Monday, 17 Jun 2024

Cara Melatih Kucing Agar Nurut dan Pintar

6 minutes reading
Thursday, 20 Jul 2023 19:58 0 110 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Gimana sih cara melatih kucing agar nurut dan pintar? Membuat kucing nurut sama kamu. Langsung saja baca artikel ini sampai selesai jika kamu ingin mengetahui bagaimana caranya mengatasi permasalahan tersebut dengan baik dan benar.

Siapa sih yang gak pingin punya kucing yang nurut dan pintar? Sebagai catlover tentu saja akan sangat menyenangkan saat memiliki kucing yang nurut dan pintar. Bisa kita suruh-suruh untuk melakukan berbagai atraksi yang lucu sampai membuatnya menjadi lebih mandiri.

Kucing akan lebih aktif lagi jika kamu ajak dia bermain bersama, lho! Membuatnya jadi lebih aktif. Selain untuk menemaninya bermain, kamu juga dapat menghilangkan stres dan penat ketika sedang lelah. Cocok sebagai partner bermain dan tempat curhat kamu,

Tapi bagaimana caranya biar kucing nurut sama kamu dan pintar? Tenang saja kamu sudah mengunjungi artikel yang tepat! Kamu bisa mengetahui cara-caranya untuk mengatasi hal itu yang akan dituliskan di bawah ini, jadi simaklah dengan seksama!

Cara Melatih Kucing Agar Nurut dan Pintar

Cara Melatih Kucing Agar Nurut dan Pintar

Ingin sekali mempunyai hewan peliharaan yang nurut dan pintar untuk menghibur keseharian kamu yang melelahkan. Apalagi kalau hewan itu adalah kucing yang lucu, gemes, gemay, membuat kamu meleleh hanya dengan memandang atau memperhatikan tingkah lakunya.

Tapi merawat serta melatih hewan itu bukan perkara yang biasa, lho! Apalagi membuatnya nurut sama kamu, pasti harus melakukan pelatihan yang cukup lama dan ekstra sabar. Mau bagaimanapun juga kamu harus mengerahkan berbagai cara dan usaha yang cukup sulit.

Selain itu jika ingin membuat kucing kamu pintar bukan hanya dengan melatihnya, tapi berikan juga asupan vitamin dan gizi yang cukup guna membantu mencerdaskan otak si kucing agar lebih optimal dan aktif. Dengan begitu kamu bisa langsung melatihnya dengan si kucing .

Caranya akan dijelaskan dibawah ini secara menyeluruh supaya mudah dipahami dan bisa kamu praktekkan langsung dengan mudah. Berikut adalah cara melatih kucing agar nurut dan pintar:

Melatih Kucing Dari Kecil

Langkah yang pertama adalah dengan melatihnya dari ia masih kecil agar terbiasa sampai kucing kamu dewasa nanti. Hal ini membantu si kucing untuk membiasakan dirinya dengan hal-hal yang telah kamu perlihatkan atau ajarkan kepada si kucing. Dengan begitu akan tertanam dalam otak si kucing untuk melakukan hal yang sama seperti yang kamu contohkan.

Mulailah dengan mengajarkannya hal-hal yang mendasar, seperti memberinya nama panggilan biar lebih akrab. Cobalah untuk sering memanggilnya dengan sebutan yang telah kamu buat sampai terbiasa pendengaran si kucing, dengan begitu jika sudah terbiasa si kucing akan langsung menghampiri kamu saat dipanggil.

Sering Memberikan Cemilan

Langkah yang kedua adalah dengan memberinya cemilan. Dengan sering memberinya cemilan kepada si kucing, akan membuat kucing kamu lebih penurut. Contoh, seperti saat kamu sedang mengajarkan untuk melakukan sesuatu lalu kamu memberinya hadiah berupa cemilan, itu akan memberikan kesan atau tahap pendekatan agar lebih akrab kepada kamu.

Membuatnya senang terhadap kehadiran kamu karena sering memberi cemilan kepada si kucing. Dengan begitu kucing kamu akan lebih nurut dan mudah untuk kamu perintahkan saat ingin melatihnya dalam berbagai hal. Kucing juga memiliki perasaan saat berinteraksi dengan manusia, lho! Jika kamu membuatnya senang, maka kucing pun akan merasa senang ketika bersama kamu.

