Monday, 17 Jun 2024

Cara Agar Pemilik WiFi Tidak Bisa Melihat History dari Penggunanya

5 minutes reading
Thursday, 27 Jul 2023 19:26 0 215 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Sebenarnya bila kamu ingin cari cara agar pemilik WiFi tidak bisa melihat history dari penggunanya atau perangkat yang terhubung, kamu hanya tinggal melakukan langkah-langkah yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Terkadang kita khawatir apakah WiFi di rumah bisa mencatat history pengguna atau tidak, seperti pada artikel sebelumnya yang telah membahas tentang kemungkinan WiFi di rumah bisa mencatat history pengguna atau tidak. Kali ini kita akan berasumsi bahwa kita perlu cara agar pemilik WiFi tidak bisa melihat history dari penggunanya, sehingga kita dapat lebih merasa nyaman dan aman saat terhubung ke jaringan WiFi.

Cara Agar Pemilik WiFi Tidak Bisa Melihat History dari Penggunanya

Cara Agar Pemilik WiFi Tidak Bisa Melihat History dari Penggunanya

Bagi kamu yang sering menggunakan akses WiFi atau hotspot terutama di area umum seperti di kedai kopi atau pusat perbelanjaan, tema kita kali ini akan memberikan beberapa cara agar pemilik WiFi tidak bisa melihat history dari penggunanya atau history dari perangkat kamu.

Berikut ini adalah beberapa cara agar pemilik WiFi tidak bisa melihat history dari penggunanya yang bisa kamu pilih dan pergunakan sesuai dengan metode yang paling sesuai dengan kamu.

Pakai Akses VPN

Untuk cara agar pemilik WiFi tidak bisa melihat history dari penggunanya yang pertama kali adalah dengan cara menggunakan akses VPN yang bisa dengan mudah diaktifkan pada perangkat smartphone.

Kamu bisa memilih penyedia layanan VPN yang menurut kamu cocok untuk kamu jadikan cara agar pemilik WiFi tidak bisa melihat history dari penggunanya termasuk dari perangkat smartphone atau laptop kamu. Diantara penyedia akses VPN, ada beberapa yang cukup banyak direkomendasikan oleh banyak pengguna VPN di dunia. Berikut ini adalah beberapa penyedia layanan VPN yang mendapatkan rekomendasi cukup tinggi di internet.

  1. ProtonVPN: ProtonVPN adalah sebuah layanan virtual private network (VPN) yang cukup bagus untuk dijadikan cara agar pemilik WiFi tidak bisa melihat history dari penggunanya. Layanan VPN adalah jenis layanan jaringan yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke internet melalui server yang aman dan terenkripsi, sehingga memungkinkan pengguna untuk menjaga privasi dan keamanan online mereka.
  2. KasperskyVPN Secure Connection: Layanan VPN ini diberikan  oleh perusahaan keamanan dan antivirus yang cukup terkenal yakni Kaspersky Lab. Produk ini dirancang untuk membantu pengguna menjaga privasi dan keamanan online mereka dengan menyembunyikan aktivitas online dan melindungi koneksi internet mereka.
  3. NordVPN: Yang ketiga dari layanan virtual private network (VPN) yang populer dan andal adalah NordVPN yang dirancang untuk membantu pengguna menjaga privasi dan keamanan online mereka. Layanan ini menyediakan koneksi internet yang aman dan terenkripsi seperti halnya penyelenggara  layanan VPN pada umumnya.
  4. Windscribe: Penyedia layanan VPN berikutnya adalah Windscribe yang cukup populer dengan fitur R.O.B.E.R.T. yang memungkinkan pengguna untuk memblokir iklan, malware, dan pelacak secara otomatis.

Untuk dapat menggunakan VPN pada laptop atau smartphone kamu, tentunya kamu perlu melakukan beberapa tindakan untuk dapat menggunakan aplikasi atau software VPN dengan sempurna. Untuk itu kamu perlu mengetahui tahapan yang harus kamu lakukan ketika menggunakan VPN secara umum yang bisa kamu jadikan panduan saat hendak menggunakan VPN.

