Saturday, 22 Jun 2024

Bolehkan Makan Susu Bubuk Tanpa Diseduh?

4 minutes reading
Saturday, 12 Aug 2023 14:41 0 668 Muti Karya

Nesiaverse.com – Pertanyaan terkait boleh kan makan susu bubuk tanpa diseduh ? masih beredar khususnya di kalangan orang tua. Susu sendiri merupakan salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Selain lebih ekonomis susu juga memiliki expire date yang lebih lama dibandingkan dengan susu cair. Sehingga banyak alasan lainnya kenapa orang tua banyak yang memilih susu bubuk bagi si kecil, namun bagaimana jika dikonsumsi tanpa diseduh?

Nutrisi dalam susu bubuk adalah protein, lemak, kalsium dan vitamin D yang berguna untuk mendukung tumbuh kemabng si kecil. Namun, jika susu tersebut dikonsumsi dengan cara tanpa diseduh terlebih dahulu yang sesuai dengan tata cara mengkonsumsi, apakah gizi dan nutrisi susu bubuk akan diterima tubuh dengan baik?

Bolehkan Makan Susu Bubuk Tanpa Diseduh?

Bolehkan Makan Susu Bubuk Tanpa Diseduh?

Tidak sedikit anak-anak yang gemar mengonsumsi atau makan susu bubuk tanpa diseduh terlebih dahulu, bolehkah hal ini dibiarkan? mengingat kandungan yang diformulasikan dalam susu tersebut dibutuhkan si kecil untuk tumbuh kembangnya. Dibandingkan dengan sumber nutrisi lainnya, susu sendiri merupakan salah satu pemenuhan nutrisi bagi tubuh yang sangat praktis untuk dikonsumsi.

Selain itu susu sendiri direkomendasikan Dietary Guidelines for Americans pada tahun 2015 lalu dianjurkan untuk mengonsumsi 2 hingga 3 gelas susu dalam sehari. Dalam sebuah penelitian di University of Toronto di Amerika Serikat dikatakan bahwa dua gelas susu dalam sehari sangat cukup, selain itu konsumsi yang lebih rendah sendiri bisa menyebabkan timbulnya kondisi kurangnya asupan vitamin D. 

Sehingga jika mengkonsumsi susu tanpa diseduh terlebih dahulu akan mengakibatkan anak kekurangan zat besi. Maka, si kecil yang suka ngemil susu bubuk tanpa menyeduhnya terlebih dahulu harus dihentikan. Karena bisa jadi dia justru mengkonsumsi susu bubuk yang setara dengan jumlah dua gelas susu yang diseduh atau lebih. Sehingga nantinya bisa mengundang efek negatif lainnya. 

Meskipun sudah melebih batas atau jumlah dari susu bubuk ke versi gelasnya, si kecil tetap akan mengalami kekurangan zat besi. Susu merupakan salah satu asupan yang baik bagi pemenuh kebutuhan nutrisi tubuh. Namun, jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan bahkan dalam bentuk susu bubuk yang melebih batas ketika diseduh dapat menimbulkan efek negatif yang tidak inginkan. Maka, hindarilah mengkonsumsi susu bubuk sejak dini.

Dalam mengkonsumsi susu bubuk, kamu membutuhkan zat pelarut yaitu air, untuk membuatnya menjadi susu. Namun beda kasus ika kamu mengkonsumsinya dalam bentuk bubuk atau belum kamu seduh. Maka, yang kamu konsumsi bukanlah susu sebenarnya, hanyalah tumpukan solid atau bukan susu sebenarnya. Dikatakan ussu justru ketika sudah bertemu dengan liquid atau cairan. 

Sehingga mengkonsumsi susu bubuk secara langsung tanpa diseduh secara berlebihan dapat menyebabkan penggumpalan atau aglutinasi susu bubuk pada sistem pencernaan anak. Hal inilah yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada anak. Maka, konsumsilah susu bubuk dengan cara diseduh.

Efek Samping Mengkonsumsi Susu Bubuk Tanpa Diseduh

Dilansir dari situs doketrsehat.com dikatakan bahwa mengkonsumsi susu tanpa diseduh air dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Efek makan susu tanpa diseduh ini sangat berbahaya, diantaranya adalah si kecil akan mengalami sembelit atau susah buang air besar. Selain itu gizi dalam susu formula tersebut tidak akan diserap oleh tubuh secara sempurna, bahkan dalam beberapa kasus justru menyebabkan penggumpalan. 

Efek lainnya adalah si kecil dapat mengkonsumsi susu dalam takaran atau jumlah yang berlebihan. Si kecil tidak akan merasa puas karena mengkonsumsinya tanpa campuran liquid atau air. Sehingga si kecil dapat mengkonsumsinya secara berlebihan. Hal ini bahkan bisa menyebabkan kamu kelebihan porsi dalam sEharinya dan melampaui batas. Selain mengganggu pencernaan dapat menyebabkan kegemukan, risiko diabetes 2 hingga yang paling parah adalah keracunan susu.

Kamu harus berhati-hati dalam mengkonsumsi susu bubuk, pastikan menyeduhnya menggunakan air terlebih dahulu bagi si kecil. Kamu harus mengetahui kandungan dari susu bubuk pada umumnya. Ini merupakan data Kemenkes RI dimana setiap 100 gram susu bubuk anak untuk usia 6 hingga 12 tahun, memiliki kandungan :

  • 904 mg kalsium
  • 24,6 gram protein
  • 1,6 mg niacin
  • 1,39 riboflavin
  • 649 mg fosfor.

Kandungannya sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun, jika kamu mengkonsumsinya dengan cara yang tidak tepat, maka kamu justru akan mendapatkan dampak negatif dari susu bubuk ini. Selain itu dalam mengkonsumsi susu bubuk kamu harus mengetahui cara mengolahnya yang baik dan benar.

Dalam menyeduh susu sendiri tidak boleh asal-asalan, kamu harus menyeduhnya dengan tepat sehingga kandungan nutrisi dan probiotik didalamnya tidak hilang percuma dan didapatkan oleh tubuh dalam jumlah atau porsi yang tepat. Kata Dr. Saptawati Bardosono, SpGK MSc atau lebih akrab disapa dengan Dr. Tati. Beliau adalah dokter spesialis gizi klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Dalam susu bubuk diperbuat oleh kandungan probiotik, yang mana sebaiknya tidak langsung diseduh menggunakan air panas dengan suhu 100 derajat celcius. Hal ini dapat menyebabkan probiotik baik dalam susu akan mati begitu saja. ” Gunakan suhu 70 derajat celcius, tidak boleh melebihi batasan 70 derajat celcius. Sehingga probiotik baik dalam susu tidak mati. Karena memang sebaiknya tidak terlalu panas ” lanjut Tati. 

Demikian pembahasan mengenai makan susu bubuk tanpa diseduh, karena tidak diperbolehkan oleh banyak ahli gizi karena memiliki banyak dampak negatif. Maka, hindari susu bubuk agar si kecil terhindar dari aktivitas mengkonsumsi susu tanpa diseduh terlebih dahulu.