Bolehkah Ibu Menyusui Minum Susu UHT?

4 minutes reading
Sunday, 20 Aug 2023 02:09 0 105 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pada saat menyusui memang pola makan harus diperhatikan karena tidak semua makanan atau minuman bisa diminum sehingga muncul pertanyaan bolehkah ibu menyusui minum susu UHT? Untuk mengetahuinya bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Menyusui adalah salah satu proses yang sangat penting setelah melahirkan untuk pertumbuhan bayi karena memang pada dasarnya orang tua yang selalu menginginkan yang terbaik untuk bayinya termasuk juga dengan masalah asupan nutrisi, sebenarnya untuk ibu menyusui yang tidak perlu khawatir atau cemas terkait dengan makanan atau minuman yang akan dimakan mengingat tidak ada pantangan khusus untuk makanan maupun minuman bagi ibu yang menyusui anak.

Tetapi hanya saja untuk ibu menyusui yang harus ditekankan bahwa asupan seorang ibu menyusui yang harus bergizi dan sehat karena hal ini yang sangat berpengaruh pada kualitas ASI yang diberikan, oleh karena itu kamu bisa mengkonsumsi makanan atau minuman selama tidak berlebihan dan juga tidak akan mengganggu kesehatan ibu menyusui.

Susu UHT atau susu Ultra High Temperature adalah susu sapi segar yang diolah dengan melalui proses pemanasan setelah diperah dari sapi, untuk jenis susu ini yang dibuat dengan cara dipanaskan di dalam suhu tinggi yaitu sekitar 140 derajat celcius dan perasaan ini yang dilakukan selama 2 hingga 3 detik dengan tujuan agar dapat membunuh bakteri jahat yang ada pada susu.

Walaupun susu UHT yang diolah dengan cara dipanaskan tetapi proses pengolahan ini yang tidak dapat mengurangi nutrisi yang terkandung di dalam susu tersebut, karena pemanasannya yang hanya dilakukan dalam durasi sangat singkat dan paling menariknya lagi susu UHT ini yang bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan jenis susu yang lainnya tetapi dalam minum susu UHT yang dianjurkan untuk segera menghabiskan susu tersebut jika sudah dibuka.

Lalu apakah bolehkah ibu menyusui minum susu UHT? Terkait hal ini sendiri yang seperti ibu ketahui bahwa susu UHT ini yang baik untuk kesehatan tetapi agar lebih jelasnya bisa simak ulasannya dibawah ini.

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Susu UHT?

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Susu UHT?

Dimana selain bisa mendukung tumbuh kembang bayi menyusui merupakan sumber asupan nutrisi paling utama untuk bayi seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan diserap dan juga dialirkan ke seluruh tubuh termasuk ke ASI.

Terkait dengan produk susu salah satunya yaitu ada susu UHT sendiri yang merupakan produk susu hanya berbeda di dalam proses pembuatannya tetapi hampir memiliki kandungan nutrisi didalamnya yang sama dengan produk susu yang lainnya, untuk keunggulan dari produk susu UHT sendiri yaitu ada pada daya tahan yang relatif lebih lama dibanding yang lainnya.

Tetapi perlu ibu berhati-hati dalam memenuhi segala asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk ibu yang mengkonsumsi susu UHT untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium, karena dengan mengkonsumsi susu UHT pada ibu menyusui yang ternyata dikabarkan bisa memicu terjadinya alergi susu pada bayi.

Alergi susu sapi yang merupakan reaksi berlebihan dari tubuh terhadap kandungan protein yang ada di dalam susu sapi dianggap sebagai zat asing yang berbahaya, sehingga hal ini yang mengakibatkan sistem kekebalan tubuh serta pencernaan bayi belum stabil akan melepaskan senyawa histamine bertujuan untuk melawan sehingga ini yang akan memicu timbulnya reaksi alergi.

Umumnya alergi susu yang bisa berkembang pada saat susu sapi dari makanan ibu yang diteruskan ke bayi dengan melalui ASI, walaupun kebanyakan bayi yang sebenarnya tidak akan bereaksi terhadap kandungan ASI yang berasal dari makanan ibu, tetapi jika bayi mengalami reaksi alergi pada saat mengkonsumsi ASI maka penyebabnya kemungkinan susu sapi yang dikonsumsi oleh ibu.

Karena sumber protein susu yang penyebab alergi umumnya terdapat di dalam produk susu UHT, sehingga dengan begitu untuk bolehkah ibu menyusui minum susu UHT yang bisa dikatakan tidak boleh karena bisa mengakibatkan reaksi alergi pada bayi terutama untuk bayi yang memiliki alergi susu sapi.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan bolehkah ibu menyusui minum susu UHT yaitu kurang baik dikonsumsi karena bisa memicu alergi pada bayi, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

x