Monday, 17 Jun 2024

Cara Diet Sehat Tanpa Olahraga

7 minutes reading
Friday, 25 Aug 2023 20:02 0 138 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, bahkan terdapat cara diet tanpa olahraga yang efektif dan bisa kamu praktikan. Umumnya selain melakukan program diet, seseorang akan menyeimbanginya dengan melakuakan aktivitas olahraga. Namun, bagi kamu kaum mageran atau memang tidak memiliki waktu untuk berolahraga maka harus mencari cara melakukan diet tanpa kegiatan olahraga tertentu yang terbukti dan ampuh. 

Bagi seseorang yang memiliki berat badan berlebih pasti ingin memiliki berat badan yang ideal. Salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan menjaga pola makan dengan diet serta aktivitas olahraga yang rutin. Namun, memang tidak semua orang dapat melakukan kegiatan olahraga secara rutin karena satu dan hal lainnya. 

Cara Diet Sehat Tanpa Olahraga

Cara Diet Sehat Tanpa Olahraga

Cara diet tanpa olahraga sendiri bisa dilakukan, hanya saja penurunan berat badannya sendiri tidak akan drastis atau terjadi secara signifikan seperti saat kamu menyertai kegiatan olahraga selama masa diet berlangsung. Namun, mengingat semua orang tidak bisa melakukan aktivitas olahraga rutin, maka cara diet tanpa olahraga sendiri banyak dicari orang. 

Kemudian dilansir dari halaman Forbes, olahraga sendiri bukanlah satu-satunya pendukung aktivitas diet untuk menurunkan berat badan. Menurut ahli bedah bariatric dengan sertifikasi di VIDA Wellness and Beauty di Tijuana, Meksiko yaitu Gabriella Rodriguez Ruiz, mengatakan bahwa seseorang dengan kondisi tertentu masih memungkinkan untuk menurunkan berat badan tanpa harus melakukan aktivitas olahraga. Misalnya dengan memperbaiki atau menyesuaikan gaya hidupnya. 

Dalam kasus tersebut penting untuk melakukan konsultasi dengan profesional medi guna memahami kondisi kamu dengan metode olahraga alternatif yang aman dan bisa kamu lakukan. Sehingga menurunkan berat badan dengan cara diet tanpa aktivitas olahraga merupakan salah satu hal yang mungkin terjadi, bahkan bisa memiliki efek yang sama cepatnya dengan proses penurunan berat badan ketika kamu melakukan aktivitas olahraga.

Berikut kami sudah merangkum beberapa cara diet tanpa olahraga yang dilansir dari halaman Healthline. Terdapat beberapa cara yang terbukti ampuh untuk membantu menurunkan berat badan tanpa aktivitas olahraga. 

Makan Dengan Perlahan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan guna menurunkan berat badan selama masa diet tanpa olahraga adalah dengan makan secara perlahan. Maksudnya kamu dianjurkan untuk mengunyah makanan secara perlahan. Umumnya seseorang yang mengunyah dengan cepat akan memiliki gangguan pada sistem pencernaan yang berakibat dapat memicu risiko kenaikan berat badan atau obesitas. 

Dengan memperbaiki kebiasaan kamu makan dengan cara mengunyah secara perlahan. Maka, kamu dapat membuat asupan kalori yang masuk ke tubuh lebih sedikit. Hal ini dikarenakan makan dengan perlahan dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Meskipun sebenarnya jumlah makanan yang kamu konsumsi memiliki porsi yang kecil.

Selain itu dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa seseorang yang mengingat lebih lama saat makan, memiliki indeks massa tubuh atau BMI yang jauh lebih rendah dari seseorang yang memiliki kebiasaan makan atau mengunyah lebih cepat. Selain itu mengunyah secara perlahan akan meningkatkan sistem pencernaan dan kerja organ pencernaan jauh lebih ringan dan terhindar dari gangguan hingga kerusakan. 

Mengubah Porsi Makan

Selanjutnya, kamu harus mulai menggunakan piring atau wadah makanan yang jauh lebih kecil dari yang biasanya kamu gunakan. Hal ini memiliki tujuan untuk mengurangi porsi makan kamu. Dengan menggunakan piring yang kecil, maka kamu dapat menipu otak, sehingga berpikir bahwa makanan yang kamu konsumsi memiliki porsi yang penuh atau bahkan lebih banyak dari jumlah sebenarnya. 

Dengan mengubah porsi makan dengan wadah yang lebih kecil, manipulasi jumlah porsi inilah yang akan membatasi jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Kamu nantinya tidak akan mengkonsumsi kalori sebanyak kamu mengonsumsi makanan dalam piring atau wadah yang lebar. Karena hal ini akan memberikan informasi pada otak bahwa porsi yang kamu konsumsi adalah jumlah yang kecil, padahal itu sebenarnya jumlah kalori yang berlebih. Hal inilah yang akan memicu kamu mengonsumsi lebih kalori dengan cara menambah isi piring kamu. 

Mengkonsumsi Sumber Protein

Protein merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut Prevention, protein sendiri secara alami dapat membantu proses diet kamu karena memiliki sifat yang akan meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Dalam sebuah penelitian juga menunjukan, bahwa mereka yang mengkonsumsi protein lebih banyak dapat kehilangan berat badan secara signifikan. 

