masuk ke nomor ponsel yang kamu daftarkan
  9. Nah, simpan dan kirimlah kode MTCN SMS Dompetku itu, dan berikutnya pada penerima dana tersebut
  10. Selesai, maka transfer uang melalui Indomaret dapat diterima oleh penerima dana dimanapun lokasinya.

Cara transfer uang lewat Alfamart, sebenarnya tidak berbeda jauh dengan prosedur cara kirim uang melalui Indomaret. 

  1. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menyiapkan kartu identitas, nomor HP pengirim dan nomor HP penerima
  2. Jika sudah kunjungilah Alfamart terdekat dari lokasi kamu
  3. Kemudian lanjutkan dengan antri ke kasirnya, informasikan ke kasir jika kamu ingin menggunakan layanan transfer uang melalui Alfamart
  4. Maka, kasir akan meminta identitas tamu,baik KTP atau nomor HP pengirim dan penerima
  5. Lanjutkan dengan menyerahkan uang tunai dengan biaya admin yang sesuai informasi kasir Alfamart. 
  6. Kamu akan diminta menunggu beberapa saat, sementara kasir menyelesaikan proses dan transaksi atau kirim uang melalui Alfamart
  7. Bukalah SMS di nomor ponsel kamu, adakan SMS dari DOMPETKU yang berupa kode pengiriman uang
  8. Maka, kamu dapat menangkap layar dan mengirimkan kode tersebut pada penerima uang
  9. Transaksi kirim uang lewat Alfamart telah selesai

Cara ini juga berlaku dilakukan di Alfamart, dimana kamu akan mendapatkan kode yang masuk melalui SMS DOMPETKU ketika melakukan transaksi atau menggunakan layanan transfer uang.

Kemudian, bagi sang penerima, maka kamu bisa mendapatkan klaim uang transfer lewat Indomaret dan Alfamart dengan menggunakan cara satu ini. 

  1. Pertama, kamu harus sudah menemukan kode transfer dari si pengirim berupa kode yang berasal dari DOMPETKU
  2. Jika sudah, kamu bisa langsung mengunjungi outlet Indomaret atau Alfamart terdekat dari lokasi kamu
  3. Kemudian antrilah di kasir Indomaret atau Alfamart tersebut
  4. Lanjutkan dengan memberitahu kasir jika kamu akan melakukan klaim atau penarikan uang menggunakan kode MTCN ke kasir, kemudian tunjukan kode tersebut
  5. Maka, kasir akan melakukan proses pencairan uang tersebut
  6. Nah, bagi penerima, kamu tidak perlu membayar biaya admin pada pihak Indomaret atau Alfamart
  7. Selesai

Nah, sebagai catatan kode MTCN yang kamu terima dari kasir memiliki masa berlaku atau masa klaim selama 1 bulan dari tanggal penerimaan kode tersebut. 

Nah, jika kode MTCN kamu hilang, maka pengirim dianjurkan melakukan laporan ke Customer Service TRue Money di nomor 08041000100. Selain itu kamu harus menyiapkan bukti pengiriman berupa kartu identitas ketika melakukan transfer dana tersebut. 

Kelebihan atau Manfaat Kirim Uang Melalui Indomaret

  • Pelayanan kirim atau transfer uang di Indomaret atau Alfamart ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, melalui kasirnya
  • Kamu tidak perlu antri lama dan memakan banyak waktu
  • Proses kirim uang melalui Indomaret Dan Alfamart mudah, bahkan tanpa menggunakan formulir
  • Proses sangat cepat dan dapat langsung diambil oleh penerima di beda lokasi
  • Memiliki biaya admin atau transaksi yang cenderung murah dibandingkan pelayanan transfer uang lainnya. 

Kamu pastinya sudah tidak asing lagi negan gerai indomaret dan Alfamart, dimana merupakan jaringan minimarket yang memiliki lebih dari 4 ribu gerai di seluruh indonesia dan lokasi. Sehingga karena gerai ini tersebar luas di penjuru tanah air, maka layanan transfer uang ini sangat efektif. 

Selain menghadirkan layanan utama menjual barang-barang kebutuhan harian. kini dengan hadirnya layanan transfer uang ini akan memudahkan kamu yang tidak memiliki rekening tabungan, dan memiliki biaya transfer atau biaya admin kirim uang lewat indomaret dan alfamart yang murah.

Demikian pembahasan mengenai biaya admin kirim uang lewat Indomaret dan Alfamart. Dari ulasan kamu diatas, maka diketahui jika biaya admin sendiri mulai dari Rp. 6.500 saja. Selain itu, kamu bisa melakukan konfirmasi ulang untuk biaya admin terbaru.