Monday, 15 Apr 2024

7 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat Batuk

6 minutes reading
Saturday, 16 Dec 2023 19:58 0 46 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pada dasarnya mengkonsumsi buah-buahan yang memang membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan bahkan mampu mempercepat pemulihan batuk, tetapi terdapat buah yang tidak boleh dimakan saat batuk yang bisa memperparah kondisinya.

Batuk sendiri merupakan mekanisme pertahanan alami tubuh untuk bisa mencegah masuknya partikel berbahaya seperti debu, bakteri maupun virus masuk ke dalam sistem pernapasan, jika sesekali batuk yang merupakan hal normal dan wajar terjadi tetapi jika terus menerus batuk terjadi, gatal dan juga mengganggu.

Mengalami batuk yang selain dapat mengganggu aktivitas namun batuk juga yang terus menerus terjadi tentu saja bisa melelahkan dan bahkan bisa mengganggu waktu istirahat atau tidur, kondisi batuk ini yang bisa diatasi dengan menggunakan beberapa obat-obatan tersedia di apotek atau obat alami.

Namun selain dengan menggunakan obat-obatan di apotek atau obat alami alami, kamu yang sedang mengalami batuk juga yang dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang bisa membantu meredakan batuk dan juga mempercepat proses pemulihan.

Tetapi sebenarnya tidak terdapat jenis buah yang bisa bikin batuk terkecuali kamu yang memiliki alergi terhadap buah tersebut, disamping itu dengan menghindari mengkonsumsi makanan tertentu saat batuk dapat mengurangi keluhan yang sedang dialami.

Diantaranya jenis makanan yan dimaksud yaitu buah, pada dasarnya memang buah-buahan sangat menyehatkan dan bahkan kamu juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pada setiap harinya, tetapi terdapat beberapa jenis buah-buahan yang tidak bisa atau tidak boleh dikonsumsi saat batuk berlangsung.

Untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja jenis buah yang tidak boleh dimakan saat batuk tersebut, maka kamu bisa dengan simak ulasannya dibawah ini dengan sesama.

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat Batuk

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat Batuk

Buah yang memang menyehatkan untuk tubuh, tetapi sedikit orang yang tahu ternyata terdapat beberapa jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi pada saat sedang batuk, hal ini diduga beberapa jenis buah tersebut bisa bikin batuk dikarenakan kandungan zat histamin didalamnya.

Kandungan zat histamin tersebut merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk merespon pemicu alergi atau alergen, , dengan kadar histamin berlebihan terdapat dalam tubuh bisa memicu respon alergi dan memperberat gejala batuk, bersin, mata berair serta gatal-gatal.

Bahkan selain itu juga buah yang mengandung asam sitrat didalamnya juga dapat menyebabkan batuk, adapun untuk beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan saat batuk bisa kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Buah Pisang

Walaupun buah pisang yang kaya akan serat dan gizi yang lainnya buah pisang tersebut tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak atau berlebihan pada saat batuk, karena kandungan histamin di dalam buah pisang yang cukup tinggi.

Kandungan histamin sendiri merupakan zat diproduksi oleh sistem imun pada saat tubuh yang terpapar pemicu alergi, dengan mengkonsumsi makanan mengandung histamin bisa menyebabkan peradangan dan juga iritasi pada tenggorokan dan ini akan membuat batuk tidak kunjung reda.

Buah Kiwi

Buah kiri merupakan salah satu jenis buah yang menyegarkan dan memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya yang tinggi, walaupun demikian buah kiwi termasuk jenis buah yang tidak boleh dimakan saat batuk perlu kamu ketahui.

Karena buah kiwi juga yang mengandung histamin didalamnya bisa memperburuk gejala batuk pada pengidap alergi, histamin dapat menyebabkan pilek, peradangan dan bersih, jika kamu sedang batuk maka sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah kiwi atau membatasi asupannya dengan jumlah kecil.

