10 Buah dan Sayuran Yang Mengandung Vitamin B

7 minutes reading
Saturday, 18 Nov 2023 03:32 0 9 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Sebagai mahluk hidup, tentu saja kita memerlukan yang namanya sumber makanan. Entah itu dari buah-buahan ataupun sayur-sayuran untuk bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, dan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin B.

Kekurangan vitamin B tentunya dapat berdampak buruk bagi tubuh, tapi tidak perlu khawatir karena bisa kamu atasi dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin B. Buat kamu yang gak suka sayuran, jalan alternatifnya atau sebagai gantinya bisa konsumsi buah.

Tetapi, tetap saja asupan nutrisi itu harus seimbang dan lengkap, tidak cukup hanya dari buah saja. Sayuran pun memiliki peran yang tidak kalah pentingnya dari buah, apalagi sayuran menjadi salah satu makanan pokok yang lengkap akan kandungan nutrisi termasuk vitamin B.

Lalu kalau begitu apa saja sih buah dan sayuran yang mengandung vitamin B? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan terkait macam-macam buah dan sayuran yang mengandung vitamin B secara menyeluruh. Jadi langsung simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Buah dan Sayuran Yang Mengandung Vitamin B

Indonesia terkenal dengan berbagai macam dan jenis Floranya yang dimanfaatkan sebagai sumber makanan manusia sehari-hari, terutama buah dan sayuran merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam memenuhi nutrisi hariannya, termasuk vitamin.

Vitamin adalah senyawa organik yang diperlukan oleh tubuh manusia dan tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kita. Maka dari itu penting sekali untuk mengkonsumsi buah atau sayuran dengan adanya berbagai macam kandungan vitamin, termasuk vitamin B.

Vitamin B merupakan kelompok vitamin yang terdiri dari 8 jenis vitamin yang berbeda, serta masing-masing jenis vitamin B terdapat perannya tersendiri. Apa saja dan seperti apa manfaatnya? Nah, berikut adalah delapan jenis vitamin B serta perannya, diantaranya:

  • Vitamin B1 atau thiamin, membantu dalam proses metabolisme karbohidrat dan produksi energi.
  • Vitamin B2 atau riboflavin, membantu dalam proses metabolisme lemak, karbohidrat, dan protein.
  • Vitamin B3 atau niacin, membantu dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan produksi energi.
  • Vitamin B5 atau asam pantotenat, membantu dalam proses pertumbuhan tubuh dan produksi hormon.
  • Vitamin B6 atau piridoksin, membantu dalam proses metabolisme protein dan produksi sel darah merah.
  • Vitamin B7 atau biotin, membantu dalam proses metabolisme lemak, karbohidrat, dan protein.
  • Vitamin B9 atau asam folat, membantu dalam produksi sel darah merah dan mencegah cacat tabung saraf pada janin.
  • Vitamin B12 atau kobalamin, membantu produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan sistem saraf.

Semua vitamin tersebut dibutuhkan oleh tubuh dan perlu kamu konsumsi setiap harinya sesuai kebutuhan. Kamu bisa mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin B, yaitu:

Buah Pisang

Buah dan Sayuran Yang Mengandung Vitamin B

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi, serta mengandung vitamin B kompleks. Beberapa jenis vitamin B yang terdapat pada pisang diantaranya meliputi vitamin B1, B2, B3, B5, dan B6, semua vitamin tersebut menjadikan pisang makanan yang berenergi.

Mengkonsumsi satu buah pisang atau 100 gr, sama dengan kita mendapatkan 89 kalori, 75% air, 1,1 gr protein, 22,8 gr karbohidrat, 12,2 gr gula, 2,6 gr serat, dan 0,3 gr lemak, serta terdapat kandungan 0,433 mg vitamin B6, 0,3 mg vitamin B5, 24 mikrogram vitamin B9, 0,1 mg vitamin B2, serta 3% dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh kita dari vitamin B3 dan B5.

Buah Alpukat

Buah dan Sayuran Yang Mengandung Vitamin B

Alpukat mengandung beberapa vitamin B seperti B5, B6, dan B9 yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan serta perkembangan sel, memberi energi, menjaga kesehatan kulit, rambut, dan mata. Menjadi sumber nutrisi penting, terutama dalam pemberian vitamin B.

Setiap 100 gr buah alpukat mengandung 1,39 mg vitamin B5, 0,5 mg vitamin B6, 0,1 mg vitamin B1, dan 0,2 mg vitamin B2 yang membantu proses pertumbuhan, mengoptimalkan fungsi otak, produksi sel darah merah, menjaga kesehatan pencernaan, dan memberi energi.

Mengonsumsi buah alpukat secara rutin, kamu juga akan mendapatkan manfaat serta nutrisi lainnya seperti vitamin E, C, K, lemak sehat, serat, protein, dan antioksidan yang memiliki manfaatnya tersendiri dalam menjaga kesehatan jantung serta menjaga berat badan tetap ideal.

Blueberry

Buah dan Sayuran Yang Mengandung Vitamin B

Blueberry mengandung vitamin B kompleks seperti B6, B9, dan B12 yang mempunyai manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita. Setiap 340 gr buah blueberry mengandung 0,05 mg vitamin B1, 0,01 mg vitamin B2, serta mengandung 5% dari total kebutuhan vitamin B6 hariannya.

