Monday, 17 Jun 2024

10 Buah yang Baik Untuk Asam Lambung

7 minutes reading
Friday, 19 May 2023 16:34 0 238 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Dimana untuk para penderita asam lambung dalam hal pemilihan makanan memang sangat perlu diperhatikan, karena memang untuk sebagian besar penyebab terjadinya asam lambung naik atau kambuh yang berasal dari salah pilih makanan nah untuk itu ada beberapa buah yang baik untuk asam lambung.

Penyakit asam lambung atau GERD ini yang merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang memengaruhi cincin otot antara kerongkongan dan perut, dimana otot kerongkongan pada bagian bawah yang melemah sehingga menyebabkan kerongkongan yang tetap terbuka.

Asam lambung naik yang ditandai dengan munculnya rasa terbakar di dada dan gejala ini yang muncul minimal 2 kali dalam seminggu, untuk penyakit ini yang dapat dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Sehingga dengan begitu untuk mereka yang memiliki asam lambung sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi karena makanan sembarangan menjadi salah satu faktor penyebab asam lambung naik.

Salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh asam lambung yaitu buah-buahan,untuk jenis buah yang baik untuk asam lambung ini yang buah dengan memiliki rasa yang tidak terlalu asam seperti buah Kelapa, Melon, Semangka dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja jenis buah yang baik dikonsumsi untuk asam lambung, maka untuk mengatasinya bisa dengan simak penjelasannya disini.

Buah yang Baik Untuk Asam Lambung

Sudah tidak heran jika untuk penderita asam lambung yang perlu memperhatikan pemilihan makanan yang akan dimakan baik itu makanan maupun minuman bahkan buah-buahan, karena memang terdapat beberapa jenis buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Untuk jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung yaitu buah yang memiliki rasa atau kandungan asam yang tinggi karena bisa meningkatkan produksi asam lambung, bahkan tidak hanya itu saja buah dengan memiliki rasa asam yang dapat membuat lapisan kerongkongan dan juga lambung mengalami iritasi.

Hal  tersebut tentu saja dapat memperparah gejala dari asam lambung seperti mual, nyeri dada, muntah, heartburn bahkan kesulitan untuk menelan, tetapi jangan khawatir karena masih terdapat beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Dimana untuk jenis buah yang baik untuk asam lambung yaitu buah dengan memiliki pH tinggi atau memiliki tingkat keasaman rendah, hal ini yang tidak akan membuat produksi asam lambung yang menjadi meningkat adapun untuk beberapa jenis buahnya yaitu sebagai berikut.

Buah Kelapa

Buah yang Baik Untuk Asam Lambung

Buah Kelapa yang bisa dikatakan menjadi salah satu buah yang tidak memiliki rasa asam sehingga dengan begitu buah Kelapa ini menjadi salah satu jenis buah yang baik untuk asam lambung, bahkan buah Kelapa ini  yang aman dikonsumsi pada saat asam lambung naik atau kambuh.

Buah Kelapa yang tidak hanya memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan lambung saja, tetapi jenis buah yang satu ini memiliki air didalamnya yang sangat segar yang dapat meningkatkan fungsi otak dan juga dapat membantu menurunkan penyakit jantung dan stroke.

Buah Apel

Buah Apel menjadi salah satu jenis buah yang baik untuk asam lambung, hal ini dikarenakan untuk jenis buah Apel ini yang memiliki tingkat keasaman yang sangat rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Bahkan selain itu juga buah Apel yang memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat memberikan manfaat lainnya yang dapat membuat kamu menjadi merasa kenyang dalam kurun waktu yang cukup lama dan juga membantu untuk menurunkan tingkat kolesterol serat mencegah mengalami kenaikan kadar gula darah yang melonjak.

Buah Semangka

Buah Semangka yang menjadi salah satu buah yang baik untuk asam lambung yang dapat kamu ketahui, dimana buah Semangka ini yang memiliki banyak kandungan air dan pH yang sangat tinggi yaitu 5,2 hingga 6,7 sehingga buah Semangka ini yang aman dikonsumsi oleh para penderita asam lambung.

