Thursday, 18 Jul 2024

Cara Melatih Kucing Pup di WC Jongkok

6 minutes reading
Saturday, 23 Sep 2023 08:10 0 189 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana sih cara melatih kucing pup di wc jongkok? Supaya kucing bisa terlatih untuk pup di wc jongkok. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait cara-cara melatih kucing agar bisa BAB atau pup di wc jongkok.

Pusing banget gak sih kalo si kucing sudah BAB atau pipis dimana aja? Selain rumah jadi bau, kotor, ke kamunya juga pasti bikin stres kan? Memang sudah menjadi resiko jika memiliki hewan peliharaan di rumah. Mau gak mau, harus terima segala resikonya walau melelahkan.

Di Balik kegemaran si kucing, ternyata dalam merawatnya juga bukan main-main. lho! Harus kasih makan yang bergizi, harus mandiin, perlu dilatih juga biar pinter ngelakuin suatu hal dengan sendirinya, terutama untuk melatih kucing agar bisa pup di wc jongkok supaya terbiasa.

Lalu kalau begitu gimana sih cara melatih kucing pup di wc jongkok? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk melatih kucing agar bisa pup di wc jongkok secara jelas supaya dapat kamu pahami. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Melatih Kucing Pup di WC Jongkok

Cara Melatih Kucing Pup di WC Jongkok

Bukan hal yang aneh lagi jika kucing yang baru diadopsi pastinya mereka akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan baik di lingkungan barunya yang masih terasa asing bagi mereka, terutama di lingkungan sekitar rumah dan segala hal-hal yang baru.

Maka dari itu kamu harus mulai memperkenalkan lingkungan barunya terlebih dahulu pada kucing kamu. Lakukan saja dengan perlahan, jangan terlalu memaksakan supaya kucing kamu juga merasa nyaman. Ajari banyak hal yang memang perlu untuk kamu ajari pada kucing.

Salah satunya adalah mengajarkan kucing untuk bisa BAB atau pup di toilet ataupun wc, kalau memang di rumah kamu ada wc jongkok tentu saja ajari cara agar kucing bisa pup di wc jongkok. Lebih bagus lagi kalau kamu mulai mengajarkan sedari kecil agar lebih terbiasa nanti.

Buat kamu yang masih kesusahan atau bingung bagaimana cara untuk mengajarkan kucing untuk bisa pup di wc jongkok, sedangkan kucing tidak bisa jongkok layaknya manusia. Tetapi tidak perlu khawatir dulu akan hal itu, disini akan memberikan tipsnya diantaranya yaitu:

Menyediakan Perlengkapan Untuk Training Kucing

Seperti yang kamu ketahui bahwa kucing tidak bisa menggunakan wc jongkok layaknya manusia, makanya perlu alat bantu sebagai pelatihan atau training terlebih dahulu untuknya. Hal itu agar lebih mempermudah kamu dalam melatih si kucing dan biar gak jatuh juga ke wc.

Maka dari itu sebelum mulai mengajarkan untuk pup di wc, kamu harus menyediakan alat bantu yang nantinya akan diletakan di atas wc jongkok sebagai stimulasi agar kucing setidaknya mengenal atau terbiasa lebih dulu untuk pup di wc. Nah berikut dua jenis alat bantunya, yaitu:

  • Training seat adalah alat bantu untuk kucing sebagai tempat duduk untuk latihan buang air kecil ataupun BAB. Alat ini berbentuk seperti toilet duduk, bedanya bagian tengahnya tidak ada lubang, dan terdapat corak atau lekukan di tengah untuk di isi pasir nantinya.
  • Training Tray adalah alat bantu untuk kucing sebagai tempat duduk untuk latihan buang air kecil ataupun BAB. Alat ini berbentuk seperti kotak persegi panjang dan terdapat jaring-jaring di bagian tengahnya. Alat ini akan diletakkan di atas wc untuk simulasi.

