Thursday, 20 Jun 2024

10 Buah Untuk Diet Karbo Agar Tetap Kenyang dan Sehat

6 minutes reading
Sunday, 20 Aug 2023 01:52 0 455 Muti Karya

Nesiaverse.com – Bagi kamu yang menjalani diet karbo, kamu harus mengonsumsi jenis buah untuk menutrisi tubuh. Buah sendiri menjadi salah satu jenis pangan yang kaya akan kandungan nutrisi yang tinggi. Selain itu dapat membantu program diet kamu juga. Diantaranya selain melancarkan pencernaan dengan serat yang dikandungnya.

Memang terdapat beberapa jenis buah yang memiliki kandungan karbohidrat di dalamnya. Sehingga bagi kamu yang sedang menjalani program diet karbo, harus berhati-hati memilih jenis buah yang akan dikonsumsi sebagai cemilan dalam program diet kamu. Nantinya diet kamu akan berjalan dengan baik dan lancar juga.

Buah Untuk Diet Karbo Agar Tetap Kenyang dan Sehat

10 Buah Untuk Diet Karbo Agar Tetap Kenyang dan Sehat

Buah-buahan menjadi salah satu menu pilihan yang baik dikonsumsi bersamaan dengan sayuran saat kamu menjalani program diet. Buah-buahan juga bisa kamu jadikan cemilan saat masa diet. Selain sehat nutrisi di dalamnya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Saat kamu menjalani program diet karbo, ada beberapa jenis buah yang baik untuk kamu konsumsi. Sehingga dapat mendukung program diet kamu menjadi lebih baik lagi. 

Buah-buahan memiliki kandungan vitamin, mineral serta serat. Kandungan tersebut penting dan dibutuhkan tubuh untuk pola makan yang sehat. Buah memang pada umumnya memiliki jumlah kalori yang sangat rendah, dibandingkan jenis makanan dan sayuran lainnya. Selain itu nutrisi yang kaya di dalamnya dapat memenuhi kebutuhan tubuh ketika sedang diet. 

Ada banyak buah-buahan yang memiliki kadar kalori dan karbohidrat yang rendah di dalamnya. Namun, kandungan serat di dalamnya sangatlah banyak sehingga dapat mendukung program diet kamu. Berikut beberapa jenis buah-buahan yang dapat membantu untuk program diet karbo kamu. 

Semangka

10 Buah Untuk Diet Karbo Agar Tetap Kenyang dan Sehat

Semangka merupakan salah satu buah yang cocok kamu konsumsi selama masa diet karbo. Buah satu ini masuk ke salah satu jenis buah-buahan yang baik dan dapat membantu penurunan berat badan. Bahkan dilansir dari Food NDTV, dikatakan bahwa buah yang kaya akan kandungan air ini memiliki 30 kalori per 100 gramnya. Sehingga tidak akan mempengaruhi asupan kalori tubuh kamu.

Buah semangka sendiri kaya akan kandungan air, sehingga dapat membantu menghidrasi tubuh dan meminimalkan minuman manis juga. Semangka kaya akan kandungan asam amino arginin yang akan membantu membakar lemak pada tubuh kamu. Makan, buah semangka termasuk deretan buah yang cocok dikonsumsi selama masa diet karbo. 

Jambu Biji

10 Buah Untuk Diet Karbo Agar Tetap Kenyang dan Sehat

Selanjutnya ada buah jambu biji yang masuk ke deretan buah untuk diet karbo. Buah jambu biji sendiri memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan indeks glikemik yang sangat rendah. Dengan mengkonsumsi buah satu ini, kamu akan terhindar dari sembelit. Buah jambu biji memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga akan membantu menurunkan berat badan. 

Buah jambu biji ini juga kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya, yang mana membuatnya masuk ke dalam elemen penting yang diperlukan oleh tubuh. Elemen tersebut digunakan untuk membantu dan meningkatkan proses pembakaran lemak lebih cepat lagi. 

Pir

10 Buah Untuk Diet Karbo Agar Tetap Kenyang dan Sehat

Buah pir termasuk ke dalam buah-buahan yang kaya akan sumber vitamin C yang baik di dalamnya. Artinya, buah pir sangat baik dikonsumsi untuk mendukung proses penurunan berat badan dengan program diet karbo kamu. 