Buah Semangka juga yang memiliki kandungan antioksidan yaitu likopen yang memiliki peran penting untuk membantu mencegah kerusakan sel di dalam tubuh, bahkan buah Semangka juga yang baik dikonsumsi untuk memberikan berbagai manfaat lainnya membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Buah Pisang

Salah satu jenis buah yang baik untuk asam lambung yaitu buah Pisang dimana buah ini yang memiliki kadar asam yang rendah sehingga dengan begitu aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung, selain itu juga buah Pisang yang mengandung serat di dalamnya yang sangat bagus untuk membantu menjaga kesehatan pada sistem pencernaan.

Jika sistem pencernaan semakin sehat maka akan semakin rendah juga mengalami risiko terserang penyakit asam lambung, bahkan buah Pisang juga yang tidak hanya mengandung banyak serat saja  tetapi terdapat kandungan nutrisi lainnya seperti kalium, vitamin B6, dan juga elektrolit yang berguna untuk kesehatan jantung dan juga tulang.

Buah Pir

Buah Pir menjadi salah satu jenis buah yang baik untuk asam lambung dengan kandungan air didalamnya yang tinggi, sehingga memiliki peran aktif dalam memasok cairan alami dan juga membantu untuk mencegah dehidrasi di dalam tubuh.

Buah Pir yang aman dikonsumsi untuk mereka yang mengidap penyakit asma lambung yang dikarenakan buah ini memiliki kandungan asam yang rendah, bahkan selain itu juga buah Pir yang memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh.

Buah Pepaya

Buah Pepaya yang memiliki rasa yang manis dan bisa memberikan beragam manfaat kesehatan seperti membantu melawan asma, masalah penyakit kanker, diabetes, tulang dan juga jantung, selain itu buah Pepaya juga yang menjadi salah satu jenis buah yang baik untuk asam lambung.

Buah Pepaya yang memiliki kandungan beta karoten, kalsium, dan juga vitamin K yang menjadi sumber vitamin A yang tinggi, selain itu juga memiliki kandungan enzim yang dikenal dengan nama papain yang dapat membantu untuk meningkatkan sistem pencernaan dan juga membantu mengurangi heartburn.

Buah Ara

Buah yang baik untuk asam lambung yang lainnya yaitu buah Ara dimana buah ini yang memiliki kandungan mineral, kalsium zat besi, gula alami dan juga kalsium di dalamnya yang dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh,.

Bahkan selain itu juga buah Ara ini yang memiliki kandungan serat didalamnya yang berfungsi untuk membantu dalam menyembuhkan peradangan usus dan juga masalah sistem pencernaan, dengan kandungan gula yang tinggi membuat buah Ara ini yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Buah Melon

Buah Melon yang memiliki kadar asam yang sangat rendah sehingga buah Melon ini yang aman dikonsumsi untuk mereka yang memiliki penyakit asam lambung, buah Melon ini yang termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang baik untuk asam lambung.

Dimana buah Melon yang segar ini yang memiliki kandungan kalium di dalamnya yang dapat memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan jantung, selain itu juga diperkaya dengan kandungan antioksidan yang memiliki peran penting untuk membantu mencegah terjadinya peradangan.

Buah Persik

Buah Persik yang memiliki bentuk kecil namun memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, kalsium, magnesium dan juga zat besi, dengan beragam kandungan ini yang dapat memberikan manfaat seperti membantu untuk mengatasi penyakit kanker kolorektal, diabetes dan juga masalah kulit.

Bahkan buah Persik juga yang memiliki kandungan asam yang rendah sehingga buah ini yang baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit asam lambung, sehingga dengan begitu buah Persik ini menjadi salah satu jenis buah yang baik untuk asam lambung.

Buah Alpukat

Untuk jenis buah yang baik untuk asam lambung yang terakhir yaitu buah Alpukat yang dimana buah ini yang dapat dijadikan sebagai jus yang bisa memberikan manfaat untuk penderita asam lambung menjadi dapat bernafas dengan lega, hal ini dikarenakan daging buah Alpukat ini yang memiliki tekstur lembut dan halus sehingga dapat dikatakan rendah asam.

Mungkin hanya itu saja beberapa jenis buah yang baik untuk asam lambung yang perlu kamu ketahui dan untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat untuk kesehatan sistem pencernaan tentu saja perlu mengkonsumsinya secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.