VPN di Smartphone

Bagi pengguna smartphone dan ingin menggunakan cara agar pemilik WiFi tidak bisa melihat history dari penggunanya melalui smartphone, kamu cukup melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi martketplace seperti Google Play Store atau Apple Apps Store.
  2. Cari menggunakan kata kunciVPN” atau kamu bisa pakai “Free VPN“.
  3. Kamu harus waspada dan kamu harus membaca review pengguna sebelumnya termasuk mencari informasinya melalui search engine.
  4. Untuk lebih yakinnya kamu bisa mencoba salah satu VPN yang telah disebutkan diatas.
  5. Setelah berhasil download dan melakukan proses instalasi, selanjutnya kamu tinggal buka aplikasi tersebut.
  6. Bagi pengguna baru atau pengguna yang awam untuk konfigurasi VPN, kamu cukup tinggal click tanda “connect”.

Secara umum 6 langkah tersebut dapat digunakan pada hampir semua software VPN sebagai cara agar pemilik WiFi tidak bisa melihat history dari penggunanya. Untuk konfigurasi biasanya secara default semua telah terkonfigurasi dengan baik, disamping itu juga perbedaan yang akan kamu jumpai hanya penggunaan kosakata seperti Connect  yang pada beberapa aplikasi diganti menjadi On/Off dan sebagainya.

VPN di Laptop

Untuk menggunakan VPN pada laptop sebagai cara agar pemilik WiFi tidak bisa melihat history dari penggunanya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download aplikasi VPN yang diinginkan dari situs resminya atau melalui toko aplikasi seperti Microsoft Store (untuk Windows) atau App Store (untuk MacOS).
  2. Setelah berhasil mengunduh aplikasi VPN, install di laptop kamu dan buka aplikasinya.
  3. Login atau daftar akun pada aplikasi VPN yang kamu pilih.
  4. Pilih server yang diinginkan. Beberapa aplikasi VPN menyediakan opsi untuk memilih server secara otomatis berdasarkan lokasi kamu atau kamu dapat memilih server secara manual yang terletak di negara lain.
  5. Klik tombol “connect” atau “on” pada aplikasi VPN untuk mengaktifkan koneksi VPN.
  6. Setelah koneksi VPN aktif, kamu dapat memeriksa apakah koneksi VPN berfungsi dengan baik dengan membuka situs web tertentu atau aplikasi yang sebelumnya tidak dapat diakses.

Seperti halnya pada penggunaan VPN pada smartphone, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal penting saat menggunakan VPN pada laptop, seperti memilih penyedia VPN yang terpercaya dan membaca ketentuan penggunaan layanan dengan seksama. Selain itu, pastikan bahwa laptop kamu terhubung ke jaringan internet yang stabil agar koneksi VPN dapat berjalan dengan baik.

Pakai Web-Proxy

Khusus untuk cara agar pemilik WiFi tidak bisa melihat history dari penggunanya yang satu ini adalah sebuah cara yang bisa dikatakan sebagai cara yang cukup klasik. Meskipun demikian, cara ini tidak pernah usang dan masih banyak penyedia layanan Web Proxy yang cukup bagus.

Berikut ini adalah beberapa layanan Web-Proxy yang hingga kini masih terus memberikan pelayanan Web-Proxy dengan fitur-fitur terbaru:

  1. HideMyAss (HMA) Proxy
  2. KProxy
  3. ProxySite
  4. FilterBypass
  5. Proxysite.com

Penutup

Dalam penggunaan VPN atau layanan Web-Proxy sebagai cara agar pemilik WiFi tidak bisa melihat history dari penggunanya, kamu sangat perlu untuk selalu memperhatikan ketentuan pelayanan pengguna atau TOS dari penyedia layanan tersebut. TOS ini berisi informasi penting tentang bagaimana layanan tersebut dapat digunakan, batasan penggunaan, dan tindakan yang dapat diambil oleh penyedia layanan jika ketentuan tersebut dilanggar.