3 Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Haid

5 minutes reading
Sunday, 3 Sep 2023 00:57 0 14 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Tidak semua wanita mengetahui ternyata ada beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan pada saat haid, hal tersebut tentu saja ada alasannya lalu apa saja buah yang tidak boleh dikonsumsi saat haid? Untuk mengetahuinya bisa simak ulasan dibawah ini.

Biasanya menjelang haid untuk beberapa wanita yang kemungkinan mengalami nyeri haid yang tentu saja sangat mengganggu bukan, maka dari itu sangat penting untuk selalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi selama masa haid berlangsung.

Karena hal tersebut yang sangat berpengaruh terhadap tingkat sakit yang dialami pada saat sedang haid oleh para wanita, dengan menjaga pola makan bertujuan agar tidak memperparah nyeri haid yang sedang dialaminya.

Salah satunya memperhatikan jenis buah yang akan dimakan pada saat haid karena ternyata terdapat beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan, hal ini dikhawatirkan jika mengkonsumsi beberapa jenis buah tersebut yang dapat menyebabkan masalah lainnya pada kesehatan kamu.

Nah untuk mengetahui dengan beberapa jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi saat haid yang harus dihindari agar tidak berpengaruh buruk pada nyeri haid dan juga kembung yang sedang dialami, maka untuk mengatasinya bisa dengan simak ulasannya disini.

Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Haid

Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Haid

Pada saat haid tidak sedikit para wanita yang mungkin mengalami berbagai gejala membuat kamu menjadi merasa tidak nyaman seperti kembung, nyeri perut, pusing hingga nyeri di bagian payudara, hal ini yang dikarenakan selama haid dinding rahim yang berkontraksi sehingga menekan pembuluh darah pada sekitarnya.

Namun ternyata terdapat beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi saat haid yang akan membuat nyeri haid yang dialami menjadi lebih parah, sehingga untuk mengantisipasi gejala haid semakin parah maka perlu menghindari berbagai jenis buah-buahan tersebut.

Adapun untuk beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi saat haid yaitu sebagai berikut:

Buah Semangka

Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Haid

Menurut Chief Executive Officer (CEO) Klinik Sinshe Phan, Sinshe Lenny Phan yang menyatakan bahwa buah Semangka yang memiliki sifat dingin dan pada saat dikonsumsi pada masa haid yang akan membuat haid menjadi tidak lancar dan bisa menyebabkan sakit perut.

Dengan mengkonsumsi buah Semangka dalam jumlah yang banyak dapat menimbulkan masalah sistem pencernaan seperti kembung, diare, gas dan yang lainnya, jika mengkonsumsi buah Semangka saat haid maka bisa memperparah keadaan nyeri haid dan juga perut kembung.

Sehingga dengan begitu mengapa mengkonsumsi buah Semangka yang tidak dianjurkan pada saat haid, namun jika kamu benar-benar ingin makan buah Semangka maka masih bisa memakannya menjelang jadi tiba asalkan dalam jumlah yang pas tidak berlebihan.

Buah Pepaya Setengah Matang

Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Haid

Sebuah penelitian yang menyatakan bahwa buah Pepaya mentah atau setengah matang tidak aman untuk dikonsumsi selama haid dan kehamilan, karena untuk buah Pepaya mentah atau setengah matang ini yang bisa menyebabkan kontraksi spasmodik rahim yang mirip dengan kontraksi yang dihasilkan hormon oksitosin.

Kandungan papain dalam buah Pepaya ini merupakan enzim yang bisa meningkatkan kontraksi rahim dan juga menyebabkan rasa sakit serta ketidaknyamanan pada saat haid atau menstruasi, segera hentikan jika merasa sakit atau tidak nyaman setelah memakan buah Pepaya.

Oleh karena itu mengapa buah Pepaya setengah matang tersebut yang termasuk ke dalam salah satu buah yang tidak boleh dikonsumsi saat haid, tetapi demikian kamu yang masih bisa mengkonsumsi buah Pepaya yang benar-benar sudah matang pada saat haid.

Buah Tomat

Untuk jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi saat haid lainnya yaitu ada buah Tomat karena bahan alami ini yang dapat membuat penyerangan zat besi menjadi terhambat dan terganggu, jika penyerapan zat besi terhambat apalagi pada saat darah haid sedang keluar yang dapat menyebabkan anemia atau kurang kurang darah.

Selain itu buah Tomat juga yang diketahui mengandung asam sitrat dan asam malat didalamnya yang bisa meningkatkan kadar asam perut, dengan mengkonsumsi buah Tomat dalam jumlah yang banyak atau berlebihan bisa menyebabkan produksi asam lambung berlebih.

Sehingga dengan begitu buah Tomat ini yang tidak dianjurkan dimakan pada saat haid karena bisa berpengaruh terhadap nyeri haid yang sedang dialami, bahkan selain itu juga buah Tomat juga yang bisa memperparah keadaan kamu saat haid.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Haid

Bahkan tidak hanya beberapa jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi saat haid saja namun ada juga beberapa jenis makanan dan minuman yang dihindari untuk dikonsumsi adapun untuk beberapa jenis makanan dan minuman tersebut yaitu sebagai berikut:

Olahan Kaleng

Untuk makanan kaleng, daging olahan serta barang-barang yang lainnya telah dibuat dengan menggunakan bahan kimia serta pengawet bisa memperburuk kembung dan juga retensi air dan termasuk juga buah buahan di dalam kaleng.

Hal ini dikarenakan kadar natrium yang tinggi didalam buah buahan di dalam kaleng yang tidak sehat setiap saat sepanjang bulang, tetapi mereka yang akan melakukan lebih banyak kerusakan selama haid atau menstruasi kamu.

Alkohol

Minuman alkohol menjadi salah satu minuman yang harus dihindari pada saat haid hal ini yang dikarenakan dengan kehilangan darah pada saat haid yang dapat menyebabkan turunnya tekanan darah, sehingga membuat kamu menjadi lebih rentan terhadap efek samping alkohol dan ini memperburuk kelelahan serta meningkatkan aliran haid.

Makanan Manis

Pada saat haid atau menstruasi coba untuk menghindari cemilan yang manis-manis karena hal ini yang dapat membuat perut kembung dan gas, gula tinggi yang singkat tentunya akan menyebabkan kecelakaan yang besar sehingga membuat kamu menjadi merasa lebih buruk.

Makanan Pedas

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat haid yaitu makanan pedas yang bisa menambah gas dan kembung ke daftar penyakit, jika tidak bisa menghentikan makanan pedas lebih baik untuk memilih pilihan yang lebih sehat seperti cabai segar.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi saat haid yang perlu kamu ketahui dan harus dihindari, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.