Monday, 17 Jun 2024

Cara Agar Bayi Cepat Gemuk Dengan Asi dan Susu Formula

6 minutes reading
Tuesday, 18 Jul 2023 17:02 0 200 Muti Karya

Nesiaverse.com – Pemberian ASI dan susu formula yang tepat merupakan salah satu cara agar bayi dapat gemuk dengan cepat. Susu formula memang menjadi susu pilihan untuk bayi ketika sang ibu sudah atasi tidak bisa memberikan ASI lagi. Penggunaan dan manfaat susu formal sendiri memang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sang bayi berdasarkan usianya. 

Sebagian lagi, ada para ibu yang mengeluh karena tidak mampu membuat bayi tampak gemuk dan sehat ketika memberinya ASI. Karena jika sang bayi jauh dari berat normal pada usianya, maka terdapat nutrisi yang kurang. Maka, tidak sedikit ibu ibu yang mencari cara untuk membuat bayinya berisi dan nampak gemuk dengan memberikan ASI maupun susu formula

Cara Agar Bayi Cepat Gemuk Dengan Asi dan Susu Formula

Cara Agar Bayi Cepat Gemuk Dengan Asi dan Susu Formula

Jika kamu adalah seorang ibu yang memberikan ASI, namun bayi kamu tidak nampak gemuk tapi sehat terkadang orang menganggap bayi kamu kekurangan nutrisi. Sehingga tidak jarang terdapat pikiran untuk memberikan cara doping dari segi ASI maupun susu formula agar si kecil nampak gemuk namun sehat. 

Adapun bayi yang nampak krusu, padahal bayi ini minum susu formula,dikarenakan sang ibu terkendala soal pemberian ASInya yang sedikit atau alasan lainnya yang tidak bisa memberinya ASI secara langsung. Tentunya kamu akan kebingungan. Maka, berikut beberapa cara yang bisa kamu perhatikan untuk membuat bayi gemuk namun sehat dengan ASI dan susu formula. 

Memastikan Memberi Asi dengan Posisi yang Baik

Saat memberikan ASI, kamu harus memastikan posisi bayi melekat pada puting susu dengan benar dan nyaman. Karena jika proses pelekatan tidak benar hal tersebut akan membuat sang bayi merasa tidak nyaman, dan proses menyusui akan terhambat. Maka, pastikan posisinya sudah tepat dan nyaman. Jika bayi memiliki kesulitan melekat pada puting susu kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter ahli untuk mengetahui tindakan yang lebih tepat. 

Jadwal Menyusui yang Tepat

Jadwal memberikan ASI merupakan suatu hal yang penting. Maka, kamu harus memastikan kebutuhan ASI bagi sang bayi pada umumnya kamu bisa menyusui setiap 2 hingga 3 jam sekali. Khususnya ketika sang bayi menunjukan tanda-tanda lapar. 

Menjaga Bayi saat Menyusui

Meskipun nampak sepele, namun dengan menjaga bayi agar tetap terjaga selama menyusui akan meningkatkan kualitas ASI dan proses menyusui yang baik. Maka, pastikan bayi dalam posisi terjaga atau bangu, ketika si kecil sedang menyusu. Kamu harus memberikan rasa nyaman ketika si kecil menyusu, ubahlah posisi menyusu dan sesekali menggelitik kakinya agar si kecil terjaga dan tidak tidur. 

Jangan Terlalu Cepat Menghentikan Bayi Menyusu

Selanjutnya, kamu tidak boleh terlalu cepat menghentikan asupan ASI pada bayi ketika menyusu. Pastikan sang bayi sudah kenyang, sehingga asupan dan kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi. 

Memberikan Variasi Nutrisi

Untuk meningkatkan berat badan si kecil, kamu harus memberikan MPASI, aturan makanan pendamping ASI yang berkualitas. Pemberian nutrisi yang berkualitas untuk si kecil sangatlah penting. Hal inilah yang akan mengoptimalkan kenaikan berat badan pada sang bayi dalam 2 tahun pertama dalam kehidupannya. 

Kamu harus memberikan variasi menu, agar kamu tidak memberikan MPASI yang membosankan. Maka, berilah si kecil pengalaman yang menyenangkan dengan mengenalkannya berbagai rasa dan sensasi.

Sering Menggendong Bayi

Ketika bayi baru lahir, hal yang paling dibutuhkan adalah rasa nyaman. Maka, seringlah untuk menggendong si kecil, hal ini guna untuk meningkatkan rasa nyaman si kecil. Selain itu mampu membantu untuk meningkatkan berat badan si kecil sesuai pola perkembangan bayi pada umumnya. 

