Thursday, 20 Jun 2024

Cara Agar Muka Tidak Kusam Sepanjang Hari

6 minutes reading
Monday, 25 Sep 2023 00:07 0 200 Muti Karya

Nesiaverse.com – Penting untuk mengetahui cara agar kulit muka tidak kusam, bahkan efeknya bisa dirasakan sepanjang hari.Tidak sedikit orang yang mendambakan memiliki kulit sehat, kenyal dan bersinar. Namun, tidak sedikit juga yang memiliki permasalahan kulit kusam, sehingga kulit berdampak terlihat tidak sehat, tidak cerah bahkan memiliki bintik-bintik hitam. Hal inilah yang akan membuat seseorang akan tampak terlihat lebih tidak sehat dan tua. 

Kulit wajah yang kusam itu memiliki banyak penyebab dan variasi penyebabnya. Kekurangan vitamin C, terpapar sinar UV tanpa perlindungan dan minimnya aktivitas eksfoliasi adalah salah satu faktor penyebabnya. Sementara dari faktor internal bisa dikarenakan kurang mengkonsumsi minum air putih, hingga pola makan dan pola tidur yang tidak baik.

Cara Agar Muka Tidak Kusam Sepanjang Hari 

Cara Agar Muka Tidak Kusam Sepanjang Hari

Memiliki kulit muka yang kusam dapat menurunkan rasa percaya diri. Sehingga sebagai salah satu usaha yang dapat kamu lakukan adalah mengetahui cara agar muka tidak kusam sepanjang hari. Cara ini dapat kamu lakukan untuk mengatasi permasalah kulit muka tidak kusam dan terlihat tidak sehat. 

Wajah kusam bisa dikarenakan banyak faktor, baik secara eksternal maupun internal. Sehingga dengan mengetahui penyebabnya akan mudah untuk mengatasi permasalah tersebut. Ketika kulit muka rentan mengalami kekeringan , maka akan menyebabkan kusam hal ini dikarenakan adanya asupan cairan yang kurang dalam tubuh. 

Nah, berikut kami sudah merangkum beberapa cara agar muka kamu tidak kusam sepanjang hari. 

Perawatan Kulit Yang Lengkap

Cara agar muka tidak kusam sepanjang hari yang dapat kamu lakukan adalah dengan memulai perawatan kulit lengkap. Dengan melakukan perawatan kulit secara maksimal ini dapat membantu untuk merawat kulit yang kusam untuk kembali sehat. Perawatan kulit yang rutin tidak hanya mencuci wajah menggunakan face wash saja, namun kamu dianjurkan untuk menggunakan rangkaian facial foam, toner, serum, day cream, sunscreen hingga night cream.

Dengan melakukan rangkaian tersebut maka kamu dapat mengatasi kulit wajah kusam menjadi lebih lembab lagi. Kemudian dengan melakukan rangkaian skin care ini akan membantu untuk mengubah wajah yang kusam dan kering, menjadi lebih cerah, lembab dan glowing. Sehingga akan memperbaiki tekstur kulit juga. 

Lakukan Olahraga 

Ada beberapa jenis olahraga yang dapat mengatasi permasalahan kulit kusam. Olahraga tidak hanya berdampak baik bagi kesehatan saja. namun berdampak juga untuk kecantikan kulit. Kamu dapat mengatasi permasalah kecantikan kulit dengan melakukan aktivitas olahraga, Olahraga-olahraga ini merupakan jenis olahraga yang cocok dilakukan pada pagi hari, ketika udara masih segar. 

Ketika kamu aktif melakukan aktivitas olahraga, maka darah akan dipompa dan sirkulasi oksigen di seluruh tubuh akan menjadi lebih lancar, termasuk di dalam kulit. Nantinya kulit akan menjadi lebih sehat, tidak kendur dan meningkatkan kekencangan atau awet muda. Hindarilah olahraga high impact, karena olahraga dengan intensitas tinggi di dalam ruangan dapat berbalik dan menyebabkan kulit mengalami peradangan seperti berjerawat atau menggelap. 

Bersihkan Kulit Wajah Dua Kali Sehari

Berikutnya, agar kulit wajah kamu tidak kusam kamu harus membiasakan diri untuk membersihkan wajah sebanyak 2 kali sehari. Kamu dianjurkan untuk mencuci wajah sebelum beraktivitas di pagi hari dan mencuci muka kembali pada malam hari, sebelum waktu tidur. Kamu disarankan menggunakan produk pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Pakailah produk yang cocok, dan hindari produk yang tidak sesuai.

