Monday, 17 Jun 2024

Bolehkah Ibu Hamil Makan Oncom dan Leunca?

3 minutes reading
Saturday, 11 Mar 2023 20:43 0 2460 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin sudah tidak asing lagi dengan masakan yang satu ini dengan menggunakan bahan utama oncom dan leunca, namun ada yang bertanya bolehkah ibu hamil makan oncom dan leunca? Untuk mengetahui jawabannya agar tidak salah maka bumil bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Indonesia yang memiliki berbagai macam kuliner yang rasanya enak salah satunya dengan masakan yang menggunakan bahan utama oncom dan leunca, untuk masyarakat sunda tentu saja sudah mengetahui masakan yang satu ini dan bahkan masakan ini juga disukai banyak orang.

Dengan memiliki banyak penggemar untuk masakan yang satu ini sehingga tidak jarang jika masakan ini yang telah disajikan pada berbagai jenis warung makan atau restoran yang telah menyediakan makanan lokal, makanan ini yang dikonsumsi dimulai dari anak-anak hingga lansia bahkan ibu hamil juga suka memakan masakan yang satu ini.

Mungkin masih banyak yang ragu untuk mengkonsumsi masakan oncom dan leunca apalagi untuk bumil sehingga banyak yang bertanya bolehkah ibu hamil makan oncom dan leunca? Nah ulasan dibawah ini yang akan menjelaskan agar bisa membantu bumil untuk mendapatkan jawabannya.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Oncom dan Leunca?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Oncom dan Leunca

Untuk oncom sendiri yang memang terkait dengan masakan atau makanan tradisional atau makanan khas Sunda berasal dari Jawa Barat, dimana oncom ini yang merupakan salah satu jenis makanan yang berasal dari proses fermentasi dengan memiliki bahan dasar kedelai.

Untuk pembuatan oncom sendiri yang hampir sama atau mirip dengan pembuatan tempe yang memanfaatkan jamur atau kapang, untuk oncom terdiri dari dua jenis yaitu ada oncom merah dan oncom hitam dan jenis oncom yang disukai banyak orang yaitu untuk jenis oncom merah, hal ini dikarenakan oncom merah yang memiliki warna khas dengan tekstur lebih padat sehingga menghasilkan aroma yang lebih wangi.

Sedangkan untuk leunca sendiri yang merupakan salah satu jenis sayuran dengan memiliki bentuk bulat kecil yang berwarna hijau dengan rasanya yang cukup pahit, biasanya leunca ini yang digunakan sebagai lalapan khas Sunda atau dimasukkan ke dalam masakan seperti memasak oncom.

Walaupun leunca ini  yang memiliki rasa cukup pahit namun sayuran leunca juga yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh sehingga oncom dan leunca ini memang saling erat untuk menjadi masakan, namun bolehkah ibu hamil makan oncom dan leunca? Pastinya diperbolehkan namun pastikan untuk cara penyajian yang bersih, matang, benar dan juga jumlah porsi yang pas tidak berlebihan.

Untuk bumil yang mengkonsumsi masakan oncom dan leunca ini yang ternyata bisa memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena memang oncom yang berasal dari kedelai sehingga memiliki kandungan didalamnya sebagai sumber nutrisi dari makanan hasil dari fermentasi seperti tempe dan juga tahu.

Selain oncom yang baik untuk bumil namun leunca juga yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh dengan memiliki sejumlah manfaat kesehatan seperti merawat kesehatan kulit, mencegah kanker, meredakan nyeri ibu hamil, mencegah rasa panik berlebih, meningkatkan fungsi hati dan bahkan menjaga fungsi ginjal dengan baik.

Selain itu juga masakan oncom dan leunca ini yang memberikan manfaat lainnya seperti menjadi salah satu sumber nutrisi, sumber energi tubuh, membantu mencegah perut kembung selama hamil, mengurangi kolesterol dalam tubuh, menjaga sistem pencernaan dan juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai bolehkah ibu hamil makan oncom dan leunca? Jawabannya diperbolehkan asalkan bumil mengkonsumsi dengan porsi yang pas tidak berlebihan dan juga cara penyajiannya yang baik dan benar, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.