Mengonsumsi Makanan Yang Kaya Kandungan dan Nutrisi

Sebagai ibu yang memberikan ASI, apa yang kamu makan akan diterima bayi melalui ASI. Maka, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan memenuhi kebutuhan si kecil, jauhilah mengonsumsi makanan yang tidak sehat atau pedas, karena akan diterima oleh si kecil juga. Jika kamu ingin bayimu sehat dan gemuk, pastikan kamu mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan yang sehat, karena sumber protein, karbohidrat juga lemak seat bisa didapatkan darinya. 

Memastikan Bayi Tidur Dengan Cukup

Selain memperhatikan nutrisi dan cara meningkatkan rasa kenyamanan, waktu tidur merupakan suatu hal yang penting bagi si kecil. Maka, pastikan bayi memiliki waktu tidur yang cukup. Kamu tidak perlu membangunkan si kecil hanya untuk bermain, pastikan terlebih dahulu kebutuhan tidur dan siridhata si kecil sudah terpenuhi. Dengan mendapatkan cukup ASI, rasa nyaman, nutrisi, MPASI dan waktu istirahat yang cukup. Maka sang bayi terawat dengan baik,sehingga mudah baginya untuk naik berat badan atau gemuk. 

Jika kamu adalah seorang ibu yang memberikan susu formula, namun sang bayi tetap nampak kurus ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yaitu mengenai cara memberikan susu formula yang tepat. Berikut beberapa cara untuk membuat bayi gemuk dengan susu formula.

Menggunakan Susu Formula Yang Cocok

Hal pertama yang harus kamu lakukan dan perhatikan adalah pemilihan susu formula yang tepat. Hal ini memiliki pengaruh yang besar bagi kesehatan dalam memenuhi kebutuhan si kecil. Pilihlah susu yang tidak menyebabkan bayi mengalami alergi susu, maupun adanya intoleransi laktosa. 

Intoleransi laktosa hingga alergi susu mampu menyebabkan pemberian susu formula pada si bayi tidak bekerja dengan baik. Sehingga si kecil tidak akan gemuk dan pertumbuhannya terhambat. Maka, perhatikanlah pemilihan susu formula yang tepat. Karena pemilihan susu formula yang salah akan menghambat kenaikan berat badan sang anak. Susu formula yang tepat akan membantu pertumbuhan si kecil hingga meniakan berat badans ecara signifikan, sehingga bayi akan terlihat gemuk.

Memperhatikan Komposisi Susu Formula

Dalam memiliki susu untuk bayi, kamu harus memperhatikan komposisi susu formulanya. Susu formula untuk bayi agar cepat gemuk haruslah memiliki kandungan nutrisi tertentu. Kandungan nutrisi pada susu formula bayi yang akan membuatnya mudah gemuk adalah yang memiliki kandungan protein, karbohidrat dan omega 6 yang baik. 

Seperti yang diketahui, bahwa karbohidrat, merupakan salah satu nutrisi asupan kalori yang akan disimpan dalam bentuk lemak pada tubuh. Sementara protein sendiri memiliki fungsi untuk pembentukan dan pertumbuhan masa itit si kecil. Hal tersebut terdapat pada riset di Journal International Society of Sport Nutrition. Kemudian ada Omega-6 yang mampu menambahkan massa lemak sehat pada tubuh bayi. Maka, nantinya akan mempengaruhi berat badan si kecil. Sehingga perhatikanlah komposisi susu formula untuk si kecil. 

Jadwal Pemberian Susu Formula

Jadwal untuk pemberian susu formula si kecil juga sangatlah penting. Pasalnya dengan memberikan susu formula yang rutin sesuai jadwal yang ditentukan. Sehingga asupan dan kebutuhan sang bayi terpenuhi. Kamu bisa memberikannya diwaktu yang sudah terjadwal. Pastikan kamu tidak terlambat memberikannya asupan susu formula, karena jika terlambat akan membuat bayi mengalami gangguan pertumbuhan dan sulit untuk gemuk. 

Memastikan Bayi Kenyang

Selain jadwal yang tepat, kamu juga harus memperhatikan jika bayi sudah kenyang atau belum ketika mengonsumsi susu. Bila bayi belum kenyang, maka tentunya jumlah asupan susu formula belum cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Maka, pastikan kamu memenuhi kebutuhannya sehingga bayi tidak memberikan sinyal jika masih lapar atau belum kenyang. 

Demikian pembahasan mengenai tata cara untuk membantu bayi agar cepat gemuk dengan asupan ASI maupun susu formula. Kamu bisa melakukan konsultasi pada ahlinya untuk menciptakan tata cara perawatan yang lebih baik lagi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil dengan baik dan benar.