Monday, 17 Jun 2024

Cara Diet Golongan Darah A, B, AB dan O

6 minutes reading
Thursday, 31 Aug 2023 22:58 0 154 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Tidak sedikit orang yang ingin mencoba untuk melakukan program diet golongan darah, sehingga tidak heran jika banyak orang yang mencari-cari mengenai dengan cara diet golongan darah A, B, AB dan O yang tepat dan baik, untuk mengetahui caranya maka bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Setiap individu yang memiliki golongan darah yang berbeda-beda ada yang memiliki golongan darah tipe A, B, AB dan juga O, di Indonesia kebanyakan orang yang memiliki golongan darah tipe O dan pastinya pada setiap tipe golongan darah yang memiliki identitas dan keunikan yang berbeda-beda.

Dengan melalui golongan darah setiap individu memiliki kesamaan dengan nenek moyang dari yang terdahulu, karakteristik yang sama membentuk kelompok darah yang tertentu, ternyata sekarang ini yang sudah banyak orang yang mengetahui terkait dengan diet golongan darah yang akan membantu untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

Untuk kamu yang ingin tahu dengan cara diet golongan darah A, B, AB dan O yang baik dan tepat, maka pada artikel kali ini kita yang akan membahas terkait dengan cara melakukan diet golongan darah sesuai dengan tipenya dan untuk mengetahui lebih lanjutnya bisa simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Diet Golongan Darah A, B, AB dan O

Diet golongan darah adalah pengaturan pola makan yang menurut jenis golongan darah, diet golongan darah tersebut yang telah diklaim bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan dimulai dari membantu menurunkan berat badan hingga membuat tubuh menjadi sehat sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Mengenai dengan teori diet golongan darah sendiri yang pertama kali telah dicetuskan oleh seorang dokter naturopati yang bernama yaitu Peter J. D’Adamo tahun 1996, untuk teori diet golongan darah tersebut yang didasari oleh penelitian mengungkapkan bahwa pada setiap golongan darah yang akan mencerna protein lektin dengan cara berbeda-beda.

Sehingga mengkonsumsi makanan yang mengandung lektin yang tidak sesuai dengan golongan darah dapat menyebabkan darah kental atau  penggumpalan darah, hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah pada kesehatan seperti penyakit kanker, penyakit jantung, gangguan ginjal hingga gangguan pencernaan.

Ternyata terdapat jenis makanan yang tertentu yang baik untuk golongan darah yang tertentu, disamping itu terdapat juga beberapa jenis makanan yang seharusnya dan sebaiknya untuk dihindari oleh mereka yang memiliki golongan darah tertentu dan prinsip tersebut disebut sebagai diet golongan darah.

Adapun untuk cara diet golongan darah A, B, AB dan O yaitu sebagai berikut:

Pola Makan Disarankan Dalam Program Diet Golongan Darah

Salah satu cara diet golongan darah A, B, AB dan O yang pertama yaitu memperhatikan pola makan, untuk diet golongan darah makanan yang terbagi ke dalam tiga kategori yaitu makanan netral, makanan bermanfaat serta makanan yang harus dihindari.

Adapun untuk pola makan yang disarankan dalam program diet golongan darah yang harus diketahui yaitu sebagai berikut:

Golongan Darah Tipe A

Diet golongan darah tipe A yang disarankan untuk menjalani pola makan bebas daging seperti flexitarian (semi vegetarian) atau vegetarian, untuk makanan utama yang bisa dikonsumsi yaitu seperti makanan laut, sayuran, ikan, tahu, buah-buahan, tempe, biji-bijian dan juga kacang.

Golongan Darah Tipe B

Untuk diet golongan darah tipe B yang disarankan untuk memilih makan yang terbaik seperti daging, sayuran hijau, telur dan juga produk olahan susu yang rendah lemak, namun untuk golongan darah tipe B yang sebaiknya untuk membatasi dalam mengkonsumsi makanan seperti gandum, ayam, tomat dan juga jagung.

