Saturday, 22 Jun 2024

Cara Melihat Biaya Perpanjangan STNK

6 minutes reading
Thursday, 13 Jul 2023 15:42 0 207 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Ada beberapa cara melihat biaya perpanjangan STNK yang bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah, cara ini bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus bersusah payah mengantri di kantor perwakilan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau SAMSAT.

Pada umumnya cara melihat biaya perpanjangan STNK dapat kita dapatkan saat mengunjungi loket informasi yang ada pada setiap kantor SAMSAT terdekat di daerah kamu dan perlu ikut dalam antrian meskipun hanya ingin bertanya biaya perpanjangan STNK. Akan tetapi saat ini seiring kemajuan teknologi dan juga pembenahan sistem administrasi, maka untuk loket informasi pun telah tersedia khusus dan juga cara lain yang diberikan oleh pemerintah sebagai solusi alternatifnya.

Fungsi Utama Dari STNK

Cara melihat biaya perpanjangan STNK sangat perlu dipahami dan diingat selalu karena fungsi utama STNK adalah sebagai bukti administratif kepemilikan kendaraan bermotor yang sah dan resmi di Indonesia. STNK juga berfungsi sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pemeriksaan berkala kendaraan bermotor (PKB) yang telah dilakukan.

Selain kamu harus paham cara melihat biaya perpanjangan STNK,  kamu juga harus selalu membawa STNK saat sedang berkendara atau kamu akan dikenakan sanksi yang sesuai dengan Undang-Undang tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Undang-undang tersebut mengatur tentang sanksi yang berupa denda maupun sanksi lainnya apabila seseorang berkendara tanpa membawa STNK.

Cara Melihat Biaya Perpanjangan STNK

STNK adalah salah satu dokumen resmi yang harus dimiliki oleh pengguna kendaraan bermotor dan juga cara melihat biaya perpanjangan STNK sangat wajib diketahui agar tidak terjadi penundaan pembayaran. STNK bukan hanya sekedar digunakan untuk bukti dari pelunasan pajak kendaraan yang dibayarkan setiap tahunnya, akan tetapi dapat juga sebagai bukti kepemilikan dari kendaraan bermotor tersebut

Cara Melihat Biaya Perpanjangan STNK di SAMSAT

Untuk cara melihat biaya perpanjangan STNK langsung di kantor perwakilan SAMSAT atau SAMSAT Keliling kamu bisa melakukan tahapan berikut ini:

  1. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti KTP dan STNK kendaraan.
  2. Datang ke kantor SAMSAT terdekat.
  3. Ambil antrian untuk loket informasi atau pelayanan pengecekan plat kendaraan.
  4. Isi formulir dan serahkan KTP dan STNK kendaraan.
  5. Menunggu hasil validasi data
  6. Setelah itu kamu akan menerima informasi yang biasanya berupa kertas atau lembaran print out yang berisi informasi tentang kendaraan termasuk besaran nominal pajak kendaraan atau biaya perpanjangan STNK.

Apabila kamu hendak mengetahui biaya perpanjangan STNK melalui SAMSAT keliling, maka kamu dapat langsung bertanya kepada petugas yang berada dilokasi perihal prosedur untuk mengetahui cara melihat biaya perpanjangan STNK pada SAMSAT keliling tersebut. Hal ini diperlukan karena tidak semua SAMSAT keliling menyediakan loket khusus untuk informasi.

Cara Melihat Biaya Perpanjangan STNK melalui Website Resmi

Selain cara melihat biaya perpanjangan STNK secara konvensional, yakni mengunjungi kantor perwakilan SAMSAT maupun SAMSAT keliling, kamu juga bisa memanfaatkan layanan online yang disediakan pemerintah melalui website resmi SAMSAT yang disediakan oleh Pemerintah Daerah setempat. Berikut ini adalah contoh melakukan pengecekan untuk DKI Jakarta:

  1. Buka situs https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/.
  2. Isi informasi NoPol ( Nomor Polisi atau Plat Nomor Kendaraan ).
  3. Masukan NIK (opsional).
  4. Konfirmasi bahwa kamu bukan robot.
  5. Tekan tombol cari.

Selanjutkan kamu tinggal menunggu hasil pencarian yang akan menampilkan informasi kendaraan dan juga biaya perpanjangan STNK yang harus dibayarkan. Sedangkan untuk wilayah lainnya bisa membuka halaman website SAMSAT online setempat. Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur bisa mengakses halaman resmi SAMSAT untuk provinsi Jawa Timur di https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/.

