Saturday, 22 Jun 2024

Cara Kerja di Luar Negeri Lewat Depnaker

5 minutes reading
Saturday, 22 Oct 2022 06:05 0 694 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Cara kerja di luar negeri lewat Depnaker menjadi salah satu cara untuk bisa bekerja di luar negeri dengan menggunakan jalur resmi dan tentunya hal ini paling aman, sehingga untuk kamu yang ingin tahu dengan caranya bisa dengan simak penjelasan dibawah ini.

Dimana bekerja di luar negeri yang menjadi salah satu impian kebanyakan orang Indonesia terutama untuk kaum mudah, dengan bekerja di luar negeri selain menjanjikan memiliki gaji yang lebih tinggi dan juga peningkatan skil dan juga wawasan pastinya terdapat banyak tantangan yang perlu dihadapi.

Terutama persaingan yang ketat dengan tenaga kerja negara berkembang yang lainnya , dengan adanya persaingan ketat ini yang tidak hanya dengan tenaga kerja dari negara berkembang saja namun juga tenaga kerja dari dalam negeri Indonesia yang memiliki minat untuk bekerja di luar negri yang cukup tinggi.

Sehingga dengan begitu sekarang ini sudah banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kondisi tersebut untuk kepentingan pribadi dan juga golongan saja, sehingga untuk kamu yang ingin atau berniat untuk bekerja di luar negeri untuk lebih berhati-hati dalam memilih jalur yang akan ditempuh pada saat akan bekerja di luar negeri.

Untuk kamu yang ingin bekerja di luar negeri maka terlebih dahulu kamu perlu untuk memastikan melalui jalur yang benar dan resmi seperti lewat Depnaker, LPK resmi berizin dan juga bersertifikasi agar tidak menjadi salah satu koran penipuan atau mungkin human trafficking di luar negeri nantinya.

Sehingga tidak heran jika banyak orang yang mencari cara kerja di luar negeri lewat Depnaker, jika kamu salah satunya maka kamu bisa dengan simak ulasan dibawah ini, Berikut akan membahas mengenai cara bekerja di luar negeri dengan menggunakan jalur pemerintah.

Cara Kerja di Luar Negeri Lewat Depnaker

Cara Kerja di Luar Negeri Lewat Depnaker

Untuk kamu yang ingin bekerja di luar negeri, hal yang pertama kali perlu kamu ketahui yaitu mengenai prosedur dan juga persyaratan untuk bekerja di luar negeri, selanjutnya kamu bisa memilih jalur mana yang memnungkinkan untuk ditempuh.

Tersedia 4 jalur yang dapat kamu tempuh untuk dapat bekerja di luar negeri yaitu dengan melalui pemerintah dalam ini Depnaker, Swasta atau LPK (Lembaga Penyalur Kerja) yang sudah berizin dan bersertifikasi, perusahaan dan juga mandiri yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan.

Dimana untuk bisa bekerja di luar negri yang terdapat beberapa cara yang dapat ditempuh dan salah satunya jalur resmi mellaui Depnaker dan ini menjadi salah satu cara yang paling aman dan juga mengakomodasi yang dimulai dari uji kompetensi, pelatihan sertifikasi keterampilan khusus yang dibutuhkan oleh menyediakan kerja hingga dengan proses pemberangkatan.

Untuk cara kerja di luar negeri lewat Depnaker ini yang terdapat persyaratan umum atau syarat pokok yang harus dipenuhi sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri dengan melalui Depnaker yaitu diantaranya:

Persyaratan Umum

  • Berusia minimal 18  tahun
  • Sehat jasmani dan juga rohani
  • Memiliki pendidikan minimal SLTA atau sederajat, D3, S1
  • Untuk persyaratan umum yang lainnya yang memiliki tujuan berbeda tiap negara

Prosedur Melamar Kerja

Untuk prosedur yang perlu ditempuh oleh tenaga kerja yang ingin atau berniat untuk bekerja di luar negeri yaitu:

Mengunjungi Depnaker

Kamu bisa untuk mengunjungi Depnaker langsung, dimana dalam hal ini Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) setempat di tiap kabupaten, untuk menghubunginya bisa dengan langsung atau online dengan mengunjungi website disnaker setempat untuk bisa mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan di luar negeri yang tersedia dan juga persyaratan yang perlu dipenuhi.