Biasakan Kucing Untuk Pergi ke WC

Jika kucing kamu sekiranya belum terbiasa untuk pergi ke wc, maka perlu untuk membiasakan si kucing terlebih dahulu agar terbiasa pergi ke wc. Lebih bagus lagi kalau diajari pergi ke wc dari kecil saat ingin pipis atau pup, karena hal itu sebagai pelatihan paling utama untuknya.

Akan repot kalau langsung diajarkan untuk pup di wc, sementara itu kucing aja belum terbiasa atau bahkan belum pernah pergi ke wc. Maka dari itu biasakan kucing untuk pergi ke wc dengan berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkenalkan suatu tempat padanya.

Kamu bisa dengan selalu mengajaknya ke wc dengan diiming-imingi makanan atau cemilan kesukaan si kucing. Biarkan si kucing untuk bisa beradaptasi terlebih dahulu di dalam wc, atau bisa juga kamu letakan litter box di dalam wc agar tiap kali ingin pipis atau pup pergi ke wc.

Kenali Ciri atau Tanda Kucing Mau Pup

Sebelum mengajari kucing untuk pup di wc jongkok, kamu juga pastinya harus tau dulu nih seperti apa ciri atau tanda si kucing ketika ingin pup. Kalau kamu sudah cukup paham seperti apa gestur atau perilaku kucing saat kebelet, hal itu akan mempermudah kamu melatihnya.

Saat kucing menunjukan tanda ingin pup, kamu jadi bisa langsung siap-siap untuk mengajaknya ke wc dan biarkan kucing pup di sana. Buat kamu yang masih awam dalam merawat kucing ataupun melatihnya, kenali dulu tanda atau ciri kucing mau pup.

Nah, berikut ada beberapa ciri atau tanda kucing mau pup, diantaranya adalah:

  • Terlihat gelisah dan mengeong-ngeong
  • Kucing terlihat kebingungan mencari tempat untuk pup
  • Mengendus-endus lantai
  • Mengais lantai atau seperti ingin menggali tanah
  • Siap-siap mengambil posisi seperti jongkok di lantai

Memulai Pelatihan Untuk si Kucing

Setelah semua hal di atas itu dipersiapkan dan kucing juga sudah terbiasa pergi ke wc, barulah kamu melatihnya secara bertahap untuk bisa pup di wc jongkok. Walaupun memang awalnya akan cukup sulit, tapi jangan khawatir kamu bisa lakukan cara atau langkah-langkah berikut:

  1. Pasang training seat atau tray di atas wc jongkok (bisa beri sedikit pasir juga diatasnya)
  2. Ajaklah si kucing ke wc setiap kali menunjukkan tanda mau pup
  3. Angkat kucing ke atas training seat atau tray yang telah kamu pasang sebelumnya
  4. Biarkan si kucing pup dengan sendirinya di atas training seat atau tray tersebut
  5. Lepas training seat atau tray jika kucing kamu sudah mulai terbiasa pup di wc
  6. Lakukan hal itu secara berulang-ulang sampai kucing bisa terbiasa pup di wc tanpa adanya alat bantu (training seat atau tray)
  7. Pastikan kucing bisa jongkok dengan baik di samping wc atau dibagian depan wcnya
  8. Arahkan terus supaya si kucing terbiasa pup di wc tanpa training seat dengan memantaunya agar tidak jatuh atau terpeleset ke dalam wc

Itulah beberapa cara melatih kucing pup di wc jongkok yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, agar kucing bisa terlatih dengan baik untuk bisa buang air besar atau pup di wc jongkok. Pastinya kamu juga selalu sigap membantunya sampai kucing benar-benar terbiasa.

Usahakan konsisten dan sabar dalam memberikan pelatihan untuk si kucing, walaupun memang akan memakan waktu yang tidak sebentar. Lebih bagus lagi sering melatihnya dari kecil untuk pup di wc dengan meletakan litter box di toilet. Good Luck semoga membantu.