Cara Melihat Biaya Perpanjangan STNK melalui Aplikasi SIGNAL

Perlu kamu ketahui bahwa saat ini cara melihat biaya perpanjangan STNK secara online atau melalui website resmi secara bertahap sedang dialihkan ke sistem SAMSAT Digital Nasional atau SIGNAL. Sehingga untuk sebagian besar daerah lainnya bisa mengikuti cara melihat biaya perpanjangan STNK melalui SIGNAL yang berlaku secara bertahap di seluruh wilayah Indonesia.

Cara melihat biaya perpanjangan STNK melalui aplikasi Signal saat ini dapat menggunakan perangkat berbasis Android dan iOS yang dapat diunduh melalui situs resmi SIGNAL maupun melalui Google Play Store dan Apple App Store.

Berikut ini adalah cara melihat biaya perpanjangan STNK melalui SIGNAL dengan asumsi kamu telah mendownload dan telah memiliki aplikasi SIGNAL atau SAMSAT Digital Nasional:

  1. Sebelum dapat menggunakan aplikasi SIGNAL kamu harus melakukan registrasi atau pendaftaran terlebih dahulu dengan memasukan data yang akurat seperti NIK, Nama sesuai eKTP, alamat e-mail, nomor handphone serta password yang akan digunakan.
  2. Setelah proses registrasi selesai kamu akan diminta konfirmasi validasi data melalui SMS atau via Email.
  3. Setelah akun SIGNAL kamu berhasil di validasi, maka kamu dapat segera login dan menggunakan aplikasi SIGNAL kamu.
  4. Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan data kendaraan seperti STNK, NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor), 5 digit nomor rangka dan beberapa data kendaraan.
  5. Setelah input data kendaraan selesai kamu lakukan, maka cara melihat biaya perpanjangan STNK dilakukan dengan masuk ke bagian pembayaran.
  6. Pada bagian pembayaran ini kamu dapat melihat informasi terkait biaya yang perlu kamu bayarkan untuk perpanjangan STNK.

Kelebihan menggunakan cara melihat biaya perpanjangan STNK melalui aplikasi SIGNAL ini adalah, kamu juga dapat sekaligus melakukan pembayaran secara online tanpa harus datang ke kantor SAMSAT. Cara melakukan pembayaran melalui signal pun cukup mudah seperti berikut ini:

  1. Masuk ke menu pembayaran.
  2. Selanjutnya kamu tinggal Generate Kode Bayar yang akan kamu gunakan saat melakukan pembayaran.
  3. Setelah itu kamu bisa pilih Bank yang akan digunakan untuk bertransaksi.
  4. Selanjutnya cukup tekan Lanjut.
  5. Aplikasi akan menampilkan cara pembayaran yang bisa kamu lakukan sesuai dengan Bank yang dipilih.
  6. Kemudian kamu tinggal Pilih “Lanjut”.
  7. Proses telah selesai, kamu tinggal lakukan pembayaran yang secara online akan terupdate pada sistem secara otomatis.

Meskipun proses pembayaran ini dapat terverifikasi secara otomatis, namun kamu perlu untuk tetap menyimpan struk atau bukti pembayaran yang kamu lakukan. Hal ini perlu kamu lakukan agar apabila terjadi kesalahan sistem maka kamu dapat melakukan klaim bahwa kamu telah melakukan pembayaran dengan menunjukkan struk pembayaran tersebut.

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara melihat biaya perpanjangan STNK dan juga informasi terbaru tentang program SIGNAL atau SAMSAT Digital Nasional yang baru diluncurkan oleh Pemerintah Indonesia. Kemudahan dalam melakukan pembayaran atau perpanjangan STNK tetap memerlukan kecermatan kamu selaku pemilik kendaraan dengan cara melakukan screenshot atau tangkapan layar terkait pembayaran serta menyimpan struk atau bukti pembayaran sebagai data bahwa kamu benar telah melakukan pembayaran.

Setelah mengetahui cara melihat biaya perpanjangan STNK, jangan lupa untuk selalu melakukan perpanjangan STNK atau pajak kendaraan bermotor sebelum jatuh tempo agar terhindar dari denda maupun sanksi lainnya.