Untuk kamu yang melalui online maka bisa dengan mengikuti cara dibawah ini:

  • Terlebih dahulu silahkan kunjungi laman https://www.kwmnaker.go.id/.
  • Kemudian klik menu “Kunjungi Layanan”.
  • Nantinya akan diarahkan untuk mendaftar dengan membuat akun.
  • Selanjutnya silahkan pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan seperti “Cari Lowongan Kerja”, “Ikuti Pelatihan Gratis” atau bisa juga “Layanan Ketenagakerjaan Lainnya”.
  • Nantinya akan diarahkan ke langkah selanjutnya dari layanan yang dipilih sebelumnya.
  • Silahkan persiapkan persyaratan yang dibutuhkan baik itu dokumentasi maupun fisik.
  • Memenuhi semua persyaratan dokumentasi maupun fisik sebelum melalui batas waktu yang telah ditentukan.
  • Untuk mengetahui umpan balik dan perkembangan informasi atas layanan Depnaker yang telah diakses apakah lolos atau tidaknya dengan selalu melakukan pengecekan email.

Pelatihan dan Uji Kompetensi

Depnaker yang akan menyelenggarakan pelatihan mengenai keterampilan tertentu yang sesuai dengan kebutuhan penyedia kerja di luar negeri, nantinya akan dilakukan uji kompetensi dan sertifikasi atas keterampilan tersebut.

Sehingga dengan melakukan pelatihan dan uji kompetensi ini tenaga migran yang akan bekerja di luar negeri yang setidaknya sudah mempunyai keterampilan dan juga pengetahuan dasar sebelum bekerja di luar negeri.

Kontrak Kerja, Pemberangkatan dan Penempatan Tenaga Kerja Migran

Setelah kamu mendapatkan pelatihan, uji kompetensi beserta sertifikasi atas keterampilan tertentu yang dibutuhkan oleh penyedia kerja di luar negeri, selanjutnya untuk calon tenaga kerja migran yang akan mendapatkan kontrak kerja dari penyedia kerja di luar negeri.

Dimakan dengan kontrak kerja ini nantinya penyedia kerja di luar negeri akan mengajukan visa kerja untuk calon pekerja migran yang direkrut, setelah visa kerja ini diterbitkan oleh imigrasi negara tujuan maka untuk calon tenaga kerja migran yang sudah siap untuk diberangkatkan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati oleh Depnaker dengan perusahaan atau penyedia kerja luar negeri.

Untuk pemberangkatan calon tenaga kerja migran ini yang difasilitasi oleh Depnaker dan juga penyedia kerja di luar negeri atau perusahaan, fasilitas ini yang dimulai dari pemberangkatan, penjemputan hingga penempatan pada saat tiba di negara tujuan.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

Sebelum kamu berangkat bekerja ke luar negeri ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan yaitu diantaranya:

  • Mempersiapkan mental, pada kenyataannya di luar negeri tidak semuanya bisa sesuai dengan ekspektasi atau harapan yang kamu pikirkan sehingga mempersiapkan mental sangat penting.
  • Membaca isi kontrak kerja dengan baik sebelum menandatanganinya, dan pastikan kamu mengerti hak dan juga kewajiban, serta jangka waktu yang tertera di dalam kontrak tersebut.
  • Memastikan bahwa kamu telah mengerti dan memahami isi kontrak tersebut, jika kamu menandatangani kontraknya berarti kamu harus menerima segala konsekuensinya.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara kerja di luar negeri lewat Depnaker yang perlu kamu perhatikan dan coba, semoga dengan ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.