Vitamin B pada blueberry memiliki peran penting dalam menjaga serta memelihara fungsi dan kesehatan saraf, mendukung pembentukan darah, mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, mencegah obesitas, serta menjaga kesehatan kulit tampak lebih ternutrisi.

Buah Nanas

Buah nanas terdapat beberapa kandungan vitamin B yang meliputi vitamin B1 dan vitamin B6. Keduanya memiliki peran penting seperti pada vitamin B1 yang membantu permasalahan metabolisme tubuh, serta vitamin B6 membantu dalam masalah fungsi otak dan sistem saraf.

Nanas juga terkenal karena khasiatnya yang mampu mempercepat pemulihan luka, karena mengandung vitamin C dan bromelain yang mampu melawan infeksi. Mengkonsumsi nanas secara rutin, kamu akan mendapatkan berbagai nutrisi lainnya yaitu vitamin A, K, dan kalsium.

Buah Peach

Buah peach kaya akan nutrisi yaitu vitamin A, C, potasium, serta vitamin B kompleks seperti B3 (Niasin) yang berfungsi untuk menjaga fungsi saraf dan ada sedikit kandungan vitamin B-6 dan B-9. Walaupun begitu buah peach dilengkapi dengan magnesium, fosfor, dan zat besi.

Mengonsumsi buah peach secara rutin, dapat menghindarkan kamu dari penyakit jantung, dan melindungi kulit dari penuaan dini makanya banyak produk kecantikan yang menggunakan ekstrak peach di dalamnya, serta membantu proses pembentukan energi di dalam tubuh kita.

Lobak

Lobak adalah salah satu sayuran yang mengandung beberapa jenis vitamin B, seperti B1, B2, B6, dan B3. Setiap 100 gr lobak mengandung sekitar 0,020 mg vitamin B1, 1,10 mg vitamin B2, serta 6,50 mg vitamin B3. Vitamin B yang terdapat pada lobak memiliki manfaatnya tersendiri.

Seperti meredakan sakit tenggorokan, melawan infeksi jamur, menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, serta terdapat nutrisi lainnya yang bisa kamu dapatkan. Ada vitamin C, beta-karoten, alpha-karoten, kalsium, sodium, zat besi, dan magnesium.

Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang kaya akan nutrisi, termasuk beberapa vitamin B seperti B6 dan vitamin B9 (Folat) yang berperan dalam sintesis sel darah putih dan merah di sumsum tulang serta B-9 juga sangat berperan penting dalam proses pembentukan DNA dan RNA.

Tidak hanya vitamin B saja, tapi kamu juga akan mendapatkan nutrisi lainnya dari mengkonsumsi asparagus seperti vitamin E, C, D, K, antioksidan tinggi, serat, mineral, inositol, zat besi, magnesium, kalium, fosfor, dan seng, asparagus ini menjadi sumber segala nutrisi,

Kembang Kol

Sayuran yang mengandung vitamin B selanjutnya adalah kembang kol. Ada beberapa vitamin B yang terkandung di dalam kembang kol, dengan memiliki manfaat seperti membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh, memberikan nutrisi, dan membantu perkembangan janin.

Dilengkapi dengan nutrisi lainnya seperti vitamin C, E, A, antioksidan, asam folat, fosfor, kalsium, dan mangan. Memberi khasiat untuk menjaga kesehatan tulang, mencegah pertumbuhan sel kanker dan penyakit jantung, serta bagus untuk melancarkan pencernaan.

Bayam

Bayam menjadi salah satu sayur yang banyak dikonsumsi oleh sejuta umat, mudah diolah dan sekaligus mendapatkan nutrisi baik seperti vitamin B. Kandungan vitamin B yang terdapat pada bayam meliputi vitamin B6, B9, B2, B12, adapun sedikit kandungan B1, dan niacin.

Semua vitamin B kompleks yang ada pada sayur bayam dapat membantu menurunkan resiko cacat tabung saraf pada janin, produksi sel darah merah yang sehat, dengan mengkonsumsi sayur bayam juga dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin B2 bagi tubuh kita.

Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang menjadi sumber vitamin, seperti vitamin A, C, E, K, termasuk vitamin B juga yang meliputi B1, B6, dan folat. Kandungan vitamin dan nutrisi inilah yang memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Tidak hanya itu saja, brokoli juga terdapat kandungan nutrisi lainnya seperti kalium, serat, magnesium, dan fosfor. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang, dan membantu proses metabolisme tubuh, cocok juga buat kamu yang ingin diet sehat.

Itulah beberapa macam jenis buah dan sayuran yang mengandung vitamin B, mungkin perlu untuk kamu ketahui. Cocok dikonsumsi buat kamu yang membutuhkan asupan lebih vitamin B. Cobalah konsumsi buah dan sayuran tersebut secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

Pastikan dibarengi dengan pola makan yang sehat, polah hidup yang sehat, dan rutin olahraga. Karena seberapa banyak nutrisi atau vitamin B yang masuk ke dalam tubuh, tetap akan sia-sia kalau pola hidup masih berantakan dan jarang berolahraga. Good Luck semoga membantu.