Monday, 17 Jun 2024

Cara Gembok Motor Anti Maling

5 minutes reading
Sunday, 23 Jul 2023 20:27 0 101 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Membuat motor aman dari maling selain menggunakan GPS ternyata dengan cara gembok motor anti maling yang dipasang dengan tepat juga akan menyulitkan orang untuk mencuri atau maling motor kita yang sedang parkir. Cara ini terlihat sangat sederhana tapi pasti akan membuat orang mengurungkan niat jahatnya untuk mencuri motor kita.

Menjaga keamanan motor saat parkir adalah hal terpenting untuk itu cara gembok motor anti maling yang tepat dan benar akan dapat membuat motor kita lebih aman dan terbebas dari incaran maling. Pada artikel berikut ini kita akan membahas seputar gembok anti maling dan beberapa tips agar motor kita lebih aman saat sedang diparkir.

Cara Gembok Motor Anti Maling

Cara Gembok Motor Anti Maling

Ada banyak cara gembok motor anti maling yang di klaim efektif dan mudah untuk diterapkan, akan tetapi cara kerja dan tingkat efektifitasnya sebuah gembok anti maling akan berbeda-beda.

Berikut ini adalah cara gembok motor anti maling yang bisa kamu lakukan pada beberapa jenis gembok sesuai dengan brand atau tipenya:

Cara Gembok Motor Anti Maling dengan Grip Lock

Grip Lock adalah cara gembok motor anti maling yang akan kita bahas pertama kali, gembok atau pengunci Grip Lock adalah jenis gembok motor yang dirancang untuk melindungi kendaraan kamu dari pencurian dengan cara mengunci grip atau handlebar motor. Gembok ini terdiri dari dua bagian yang dapat diputar, yang salah satunya akan melekat pada grip atau handlebar motor, sedangkan bagian lain berfungsi sebagai pengunci.

Cara gembok motor anti maling dengan menggunakan Grip Lock cukup sederhana, yaitu kamu cukup pasang bagian ujung gembok pada grip atau handlebar motor kemudian memutar tombol pengunci hingga gembok terkunci dengan kuat pada kendaraan. Grip lock biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti logam atau paduan aluminium, sehingga sulit untuk dipecahkan atau dipotong dengan alat-alat yang biasa digunakan oleh pencuri motor.

Gembok Anti Maling U-Lock / D-Lock

Selanjutnya yang umum digunakan adalah cara gembok motor anti maling dengan U-Lock atau D-Lock yang merupakan jenis gembok motor dengan desain untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap pencurian kendaraan. Gembok ini memiliki bentuk seperti huruf U atau D dan terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti baja atau paduan besi.

Cara gembok motor anti maling dengan gembok jenis ini sangatlah sederhana dan paling banyak menjadi pilihan pengguna motor, kamu cukup melakukan langkah mudah berikut ini:

  1. Hal terpenting adalah kamu harus pastikan motor dalam keadaan mati dan terparkir di tempat yang aman.
  2. Pilih posisi pada velg atau cakram rem yang tepat untuk memasang gembok, biasanya pada bagian roda depan motor.
  3. Masukkan bagian ujung gembok ke dalam lubang yang tersedia pada bagian roda motor.
  4. Periksa apakah gembok telah terkunci dengan benar, kamu bisa mencoba menariknya berlawanan arah untuk memastikan gembok terpasang dengan kuat dan tidak goyang agar sulit untuk dibuka oleh pencuri.

Kelebihan dari gembok U-Lock atau D-Lock apabila dilakukan dengan cara gembok motor anti maling dengan benar adalah kekuatannya yang cukup tinggi dan sulit untuk dipotong dengan alat-alat yang biasa digunakan oleh pencuri motor, sehingga memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap pencurian.

Meskipun cara gembok motor anti maling tipe U-Lock atau D-Lock cukup mudah, namun gembok U-Lock atau D-Lock juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah ukurannya yang cukup besar dan berat, sehingga tidak mudah untuk dibawa-bawa saat berkendara. Selain itu, gembok jenis ini juga dapat merusak bagian kendaraan yang dikunci jika tidak dipasang dengan benar atau terlalu keras.

Menggunakan Rantai Motor

Cara gembok motor anti maling berikutnya adalah dengan menggunakan rantai, cara ini bisa dibilang cukup klasik dan sudah mulai jarang digunakan. Alasannya adalah karena pemilik kendaraan harus selalu membawa rantai yang cukup besar dan panjang apabila ingin gembok motornya menggunakan rantai disamping juga harus membawa gembok sebagai pengunci rantai.

Untuk cara gembok motor anti maling dengan rantai ini bisa dilakukan dengan melilit bagian roda atau bagian kerangka motor, kemudian di lilitkan kembali pada sebuah tiang yang cukup kuat. Setelah itu maka kamu harus mengunci rantai tersebut dengan gembok yang cukup kuat dan sulit untuk dibuka dengan menggunakan benturan.

Tips Aman Saat Parkir Motor

Meskipun kamu telah menggunakan cara gembok motor anti maling seperti diatas, namun kamu juga harus waspada dan tidak memarkirkan motor pada sembarangan tempat. Berikut ini adalah beberapa tips aman untuk kamu yang harus kamu perhatikan ketika hendak memarkirkan kendaraan kamu.

  1. Pilih tempat parkir yang aman dan terang. Usahakan untuk memilih tempat parkir yang terlihat oleh banyak orang dan terang pada malam hari. Hindari memarkirkan motor di tempat yang sepi dan terpencil, atau di tempat yang tidak memiliki penjaga keamanan.
  2. Gunakan sistem keamanan tambahan. Selain menggunakan gembok bawaan kendaraan, gunakan pula gembok tambahan seperti gembok U-Lock atau D-Lock, atau grip lock yang dapat membantu mempersulit pencuri untuk mencuri motor kamu.
  3. Jangan tinggalkan barang berharga di dalam motor. Pastikan untuk selalu membawa semua barang berharga seperti dompet, kunci, atau ponsel saat meninggalkan motor.
  4. Pasang GPS tracker. Pasang GPS tracker pada motor kamu agar dapat melacak posisi kendaraan jika terjadi pencurian atau hilang. Hal ini dapat membantu menemukan lokasi motor apabila kamu mengalami kehilangan motor dengan lebih cepat dan tepat.
  5. Hindari parkir dalam waktu lama. Hindari memarkirkan motor kamu di tempat yang sama terlalu lama agar tidak menjadi incaran pelaku kejahatan yang sering melakukan pemantauan.
  6. Parkir di tempat parkir resmi. Pada beberapa tempat terutama perkantoran dan pusat perbelanjaan, biasanya terdapat lokasi khusus parkir motor resmi yang dikelola oleh pemerintah maupun pihak swasta.

Penutup

Meskipun kamu sudah menggunakan cara gembok motor anti maling dan juga menjalankan tips yang telah dibahas pada artikel ini, namun sebaiknya kamu tetap selalu waspada dan selalu bila memungkinkan untuk membawa teman yang dapat membantu mengawasi motor saat kamu sedang berbelanja.