Buah Nanas

Dimana untuk sebagian orang memakan buah nanas untuk membantu meredakan batuk berdahak, dengan kandungan air yang tinggi terdapat dalam buah nanas dipercaya bisa membantu melegakan saluran pernapasan.

Bahkan selain itu juga buah nanas mengandung enzim bromelin dan enzim tersebut dapat membantu memecah protein mengurangi peradangan dan mengencerkan dahak, tetapi bromelin juga dapat memicu alergi untuk sebagian orang  dan kondisi seperti ini ditandai dengan adanya gejala seperti kesulitan bernapas, muntah dan mual.

Buah Jeruk

Buah Jeruk kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya dengan asupan vitamin tersebut secara rutin yang sudah terbukti bisa membantu dalam mengurangi gejala batuk pilek pada anak-anak maupun orang dewasa, tetapi walaupun demikian kandungan asam di dalam buah jeruk yang tinggi bisa berpotensi mengiritasi tenggorokan.

Tentu saja hal tersebut yang dapat meningkatkan produksi dahak di dalam saluran pernapasan, untuk pengidap penyakit refluks asam lambung (GERD), dengan mengkonsumsi jeruk yang bisa memicu kenaikan asam lambung sehingga dapat memperparah batuk kering.

Buah Alpukat

Untuk beberapa orang yang beranggapan bahwa buah alpukat adalah jenis buah yang dapat menyebabkan batuk namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, dimana sebuah studi yang menyebutkan bahwa buah alpukat mempunyai kadar histamin tinggi di dalamnya yaitu 23 miligram per kilogram.

Dengan kandungan vitamin dalam buah alpukat yang tinggi dapat memicu respon kekebalan tubuh ditandai dengan sesak napas, sakit kepala, dan mengi, untuk beberapa kasus hal ini dapat memicu alergi parah atau anafilaksis sehingga buah alpukat termasuk jenis buah yang tidak boleh dimakan saat batuk.

Buah Pepaya

Selanjutnya jenis buah yang tidak boleh dimakan saat batuk yaitu ada buah pepaya, dengan mengkonsumsi buah pepaya untuk beberapa orang yang bisa memicu iritasi tenggorokan dapat memperparah batuk yang sedang dialaminya.

Buah pepaya harus dihindari pada saat batuk karena mengandung enzim papain didalamnya berpotensi sebagai alergen, dengan terlalu banyak mengkonsumsi buah pepaya yang dapat menyebabkan munculnya gejala gangguan pernapasan seperti mengi dan juga sesak napas.

Buah Strawberry

Sebuah penelitian yang telah menemukan bahwa buah strawberry yang dapat meningkatkan kadar histamin dari dalam tubuh, tentu saja hal ini bisa menyebabkan terjadinya reaksi alergi pada beberapa kalangan sehingga buah strawberry termasuk jenis buah yang tidak boleh dimakan ketika kamu batuk.

Ditambah lagi dengan buah strawberry ini mengandung asam sitrat serta salisilat didalamnya dapat membuat batuk menjadi semakin parah, kelompok buah-buahan berikut termasuk juga strawberry dan raspberry juga mempunyai biji-biji ukuran kecil mungkin dapat mengiritasi tenggorokan.

Perlu kamu ketahui dan ingat bahwa setiap orang yang memiliki reaksi berbeda-beda terhadap beberapa buah yang tidak boleh dimakan saat batuk di atas, sehingga sebaiknya untuk mencoba serta megawati reaksi muncul pada tubuh untuk bisa mengetahui makanan mana sebaiknya dihindari.

Selain itu juga kamu perlu menghindari pantangan saat batuk juga seperti memakan makanan pedas, gorengan dan minuman bersoda yang bisa memperparah gejalanya dan bisa membuat pemulihan menjadi lebih lama, jika tidak sembuh-sembuh batuknya segera konsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjutnya.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan saat batuk yang bisa kamu ketahui dan hindari saat sedang batuk agar cepat sembuh, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.