Menggunakan Sheet Mask

Cara untuk mengatasi wajah muka yang kusam adalah dengan mulai merawat wajah menggunakan sheet mask. Produk sheet mask ini dapat dan bisa membantu kamu untuk mengatasi muka kusam. Kamu dianjurkan untuk menggunakan produk satu ini karena tidak hanya dapat mencerahkan wajah saja namun dapat melembabkan kulit juga. 

Ada banyak sheet mask yang memiliki beragam khasiat, karena dapat membantu dengan menghidrasi kulit wajah yang kusam. Nantinya kulit kamu akan menjadi lebih lembab karena terhidrasi dengan baik juga. Kamu dianjurkan menggunakan sheet mask seminggu sekali. disertai perawatan kulit lainnya. 

Disiplin Menggunakan Tabir Surya

Tabir surya merupakan salah satu produk perawatan kulit yang mana wajib digunakan sehari-hari. Karena tabir surya merupakan produk yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, bahkan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Tabir surya memiliki manfaat yang baik untuk wajah, dimana kamu dapat merasakan efeknya ketika digunakan dalam jangka waktu panjang.

Karena tabir surya ini mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Tabir surya ini bermanfaat untuk menghindari kulit wajah dari bintik hitam yang akan membuat kulit hitam dan mulai terlihat kusam. Pastikan juga kamu tidak menggunakan tabir surya lebih dari 2 ruas jari. 

Rutin Melakukan Eksfoliasi Wajah

Sel kulit mati yang menumpuk, bisa menjadi penyebab utama wajah menjadi lebih kusam. Hal ini merupakan salah satu hal yang terjadi ketika kamu jarang atau bahkan tidak pernah melakukan eksfoliasi. Kamu disarankan untuk melakukan eksfoliasi wajah secara rutin, yaitu 2 kali dalam seminggu. 

Kamu juga harus mengingat, frekuensi dalam melakukan aktivitas eksfoliasi ini harus disesuaikan juga dengan kondisi kulit kamu. Jika memiliki kulit yang sensitif, maka kamu disarankan melakukannya 1 kali dalam seminggu. Namun, jika kamu memiliki kondisi kulit wajah yang normal kamu dapat melakukan eksfoliasi wajah sebanyak 2 kali dalam seminggu. Sesuaikan saja dengan kondisi kulit. Pastikan juga setelah selesai eksfoliasi wajah kamu harus mencuci muka agar dapat dibersihkan. 

Tidak Merokok dan Menghindari Asap Rokok

Diketahui, seorang perokok aktif memiliki kulit dan wajah yang jauh lebih tua ketikmbang usia sebenarnya. Hal ini terjadi karena kulit akan terlihat lebih kusam dan lebih cepat berkeriput. Nantinya kulit wajah tidak akan merata atau mulai belang. 

Hal tersebut terjadi karena rokok sendiri memiliki kandungan sejumlah zat yang berbahaya bagi tubuh. Karena rokok memiliki kandungan yang cukup berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Nantinya dapat mengurangi alirah darah ke kulit wajah. Maka, akan mengurangi produksi kolagen, dan kulit wajah akan berakhir lebih kusam. Maka, jika kamu adalah perokok aktif hentikan aktifitas satu ini, sebagai cara agar muka tidak kusam sepanjang hari. 

Konsumsi Makanan Sehat dan Waktu Olahraga Rutin

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang segar dan menghindari dari kekusaman adalah dengan mulai konsumsi makanan sehat dan waktu olahraga yang rutin. Kami menyarankan untuk mengkonsumsi jenis buah-buahan, sayuran yang dapat menutrisi wajah dan kulit dalam waktu yang bersamaan. Selain itu terdapat beberapa jenis buah-buahan yang baik bagi kesehatan kulit, tidak hanya nutrisinya saja tapi kandungan air yang dapat menghidrasi tubuh secara maksimal. 

Mengelola Stress Dengan Baik

Ketika stress, tubuh akan memproduksi hormon stres yang mana dapat menyebabkan kulit wajah mengalami kusam. Maka, penting untuk memulai mengelola stres. Kamu juga dapat mengatasi stress dengan mulai bermeditasi atau relaksasi. 

Jika kamu melakukan aktivitas ini secara rutin dan konsisten, maka wajah kusam kamu akan kembali menjadi cerah dan memiliki kelembaban yang baik juga. Selain itu kamu dapat melakukan konsultasi kepada ahlinya, untuk mendapatkan rekomendasi perawatan kulit yang tepat. 

Demikian pembahasan mengenai cara agar muka tidak kusam sepanjang hari. Kamu dapat melakukan berbagai macam perawatan seperti yang kami rekomendasikan sebelumnya. Sehingga kamu dapat memperbaiki kondisi kulit yang kusam menjadi lebih baik lagi.