Golongan Darah AB

Golongan darah tipe AB yang merupakan gabungan antara beberapa jenis makanan yang disarankan untuk golongan darah tipe A dan B, untuk golongan darah tipe AB disarankan mengkonsumsi lebih banyak makanan laut, susu, tahu, tempe, saus, yoghurt, sayuran hijau, biji-bijian dan juga kacang-kacangan.

Sementara itu untuk mereka yang memiliki golongan darah tipe AB ini yang sebaiknya untuk menghindari mengkonsumsi makanan seperti daging ayam, daging sapi, kacang merah dan juga jagung.

Golongan Darah Tipe O

Untuk golongan darah tipe O dengan diet paleo yaitu mengutamakan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein, jenis makanan yang dianggap cocok untuk golongan darah tipe O yaitu ada daging unggas, daging sapi, sayuran, ikan dan juga buah-buahan.

Sementara itu untuk diet golongan darah tipe O ini yang disarankan untuk membatasi atau mengurangi mengkonsumsi makanan jenis seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan juga produk yang mengandung susu.

Jenis Olahraga Disarankan Dalam Program Diet Golongan Darah

Untuk cara diet golongan darah A, B, AB dan O yang selanjutnya yaitu perlu mengetahui dengan beberapa jenis olahraga perlu dilakukan yang dianggap cocok pada setiap tipe golongan darah, adapun untuk jenis olahraga tersebut yaitu diantaranya sebagai berikut:

Golongan Darah Tipe A

Untuk olahraga yang cocok dilakukan pada mereka yang memiliki golongan darah tipe A yaitu jenis olahraga low impact yang menyenangkan seperti tai chi dan juga yoga, kedua jenis olahraga tersebut dianggap sangat cocok dilakukan untuk golongan darah tipe A.

Golongan Darah Tipe B

Untuk mereka yang mempunyai golongan darah tipe B disarankan untuk melakukan jenis olahraga yang intensitas sedang seperti dengan olahraga badminton, jalan cepat atau tenis, bahkan selain itu dengan latihan keseimbangan yang dianggap baik juga untuk mereka yang golongan darah tipe B.

Golongan Darah Tipe AB

Jenis olahraga yang disarankan untuk golongan darah tipe AB ini merupakan perpaduan antara jenis olahraga yang diperuntukkan untuk golongan darah tipe A dan B, untuk golongan darah tipe AB ini yang bisa melakukan jenis olahraga low impact dan juga latihan keseimbangan.

Golongan Darah Tipe O

Untuk jenis olahraga yang disarankan untuk golongan darah tipe O  yaitu olahraga kardio seperti berenang, berlari dan juga bersepeda, beberapa jenis olahraga tersebut yang merupakan jenis olahraga dianggap cocok dan paling sesuai untuk golongan darah tipe O.

Efektivitas serta Resiko Melakukan Diet Golongan Darah

Walaupun cara diet golongan darah A, B, AB dan O ini yang diklaim mampu memberikan manfaat untuk kesehatan dan sampai sekarang ini yang menjadi kontroversi yang kerap diperdebatkan, hal ini dikarenakan diet golongan darah yang belum terbukti efektif.

Untuk klaim manfaat diet golongan darah A, B, AB dan O tersebut yang bisa disebabkan oleh adanya pembatasan konsumsi makanan yang tidak sehat serta melakukan olahraga secara rutin, bahkan selain itu juga diet ini yang hanya didasari dengan golongan darah tanpa mempertimbangkan kesehatan pada seseorang yang secara keseluruhannya.

Sehingga dengan begitu untuk penerapannya yang harus diwaspadai terutama cara diet golongan darah ini yang dilakukan oleh penderita penyakit tertentu seperti penyakit kardiovaskular dan juga diabetes, dengan berdasarkan hal diatas sebaiknya sebelum melakukan cara diet golongan darah untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara diet golongan darah A, B, AB dan O yang dapat kamu ketahui dimulai dari panduan pola makan hingga jenis olahraga yang harus dilakukan sesuai dengan tipe golongan darah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.