Wednesday, 17 Jul 2024

Cara Agar Suara Perkutut Panjang dan Keras

4 minutes reading
Sunday, 8 Oct 2023 10:52 0 381 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Dengan mendengarkan suara kicau burung perkutut tentu saja menjadi salah satu hal yang terasa sangat menyenangkan terlebih lagi suara burung perkutut yang khas dan merdu serta jernih, untuk kamu yang ingin membuat burung perkutut memiliki suara yang panjang dan keras maka kamu bisa mengetahui caranya dengan simak penjelasannya disini.

Pastinya sudah tidak asing mendengar burung kicau yang satu ini yaitu burung perkutut, burung perkutut sendiri  merupakan salah satu jenis burung kicau yang menjadi favorit oleh para kolektor burung kicau, karena burung perkutut ini yang memiliki suara kicauan yang sangat menenangkan dan merdu dan khas dan juga warna bulu yang indah.

Burung perkutut dengan memiliki suara yang keras dan panjang serta kejernihannya yang menjadi nilai tambah tersendiri dan juga lebih indah di dengar apapun karakter suara kicaunya, sehingga tidak heran jika banyak para pemilik burung perkutut ingin melihat burung kesayangannya memiliki suara yang panjang dan keras.

Belakangan ini terdapat beberapa penghobi burung yang sering menjadikan burung perkutut sebagai salah satu burung kicauan, sehingga tidak heran sebagian besar dari mereka yang melakukan berbagai macam cara atau upaya untuk bisa menghasilkan burung perkutut yang berkualitas.

Salah satunya yaitu membuat vokal burung perkutut yang keras atau besar dan juga panjang, hal ini bukan tanpa alasan karena vokal burung perkutut yang keras atau besar yang bisa menandakan bahwa burung perkutut tersebut memiliki kondisi kesehatan tubuh yang prima.

Jika berbicara mengena dengan bunyi burung perkutut sendiri yang sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar suara burung perkutut panjang dan keras atau besar, namun hal ini masih banyak yang belum tahu dan masih bingung dengan cara perawatan dan pemeliharaan burung tersebut.

Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan cara agar suara burung perkutut panjang, keras dan besar, maka kamu bisa dengan menyimak penjelasan dibawah ini dengan seksama.

Cara Agar Suara Perkutut Panjang, Keras dan Besar

Cara Agar Suara Perkutut Panjang dan Keras

Setiap orang yang tentu saja ingin melihat burung peliharaan yang sehat dan juga bersuara panjang, keras dan juga besar, sebelum ke caranya alangkah lebih baiknya untuk mengetahui beberapa alasan mengapa kebanyakan pemilik burung perkutut ingin membuat suaranya yang besar, panjang dan keras yaitu ingin dijadikan burung kicauan.

Untuk burung perkutut dengan memiliki suara panjang dan keras serta besar yang nantinya bisa diikutsertakan dalam perlombaan tingkat nasional,selain itu juga burung ini yang tentunya akan mempengaruhi pada harga burung perkutut yang akan menjadi lebih mahal di pasaran.

Untuk cara agar suara perkutut panjang dan keras ini yang terdapat berbagai macam cara bisa dilakukan dan pemilik juga harus memperhatikan tata cara perawatan dan juga pemberian pakan yang baik dan benar, adapun untuk caranya sebagai berikut:

Memberikan Makanan Berkualitas

Salah satu cara agar suara perkutut panjang dan keras wajib kamu ketahui yaitu memberikan makanan yang berkualitas, kamu bisa dengan memberikan pakan biji-bijian seperti milet, jewawut, gabah, kacang hijau, beras merah, atau ketan hitam yang sesuai dengan porsinya tidak berlebihan.

Memberikan Tempat yang Nyaman

Untuk salah satu cara agar suara perkutut panjang, besar dan keras bisa kamu lakukan yaitu dengan memberikan tempat yang nyaman, karena jika burung perkutut berada di tempat yang nyaman akan membuatnya stresnya menjadi hilang.

Oleh karena itu kamu bisa memilih sangkar atau kandang dengan memiliki ukuran dan bentuk yang pas untuk ditempati oleh burung perkututnya, bahkan selain itu juga harus membersihkan sangkar burung perkutut secara rutin dari kotorannya minimal sekali dalam 2 hari.

Memberikan Vitamin

Tidak hanya memberikan makanan berkualitas saja kamu juga bisa memberikan vitamin secara rutin menjadi salah satu cara agar suara perkutut panjang dan keras, vitamin tersebut bisa didapatkan dengan mudah di toko burung atau bisa juga dengan jamu seperti minyak ikan dengan kencur atau merica.

Berikan vitamin pada burung perkutut seperti ramuan herbal setelah mereka manggung selama sekali 2 bulan, selain itu memberikan ramuan herbal alami juga yang dapat diberikan pada musim hujan untuk menambah stamina dan menjaga kesehatan tubuh burung perkutut.

Memandikan dan Menjemur

Selanjutnya untuk cara agar suara perkutut panjang dan keras yaitu dengan memandikan dan menjemurnya yang bertujuan agar burung perkutut menjadi lebih bersemangat dan sehat, kamu bisa memandikan burung perkutut menggunakan air dicampur daun sirih dengan di semprotkan.

Daun sirih yang bermanfaat untuk menghilangkan tungau atau kutu dalam tubuh burung perkutut, setelah dimandikan kamu bisa lanjut menjemurnya di pagi hari pukul 7 hingga 9 pagi, pada waktu tersebut sinar matahari tidak mengandung panas menyengat sehingga sangat baik untuk tubuh burung.

Memberikan Pasangan

Untuk cara agar suara perkutut panjang dan keras selanjutnya yaitu bisa dengan memberikan pasangan atau menghadirkan pasangan burung perkutut, biasanya burung perkutut yang akan menjadi lebih sering mengeluarkan suara lebih keras dan panjang pada saat bertemu dengan pasangan saat masa birahi.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa cara agar suara perkutut panjang dan keras yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu lakukan dengan mudah secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba semoga berhasil.