Thursday, 20 Jun 2024

Cara Melatih Merpati Tinggian Rumahan

5 minutes reading
Tuesday, 31 Oct 2023 03:17 0 384 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Dalam melatih burung merpati yang tentu saja menjadi salah satu hal yang menyenangkan bahkan bisa dilakukan dengan sangat mudah, untuk kamu yang belum tahu dengan cara melatih merpati tinggian rumahan maka bisa dengan simak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Pastinya sudah tidak asing lagi mendengar burung merpati karena memang burung jenis yang satu ini sudah banyak yang memeliharanya sejak dulu, dimana burung merpati menjadi salah satu jenis burung yang memiliki banyak peminatnya karena burung ini relatif lebih mudah dipelihara.

Tetapi untuk bisa menjadikan burung merpati pilihan kamu dapat memiliki kemampuan terbang yang cepat, tinggi dan juga berkualitas tentu saja hal tersebut tidak bisa didapatkan begitu saja, karena hal ini yang tentu saja dibutuhkan perawatan yang khusus.

Perawatan khusus tersebut yang biasanya dilakukan untuk burung merpati yang akan mengikuti kontes atau lomba kejuaraan, selain dengan perawatan yang khusus burung merpati juga yang biasanya diikutsertakan dalam kontes melewati pelatihan-pelatihan terbang yang khusus tidak biasa.

Pada artikel kali ini kita yang akan membahas dengan beberapa tips atau cara perawatan dan juga latihan agar bisa mendapatkan burung merpati diikutsertakan dalam kontes agar bisa terbang dengan tinggi dan juga cepat, untuk mengetahuinya maka bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Cara Melatih Merpati Tinggian Rumahan

Cara Melatih Merpati Tinggian Rumahan

Tentu saja untuk kamu yang memiliki burung merpati pastinya ingin melihat burung merpati yang berkualitas baik untuk tinggian walaupun burung merpati rumahan, untuk melatih burung tersebut sebenarnya sangat mudah dilakukan jika kamu sebagai pemiliknya menyayanginya.

Agar cara melatih merpati tinggian rumahan ini yang dijamin tidak sia-sia maka sebaiknya kamu melatih burung merpati piyik dari keturunan yang sudah diketahui dengan ketinggian terbangnya dan juga tentang bagaimana menukiknya, umumnya burung merpati piyik merpati memiliki elar 4 sudah dapat dilatih oleh kamu.

Terdapat beberapa cara melatih merpati tinggian rumahan yang bisa kamu coba terapkan yaitu sebagai berikut:

Berlatih Dengan Teratur

Cobalah untuk membuat jadwal pelatihan yang secara teratur untuk burung merpati yang menjadi salah satu cara melatih merpati tinggian rumahan, untuk waktu yang baik dalam melakukan latihan yaitu sekitar jam 8 pagi sampai jam 9 pagi.

Dilanjut lagi pada sore hari yaitu sekitar pukul 3 sore hingga 5 sore, tetapi pastikan untuk memperhatikan kondisi cuaca dan jangan melatih burung merpati pada saat cuaca sedang mendung karena akan mempengaruhi pada performa terbang burung merpati karena dengan awan mendung atau gelap bisa menyulitkan burung mencari arah.

Dengan Menggunakan Burung Merpati Pelatih

Untuk cara melatih merpati tinggian rumahan dilatih dengan menggunakan burung merpati pelatih atau yang sudah mapan yang sudah memiliki ketinggian terbang yang cukup, sehingga dengan begitu burung merpati tersebut yang bisa menjadi pelatih untuk seekor burung merpati peliharaan kamu.

Untuk beberapa sifat burung merpati yang bisa dijadikan pelatih yaitu sebagai berikut:

  • Sudah terlatih dengan jarak pendek atau jauh dan berbagai arah.
  • Tidak galak pada saat diterbangkan berpasangan.
  • Pada saat dilepas langsung terbang mengintari tempat di terbangkan hingga pada ketinggian yang tertentu, baru dia akan pulang ke  tempat awalnya.
  • Selalu mengikuti arah kemana pasangannya pergi.
  • Tidak perlu turun jika tidak di kelepek betinanya.
  • Bisa menukik sekitar 90 derajat atau maksimal menukik sebesar 75 derajat.

Pada saat memulai pelatihan burung merpati terdapat beberapa hal harus diketahui yaitu sebagai berikut:

  • Dengan melakukan latihan secara teratur.
  • Memilih waktu yang tepat.’
  • Membawa pelatih cadangan untuk keamanan.
  • Jangan menambah jarak tempuh jika burung merpati sudah mulai kebingungan untuk pulang.
  • Latihan sendiri tidak harus terus menerus menggunakan pelatih.
  • Perlu memperhatikan burung merpati terlihat  tahu jalan pulang, maka harus ingat bahwa burung tersebut dituntut oleh pelatih.

Memperhatikan Kesehatannya

Kesehatan burung merpati menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk membuat burung tersebut bisa terbang dengan tinggi dan juga cepat, untuk menjaga kesehatan burung merpati dengan mudah tetapi buruh keuletan yaitu dengan menjaga pola makan, minum yang teratur dan juga memperhatikan kebersihan kandang.

Kebersihan kandang yang disepelekan oleh sebagian orang padahal sebenarnya kandang yang kotor bisa mengundang berbagai parasit yang bisa menyerang kesehatan burung merpati, oleh karena itu sebaiknya membersihkan kandang burung merpati secara rutin agar tetap bersih.

Dengan Melatih Jarak Terbang Secara Bertahap

Dalam melatih burung merpati tentu saja harus dilakukan secara bertahap jangan sampai terburu-buru jarak jauh, dimana di awal burung merpati yang masih dalam tahap latihan giring dan latihlah dari atas kandang ke bawah lakukan secara berulang hingga burung merpati jantan fokus dengan betinanya.

Jika burung merpati jantan yang telah fokus pada burung merpati betina atau giring keras, maka bisa untuk mulai melatih jarak sedang, terakhir jika dirasa burung merpati yang sudah siap dan bisa di tes dengan jarak yang jauh dan bisa juga disandingkan dengan burung merpati pelatih di awalnya dan lakukan dengan sabar dan konsisten.

Menjemurnya Secara Rutin

Untuk membantu menjaga kondisi burung merpati maka pastikan secara rutin kamu menjemurnya setiap hari dari jam 9 ke atas, namun sebelum menjemur burung merpati maka sebaiknya burung merpati dibasahi terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat terutama pada bagian dada, kaki dan juga sayapnya.

Kamu bisa dengan menjemurkan burung merpati di bawah sinar  matahari yang sangat baik untuk tubuh burung merpati, hal ini karena sinar matahari yang mempunyai kandungan vitamin D yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang burung merpati.

Dengan Memberikan Jamu

Terakhir kamu bisa dengan memberikan jamu yang sangat baik untuk burung merpati yang sangat penting membantu membuat burung bisa terbang dengan tinggi dan juga cepat, bahkan selain itu burung merpati yang diberi jamu bisa meningkatkan stamina burung merpati.

Sehingga dengan begitu burung tersebut menjadi kuat, memiliki energi yang banyak untuk bisa mengepakkan sayapnya menjadi lebih cepat dari pesaingnya, sehingga dalam proses cara melatih merpati tinggian rumahan bisa dengan memberikan jamu.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara melatih merpati tinggian rumahan yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu coba terapkan dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.