Monday, 17 Jun 2024

Cara Makan Kiwi Agar Tidak Gatal

4 minutes reading
Monday, 3 Apr 2023 23:31 0 504 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Tidak sedikit orang yang menyukai buah Kiwi yang memiliki rasa yang manis, sedikit asam dan menyegarkan, dimana buah ini juga yang menjadi salah satu jenis buah yang memiliki manfaat melimpah kesehatan tubuh.

Kiwi yang merupakan buah kecil dengan memiliki bentuk seperti buah Sawo dengan memiliki daging buah yang berwarna hijau, dengan bijinya kecil berwarna hijau yang bisa dimakan beserta dengan kulitnya tetapi kebanyakan orang yang memilih mengupas kulitnya karena tidak suka.

Dengan kandungan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh seperti kandungan vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium dan asam folat, selain itu juga buah Kiwi yang diperkaya dengan kandungan senyawa antioksidan yang menjadi asupan serat yang baik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Padahal kulit buah Kiwi juga yang mengandung banyak kandungan nutrisi yang tinggi, hal ini dikarenakan tidak semua orang dapat terbiasa dan juga tidak menunjukan reaksi alergi atau gatal pada saat mengkonsumsi buah Kiwi.

Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan cara makan Kiwi agar tidak gatal, maka kamu bisa dengan menyimak penjelasannya dibawah ini dengan baik.

Cara Makan Kiwi Agar Tidak Gatal

Cara Makan Kiwi Agar Tidak Gatal

Dalam mengkonsumsi buah Kiwi yang terdapat banyak cara untuk dapat menikmati rasa buah yang satu ini, dimana buah ini yang bisa dikonsumsi secara langsung beserta dengan kulitnya atau ada juga yang dibuat tambahan salad buah, jus dan smoothies.

Dalam mengkonsumsi buah Kiwi ini yang beserta dengan kulitnya seperti memakan buah Sawo atau Apel, dengan mengkonsumsi buah Kiwi lengkap dengan kulitnya yang mempunyai jumlah asupan serat yang jauh lebih tinggi 3 x lipat dibandingkan dengan mengkonsumsi buah Kiwi tanpa kulit.

Hal ini dikarenakan kulit pada buah Kiwi ini yang diperkaya dengan antioksidan seperti vitamin C yang bermanfaat untuk membantu melawan penyakit dan juga memperlambat atau mencegah penuaan dini.

Untuk cara makan Kiwi agar tidak gatal yaitu:

Memilih Kulit dan Ukuran Kiwi

Untuk cara makan Kiwi agar tidak gatal yang pertama perlu kamu perhatikan yaitu memilih kulit dan juga ukuran Kiwi, dimana untuk kiwi yang memiliki ukuran kecil biasanya memiliki kulit yang cenderung lebih lembut dibandingkan buah Kiwi yang memiliki ukuran besar.

Untuk kamu yang tidak nyaman atau kurang nyaman dengan tekstur berbulu pada buah Kiwi maka kamu bisa dengan memilih jenis buah Kiwi dengan memiliki  tekstur yang lembut seperti jenis Kiwi sun gold, jenis Kiwi sun gold ini yang memiliki rasa lebih manis dan daging buahnya berwarna kuning keemasan.

Tidak hanya manis saja jenis buah Kiwi sun gold juga yang memiliki bulu halus pada sekitar kulitnya, sehingga dengan begitu ini akan membantu untuk mengurangi gatal pada mulut pada saat mengkonsumsinya.

Mencuci Buah Kiwi Sebelum Dimakan

Untuk cara makan Kiwi agar tidak gatal yang kedua yaitu mencuci buah Kiwi hingga bersih terlebih dahulu sebelum memakannya, namun jangan cuci buah Kiwi ini sebelum memasukkannya ke dalam lemari es atau kulkas.

Dimana air dan juga buah-buahan yang bukan kombinasi yang benar pada saat kamu ingin menyimpan buah Kiwi untuk mengkonsumsinya pada lain waktu, hal ini dikarenakan air yang dapat menyebabkan bakteri tumbuh dan membuat buah menjadi busuk lebih cepat.

Namun jika kamu ingin mencuci buah Kiwi ini dan kemudian disimpan ke kulkas atau lemari es maka pastikan setelah mencucinya buah Kiwi dikeringkan terlebih dahulu dengan menggosoknya menggunakan kain bersih atau lap hingga benar-benar bersih maka bisa dimasukkan ke dalam kulkas.

Menggosok Kulit Kiwi

Untuk kamu yang membeli buah Kiwi namun  terdapat goresan atau noda pada bagian kulitnya, maka kamu bisa untuk membersihkannya terlebih dahulu dengan menggunakan pisau sebelum buah Kiwi tersebut kamu cuci hingga bersih.

Untuk mengetahui bagian luar kulit buah Kiwi kebersihannya maka kamu bisa dengan menggosokkan kulitnya buah Kiwi dengan menggunakan sikat halus untuk membersihkan kotoran atau kontaminasi yang ada pada kulit dan bilas kembali hingga bersih.

Merendam Buah Kiwi

Terdapat cara lain untuk membersihkan buah Kiwi yang secara menyeluruh yaitu dengan merendam buah Kiwi tersebut dengan menggunakan campuran air dan soda kue, ini akan membantu untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit Kiwi.

Pada umumnya buah Kiwi yang rendah residu dari pestisida namun kamu tetap perlu untuk mencuci dan juga merendam buah Kiwi tersebut hingga benar-benar bersih sebelum mengkonsumsinya atau mengolahnya, hal ini bertujuan untuk menghindari kontaminasi kuman, bakteri atau senyawa kimia lainnya dari pestisida yang tertinggal pada kulit buah Kiwi.

Sehingga dengan begitu cara dapat memakan buah Kiwi agar tidak gatal yang dikarenakan alergi yaitu dengan mencucinya hingga bersih sebelum mengkonsumsinya, dan kamu bisa mengikuti caranya seperti diatas.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa cara makan buah Kiwi agar tidak gatal yang bisa kamu coba dan terapkan dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.