Buah pir juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama lagi. Karena akan dicerna dengan lambat. Pir , termasuk buah yang dikenal memiliki manfaat untuk menjaga kadar kolesterol didalam darah. Buah satu ini cocok untuk mendukung program diet kamu. 

Jeruk

Buah jeruk dinilai sebagai salah satu jenis buah yang berkalori negatif, atau buah yang memiliki kandungan kalori yang sangat sedikit daripada yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah satu ini cocok menemani diet karbo kamu. 

Jeruk adalah salah satu buah yang memiliki jumlah 47 kalori dalam 100 gramnya. Hal ini terbukti memiliki kandungan vitamin C dan serat alami yang sangat berguna untuk program diet karbo kamu, sehingga hasilnya akan jauh lebih baik lagi dan memuaskan. 

Stroberi

Berikutnya ada buah stroberi, yang mana buah beri merah ini akan membantu tubuh untuk memproduksi hormon pembakar lemak, yaitu adiponektin dan leptin. Hormon tersebut dapat membantu juga menghasilkan metabolisme tubuh yang lebih tinggi lagi. Sehingga hasilnya stroberi ini menjadi salah satu buah-buahan yang mampu mendukung diet karbo kamu untuk menurunkan berat badan lebih cepat lagi. Buah satu ini dapat kamu konsumsi secara alami maupun dijadikan cemilan di siang hari. 

Plum

Siapa sangka buah yang kaya akan mineral ini baik untuk mendukung program diet karbo kamu. Mengingat buah plum sendiri memiliki kandungan kalium dan mangan yang tinggi. Kamu juga mendapatkan berbagai macam vitamin di dalamnya, yaitu vitamin A, vitamin C dan vitamin K di dalamnya. 

Buah plum sendiri memiliki kandungan fenol, yang merupakan fitonutrien yang bersifat antioksidan yang cukup kuat. Sebagai salah satu jenis buah yang dapat membantu penurunan berat badan. Buah plum memiliki jumlah kalori yang sangat kecil di dalamnya. Dilansir dari Healthline, kandungan kalori dalam 100 gram buah plum adalah 30 hingga 45 kalori di dalamnya. 

Buah plum sangat kaya akan kandungan serat, dengan begitu akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama lagi. Kandungan gula sorbitol yang bersifat laksatif ini akan bekerja secara pencahar yang akan membantu tubuh lebih cepat untuk menguras air lewat BAB. 

Alpukat

Alpukat juga merupakan salah satu buah yang baik kita konsumsi ketika sedang diet karbo. Banyak orang yang menghindarinya karena dinilai justru akan meningkatkan berat badan. Padahal lemak didalam buah alpukat sendiri adalah lemak sehat. Kamu hanya perlu mengontrol porsi atau jumlah yang dimakan saja. 

Disisi lain, buah alpukat sendiri bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kandungan serat dalam buah alpukat yang baik bagi tubuh. Karena dalam sebuah penelitian dikatakan mengkonsumsi buah alpukat akan meningkatkan perasaan kenyang dan mampu menurunkan nafsu makan seseorang. 

Kiwi

Kiwi merupakan buah yang kaya akan vitamin C, selain itu serat yang tinggi didalamnya akan bekerja dengan baik untuk membantu menurunkan berat badan. Dalam sebuah studi tercatat bahwa buah kiri sendiri masuk ke daftar buah-buahan untuk penurun berat badan. Bahkan mampu membantu dalam mengontrol gula darah hingga tingkat kolesterol seseorang. 

Blackberry

Buah blackberry memiliki jumlah kalori yang kecil sehingga dapat diandalkan sebagai cemilan ketika kamu menjalani program diet. Buah satu ini memiliki kandungan serat larut yaitu pektin didalamnya. Yang mana dapat membantu menekan rasa lapar dalam jangka waktu yang sangat lama. Hal inilah yang akan membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Selain mampu mendukung penurunan berat badan, kamu juga dapat mendapatkan kesehatan tubuh dalam waktu yang bersamaan.

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis buah yang cocok dikonsumsi ketika kamu menjalani program diet karbo. Dengan menjalani program diet satu ini, kamu akan tetap bisa mengkonsumsi kandungan nutrisi yang baik dari buah-buahan diatas. Namun, kamu tetap harus memperhatikan jumlah dan porsi dari buah-buahan yang akan dikonsumsi tersebut.