Saturday, 22 Jun 2024

Bolehkah Penderita Asam Lambung Minum Susu?

4 minutes reading
Thursday, 17 Nov 2022 23:29 0 310 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Untuk para penderita asam lambung memang dalam memakan makanan atau minuman yang harus diperhatikan, karena beberapa makanan atau minuman yang bisa membuat asam lambung naik dan masih banyak orang yang bertanya bolehkah asam lambung minum susu untuk mengetahuinya, yuk simak ulasan di bawah ini.

Terdapat beberapa makanan dan minuman yang tertentu yang bisa membuat asam lambung kambuh dimana selain dengan makanan pedas dan asam, ternyata susu juga ternyata menjadi salah satu asupan yang dikhawatirkan dapat memicu gangguan asam lambung kambuh.

Susu dan juga dengan aneka produk yang mengandung susu yang selama ini dikenal sebagai salah satu makan dengan memiliki vitamin D alami, dan biasanya asupan ini yang disajikan dalam bentuk minuman maupun yang dicampurkan dengan bahan makanan yang lainnya.

Tetapi tidak semua orang cocok dengan susu atau semacamnya lainnya seperti yogurt, krim kental, keju dan juga yang lainnya apalagi untuk kamu yang memiliki alergi laktosa, lalu bolehkah asam lambung minum susu? Untuk mengetahuinya simak penjelasan dibawah ini.

Bolehkah Penderita Asam Lambung Minum Susu?

Bolehkah Penderita Asam Lambung Minum Susu?

Dimana penelitian mengenai susu apakah boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung hal ini yang kontradiktif atau berlawanan dengan khawatiran, dimana sejumlah orang yang menganggap jika mengkonsumsi susu yang menjadi salah satu biang asam lambung naik atau kambuh.

Walaupun demikian kandungan lemak dan juga protein yang terdapat didalam susu ini yang rentan untuk sebagian penderita asam lambung yang tidak boleh diabaikan atau disepelekan, walaupun memang selama ini belum terdapat bukti mengenai kasus ini.

Sehingga dengan begitu tidak ada rekomendasi khususnya mengenai bolehkah asam lambung minum susu atau tidaknya, namun untuk penderita asam lambung yang sebaiknya sebelum mengkonsumsi susu untuk melihat kondisi tubuh terlebih dahulu.

Hal ini berguna untuk meminimalkan risiko dan juga kamu bisa dengan memilih jenis susu yang minim dengan kandungan lemak di dalamnya dan jangan sampai porsinya berlebihan, mengkonsumsi susu kemungkinan dapat asam lambung kambuh jika diminum bersamaan dengan coklat, teh dan juga kopi yang mengandung kafein didalamnya.

Mengkonsumsi susu yang menjadi bumerang untuk penderita asam lambung jika mengkonsumsi susu yang menjelang waktu tidur, dalam posisi sedang berbaring, dimana hal ini yang akan membuat proses pencernaan menjadi tidak optimal sehingga dapat memperburuk atau memicu kambuhnya asam lambung.

Selain itu juga untuk kamu yang penderita asam lambung dan memiliki alergi laktosa sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi susu, tetapi jangan khawatir kamu bisa dengan menggunakan alternatif lain susu nabati seperti susu kedelai, susu almond dan juga susu yang lainnya.

Dengan mengkonsumsi susu untuk penderita asam lambung yang memang terdapat manfaat dan juga efek sampingnya dan hal ini tentu saja perlu kamu ketahui, berikut akan kami jelaskan.

Manfaatnya Susu untuk Asam Lambung

Susu yang mengandung kalsium dan juga protein di dalamnya yang mampu membantu untuk mengatasi asam lambung naik, dimana kalsium yang dinyatakan mempunyai efek seperti antasida yang sejenis obat asam lambung naik dengan cara kerjanya dengan menetralkan asam yang ada di dalam perut.

Dimana segelas susu sapi yang telah menyediakan 21- 23% kebutuhan kalsium didalam tubuh manusia, dengan mengkonsumsi minuman dengan tinggi kalsium yang terbukti bisa menurunkan risiko penyakit asam lambung pada laki-laki.

Selain mengandung kalsium protein juga yang terkandung di dalam susu yang ternyata dapat membantu untuk mengatasi penyakit asam lambung, dimana jika orang yang rutin mengkonsumsi makanan dengan mengandung protein yang tinggi yang kemungkinan akan jarang membuat asam lambung kambuh.

Protein yang dapat membantu untuk mengatasi gejala asam lambung kambuh atau naik karena protein yang dapat merangsang sekresi gastrin, gastrin sendiri merupakan hormon yang dapat meningkatkan fleksibilitas kontraksi pada otot sfingter esofagus yang ada di bagian bawah serta membantu untuk mendorong pengosongan lambung.

Efek Samping untuk Asam Lambung

Walaupun susu ini yang bermanfaat untuk penderita asam lambung tetapi juga terdapat efek sampingnya, dimana kandungan gastrin yang terdapat di dalam protein susu ini yang ternyata di sisi lain dapat memicu sekresi asam lambung.

Sehingga dengan begitu untuk zat ini yang dapat menimbulkan asam lambung naik dan memicu munculnya rasa panas di perut atas dan menjalar hingga ke dada atau rasa terbakar, selain itu juga susu yang mengandung lemak didalamnya yang dapat mengendurkan otot sfingter esofagus yang ada di bagian bawah serta membuat asam lambung yang naik ke kerongkongan tanpa terkendali.

Lemak juga yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna sehingga lemak akan lebih lama singgah di dalam lambung, dengan pengosongan perut yang terlalu lama yang dapat membuat asam lambung naik dan menjadi lebih parah.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai bolehkah asam lambung minum susu yang sebenarnya boleh saja namun harus pastikan memilih susu yang rendah lemak atau susu yang bebas lemak dan juga tidak memiliki alergi laktosa, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.