Selalu Memanjakannya

Langkah yang ketiga adalah dengan selalu memanjakannya. Mulailah untuk sering-sering mengelus-ngelus kucing kamu, menggendongnya, memeluknya, serta menciumnya sebagai bentuk kasih sayang dan cara kamu memanjakannya. Sehingga kucing kamu pun akan melakukan hal yang sama terhadap kamu, membuatnya merasa disayangi dan dicintai.

Hal ini akan menumbuhkan perasaan yang dapat memberi kehangatan serta kasih sayang dari pemiliknya, dengan begitu si kucing akan lebih nurut dan pintar serta cepat tanggap saat kamu ingin melatihnya. Membangun ikatan yang kuat dengan sesama makhluk hidup, walaupun tidak bisa diperlihatkan secara langsung, namun bisa kamu rasakan dan si kucing pun merasakannya.

Ajak Bermain Bersama

Langkah yang keempat adalah dengan mengajaknya bermain. Mulailah untuk lebih sering mengajaknya bermain bersama supaya si kucing tidak stres dan jenuh. Mendekatkan diri dengan kucing agar lebih akrab sehingga mempermudah kamu dalam mengajaknya bermain dengan mengikuti segala tingkah lakunya yang lucu.

Gunakan alat main seperti tongkat yang digantungi dengan aksesoris dengan cara mengarahkannya ke atas lalu kebawah lagi untuk melatihnya agar bisa meloncat tinggi. Bisa juga dengan cara kamu menyadarkannya sembari lari agar si kucing dapat mengejar kamu untuk melatih kecepatannya.

Kamu juga bisa melatihnya agar kucing kamu pintar dengan cara mengasah kecerdasan serta mempertajam instingnya. Dimulai dengan cara yang bisa kamu perbuat seperti menyuruhnya untuk membedakan aroma suatu makanan atau menggunakan cara seperti melati untuk menghindari area yang berbahaya.

Selain itu bisa juga kamu mengajarkannya cara untuk bertahan hidup dimulai dari cara untuk memburu tikus, belajar memanjat pohon atau bisa menggunakan benda yang tinggi dalam mengajarkan, melakukan perlindungan diri dengan mengajarkan cara untuk melawan musuh seperti menggigit atau mencakar.

Mengajarkan Pup dan Pipis di Kotak Pasir

Terakhir adalah dengan mengajarkan untuk tidak buang air besar atau kecil sembarangan. Biasanya kucing akan menggali tanah sebelum mereka BAB dan biasanya kalau pipis bisa dilakukan dimana saja. Nah, untuk menghindari hal itu apalagi jika kucing peliharaan yang tinggal di rumah pasti sangat sulit dan bisa saja malah BAB atau pipis sembarangan.

Membuat kamu pusing karena bau pup dan pipisnya ada dimana-mana mending kamu mulai untuk mengajarinya BAB atau pipis di kotak pasir. Pasir disini adalah pasir yang memang dikhususkan untuk kucing ya! Biasanya pasir kucing ini memiliki varian aroma supaya tidak menimbulkan bau yang menyengat saat si kucing pup.

Caranya adalah siapkan terlebih dahulu wadah atau box yang sudah diisi pasir khusus kucing, lalu kamu gendong kucing itu dan pindahkan ke dalam box itu saat ingin BAB. Dengan begitu biarkan si kucing untuk BAB disana sampai terbiasa untuk pipis atau pup kedalam kotak pasir tersebut.

Memang awal-awal harus memerlukan bantuan dari kamu sendiri, tapi nanti juga si kucing akan terbiasa saat kamu melatihnya dengan baik dan sesering mungkin sehingga membuatnya mandiri tanpa harus memerlukan bantuan dari kamu saat ingin BAB atau pipis.

Itulah beberapa cara melatih kucing agar nurut dan pintar yang bisa kamu tiru atau lakukan sendiri di rumah untuk melatihnya. Selalu konsisten dalam melakukannya sampai si kucing sudah terbiasa dengan hal-hal yang sudah kamu ajarkan selama ini.

Jangan membuatnya ketakutan dengan cara memukulnya atau menyukainya karena si kucing sangat sensitif terhadap suara dan akan membuatnya menjadi stres akan hal itu. Sehingga membuatnya sakit bahkan trauma kepada manusia. Good Luck Semoga membantu.