Kamu bisa memperbaiki menu dalam piring dengan memperbanyak konsumsi sumber protein untuk mendukung program diet kamu. Kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi 20 gram protein setiap kali makan tanpa lemak di dalamnya. Diantaranya, konsumsilah protein yang sehat misalnya ikan, ayam, produk susu rendah lemak, telur hingga kalkun. Pastikan tidak memiliki jumlah lemak yang besar didalamnya. 

Makan di Rumah

Salah satu cara diet tanpa olahraga yang efektif adalah kamu harus mengubah kebiasaan atau pola hidup dengan memulai makan di rumah. Hal ini akan membantu untuk meningkatkan kualitas dari program diet kamu, serta mendukung proses penurunan berat badan. 

Karena dengan mengkonsumsi makanan di rumah, segala hal akan terjamin kebersihan hingga kualitasnya. Karena kamu sendiri yang mengolahnya. Selain itu dengan makanan di rumah kamu dapat meminimalisir konsumsi junk food. Kemudian manfaat lain dengan makan di rumah adalah kemampuan untuk mengatur porsi makan, beda dengan makan diluar dimana posisinya sudah ditentukan. 

Meningkatkan Makanan Berserat

Salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan prose spenuurnana berat abdan dalam program diet, adalah serat. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat akan memberikan efek kenyang lebih lama akan menurunkan rasa lapar yang bekerja secara alami. 

Dalam sebuah studi diketahui bahwa makanan berserat dapat mendukung proses penurunan berat badan. Kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya 25 gram makanan dengan serat tinggi setiap harinya. Sumber serat yang baik adalah sayuran hijau dan buah-buahan. Kamu dapat mengkonsumsi biji-bijian dan jenis kacang-kacangan tertentu juga. 

Memenuhi Kebutuhan Air

Air merupakan salah satu kebutuhan manusia yang tidak bisa disangkal fungsi dan perannya. Dengan mengkonsumsi air dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan cairan harian sekaligus untuk menurunkan berat badan selama masa diet. Khususnya jika kamu melakukan hal ini sebelum makan. 

Dalam sebuah studi ditemukan bahwa mengkonsumsi air putih sebelum makan dapat mengurangi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan air akan memberikan rasa kenyang secara signifikan setelah kamu meminumnya. Meskipun air sendiri tidak memiliki jumlah kalori atau 0 kalori. 

Namun, air akan membantu peningkatan proses metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh. Sehingga air sangatlah dibutuhkan tubuh khususnya ketika kamu menjalani program diet. Jika biasanya kamu mengonsumsi 2 liter air per hari, maka kamu dapat mengonsumsi 3 liter per harinya ketika menjalani program diet atau setara dengan 10 gelas air. 

Mengurangi Asupan Gula

Kandungan gula dalam minuman maupun makanan harus kamu hindari. Hal ini dikarenakan gula merupakan salah satu faktor yang menjadi alasan seseorang mengalami kenaikan berat badan secara drastis. Oleh sebab itu, kamu harus menghindari konsumsi minuman manis yang mengandung gula berlebih maupun makanan. 

Gula memang dibutuhkan oleh tubuh, namun kamu harus membatasi asupan harian, jangan berlebihan. Kemudian ketika kamu menjalani program diet kamu harus mengurangi asupan gula, dimana nantinya kamu akan terhindar dari penumpukan lemak dan peningkatan berat badan dan risiko obesitas. 

Tidur Yang Berkualitas

Tidur memiliki peranan yang penting untuk membantu penurunan berat badan saat kamu menjalani program diet. Hal ini dikarenakan ketika kamu mendapatkan tidur yang baik dan berkualitas akan membantu untuk mengurangi jumlah kalori harian yang dibutuhkan tubuh, yaitu sekitar 297 kalori. 

Ketika kamu tidur juga tubuh akan melakukan proses metabolisme, dimana dalam proses metabolisme ini proses pembakaran lemak dan pemulihan sel dalam tubuh bekerja secara efektif. Maka, penting untuk memperhatikan waktu dan jam tidur ketika menjalani program diet. Dengan mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas kamu juga akan terhindar dari risiko kenaikan berat badan dan berbagai ancam kesehatan dalam tubuh.

Menghindari Kebiasaan Menonton TV Saat Makan

Kebiasaan makan sambil menonton merupakan salah satu faktor pemicu seseorang memiliki peningkatan berat badan yang drastis. Hal ini dikarenakan kamu tidak akan sadar bahwa kamu sudah menyantap makanan lebih daripada kalori harian yang kamu konsumsi. Sehingga memicu untuk menambah porsi secara terus menerus.

Karena kamu terfokus pada tayangan di televisi sehingga tidak menyadari jumlah yang dikonsumsi. Hindarilah kebiasaan buruk ini karena akan meningkatkan 10% jumlah makanan yang kamu konsumsi sehingga kamu bisa gemuk. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa cara diet tanpa melakukan aktivitas olahraga yang dapat kamu coba dan praktikan. Dengan mengubah pola hidup menjadi lebih baik lagi penurunan berat badan tanpa disertai aktivitas olahraga bisa berjalan dengan lancar juga. Lakukan secara konsisten untuk hasil yang sempurna.