Monday, 15 Apr 2024

10 Buah dan Sayuran Untuk Menurunkan Gula Darah

6 minutes reading
Monday, 8 Jan 2024 06:10 0 87 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada beberapa jenis buah-buahan dan sayuran untuk membantu menurunkan gula darah. Buah-buahan dan sayuran ini cocok untuk dikonsumsi penderita gula darah atau diabetes. 

Ada sejumlah sayur dan buah-buahan yang mampu menurunkan gula darah dengan baik dan dapat kamu konsumsi juga. 

Meskipun semua jenis buah-buahan dan sayuran baik bagi kesehatan, namun terdapat beberapa jenis buah dan sayuran tertentu yang dianggap paling efektif dalam menurunkan gula darah.

Maka kadar dari gula darah normal tentulah sangat penting dilakukan, kh susunya oleh penderita diabetes mau paun prediabetes. 

Terdapat berbagai jenis faktor yang mempengaruhi kadar gula darah seseorang, mulai dari pola makan, pola istirahat hingga tingkat stress. 

Nah, simaklah artikel dibawah ini guna mengetahui jenis buah dan sayuran untuk membantu menurunkan kadar gula darah. 

Buah dan Sayuran Untuk Menurunkan Gula Darah

Pada dasarnya, jenis makanan penurun gula darah yang paling ampuh merupakan serapan yang dapat diserap oleh tubuh secara perlahan. 

Selain itu dikutip dari Medical News Today, ada kriteria makanan penurun gula darah yang juga ampuh, yaitu jenis yang memiliki nilai indeks glikemik dan glycemic index yang cukup rendah.

Bagi kamu yang tidak mengetahui indeks glikemik, indeks glikemik adalah salah satu hal yang menentukan efek makanan terhadap kadar gula darah. 

Bagi orang yang ingin mengontrol kadar gula darah ini, harus memilih jenis makanan dengan skor GI rendah ataupun sedang. 

Kemudian, apa saja jenis makanan seperti buah-buahan dan sayuran yang baik dikonsumsi untuk mendukung proses penurunan gula darah dengan cepat. 

Perhatikanlah porsi saat mengkonsumsinya, dengan begitu kadar gula darah kamu tetap akan dalam level yang seimbang nantinya. 

Brokoli

Di posisi pertama jenis sayuran yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah adalah sayuran hijau seperti brokoli. 

Sayuran hijau memang sudah sangat identik dengan jenis makanan sehat yang tinggi kadar gizi didalamnya. Selain itu banyak sekali manfaat yang mana salah satunya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. 

Hal ini dikarenakan di dalam brokoli memang terdapat senyawa sulforaphane yang merupakan jenis isothiocyanate dengan manfaat menurunkan gula darah. 

Sehingga brokoli dapat kamu konsumsi sebagai jenis sayuran penurun gula darah.

Kale

Sayuran yang dapat membantu menurunkan gula darah selanjutnya adalah sayur kale. Sayuran satu ini memang dikenal dengan senyawa yang mampu mendukung atau membantu menurunkan kadar gula darah, diantaranya adalah serta dan antioksidan flavonoid. 

Dalam sebuah penelitian yang ditulis dalam jurnal Biomedical Reports, dimana penelitian ini melibatkan 42 orang dewasa di jepang yang menunjukan manfaat dari sayur kale. 

Di Mana 7 atau 14 gram makanan yang mengandung kale ini dengan makanan tinggi karbohidrat dan mampu menurunkan kadar gula darah seusia makan. 

Selain itu dikutip dari jurnal Molecules, penelitian ini menunjukkan jika antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam sayur kale adalah quercetin dan kaempferol. 

Yang aman kandungan tersebut memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan sensitivitas insulin yang sangat manjur dan terbukti manfaatnya. 

Bayam

Selanjutnya adalah sayuran yang tinggi akan kandungan vitamin A di dalamnya dan disertai dengan sifat antioksidan, yaitu bayam. 

Sayuran satu ini merupakan salah satu rekomendasi yang dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Selain itu manfaat brokoli ini dalam menurunkan kadar gula berasal dari sulforaphane, yaitu atau kimia alami yang dapat membantu meningkatkan kerja insulin dan menurunkan gula darah. 

Kembang Kol

Kembang kol merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya, sehingga bersifat antioksidan yang juga bermanfaat guna menurunkan kadar gula darah. 

Sayuran satu ini juga tergolong rendah karbohidrat, sehingga tidak akan menimbulkan lonjakan gula darah setelah dikonsumsi. 

Kembang kol merupakan jenis sayuran yang juga bisa dikonsumsi sebagai salah satu alternatif pengganti nasi bagi penderita diabetes. 

Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat dikonsumsi guna menurunkan gula darah dan bisa kamu konsumsi dengan baik. 

Manfaat ini dapat diperoleh dari kandungan vitamin C yang juga bersifat antioksidan dan terbukti efektif dalam membantu menurunkan kadar gula darah. 

Ada berbagai jenis dan cara untuk mengonsumsi buah dan sayuran guna menurunkan gula darah. 

Buah satu ini dapat menurunkan gula darah dan dapat dikonsumsi secara langsung, seperti diolah menjadi jus maupun jadi salad. 

Namun, kamu dianjurkan untuk menghindari menambahkan terlalu banyak zat pemanis ke dalamnya. Alangkah baiknya mengkonsumsinya secara alami. 

 

Stroberi

Jika sebelumnya adalah buah-buahan, maka kali ini buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Stroberi merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin mineral dan sifat antioksidannya.

Sifat antioksidan yang terkandung di dalam buah stroberi ini menjadikannya buah yang mampu membantu menurunkan gula darah. 

Buah satu ini dapat meningkatkan kinerja insulin sehingga nantinya kadar gula darah tetap terkontrol. 

Selai stroberi, buah beri lainnya seperti raspberry, blueberry memiliki manfaat yang sama baiknya, yang tidak kalah baik untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah. 

Jeruk Bali

Buah dan Sayuran Untuk Menurunkan Gula Darah

Buah Selanjutnya adalah jeruk bali, yang mana bawah satu ini menjadi pilihan buah yang mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Jeruk bali memiliki kandungan vitamin C yang bersifat antioksidan dan serta tinggi serta naringenin yang memiliki sifat antidiabetes.

Jambu Biji

Buah dan Sayuran Untuk Menurunkan Gula Darah

Jenis buah yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah lainnya adalah jambu biji. 

Jambu biji memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah dan diperoleh dari aktivitas antioksidan did alamnya. 

Selain itu, jambu biji juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah puasa, serta membantu meningkatkan insulin. 

Hal inilah yang membuat buah jambu biji sering dimanfaatkan untuk obat tradisional penderita diabetes melitus. 

Apel

Buah dan Sayuran Untuk Menurunkan Gula Darah

Buah apel merupakan buah yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Apel sendiri memiliki kandungan serat larut dan senyawa-senyawa alami didalamnya. 

Diantara senyawa alami itu adalah asam galat, asam klorogenat, quercetin yang mana mampu membantu menurunkan kadar gula darah sekaligus mengurangi risiko terjadinya diabetes. 

Selain itu dengan mengkonsumsi buah apel 30 menit sebelum makan nasi, maka dapat mencegah lonjakan gula darah setelah makan. 

Sehingga kadar gula darah ini dapat turun dan terkontrol kembali nanti ya. 

Alpukat

Buah dan Sayuran Untuk Menurunkan Gula Darah

Terakhir adalah buah alpukat, yang mana buah satu ini memiliki kandungan lemak sehat, serat dan vitamin serta mineral dalam alpukat. 

Kandungan ini menjadikannya pilihan buah dan sayuran untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Dengan mengonsumsi alpukat ini juga dapat membantu kamu untuk mencegah terjadinya sindrom metabolik, yang termasuk kondisi yang menguatkan seseorang mengalami diabetes tipe 2, penyakit jantung dan stroke.

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis buah dan sayuran untuk membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Dengan memperhatikan dan mengkonsumsinya, maka akan menjaga kesehatan juga.