Cara Memandikan Burung Hantu

4 minutes reading
Sunday, 15 Oct 2023 17:42 0 24 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Untuk yang masih pemula tentu saja untuk cara memandikan burung hantu yang masih banyak belum mengetahuinya lebih dalam lagi, nah untuk kamu yang ingin tahu dengan cara memandikan burung hantu dengan baik dan benar maka bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan baik.

Mulai sekarang ini memang sudah banyak sekali yang ingin memelihara burung hantu yang satu ini karena burung hantu yang berbeda dengan jenis burung lainnya, dalam pemeliharaan burung hantu juga yang terbilang cukup sulit karena burung hantu ini termasuk burung predator.

Burung hantu memang sudah termasuk salah satu jenis hewan peliharaan dan sebelum memilih untuk memelihara burung hantu di rumah sebaiknya untuk mengetahui dengan cara merawat burung hantu dengan baik dan benar salah satunya cara memandikannya.

Untuk kamu yang masih pemula dan pertama kalinya memelihara burung hantu tentu saja ingin mengetahui dengan bagaimana cara memandikan burung hantu dengan baik dan benar, sebenarnya dalam memandikan burung hantu sendiri terdapat aturan yang yang harus dipelajari agar burung hantu tersebut tetap sehat.

Kamu yang ingin memandikan burung hantu jangan sampai asal-asalan dan juga ceroboh memandikannya, karena jika kamu memandikan burung hantu dengan asal-asalan yang tentu saja akan berdampak negatif pada burung hantu tersebut seperti sakit atau stres.

Sebelum memandikan burung hantu pastikan burung hantu dalam keadaan yang sehat dan tidak stres agar kestabilan tubuhnya tetap terjaga, untuk itu agar lebih jelasnya cara memandikan burung hantu bisa simak ulasannya dibawah ini dengan seksama.

Cara Memandikan Burung Hantu

Cara Memandikan Burung Hantu

Dimana sebelum kamu mengetahui dengan langkah-langkah untuk cara memandikan burung hantu sebaiknya kamu harus mengecek kondisi burung hantu tersebut terlebih dahulu, apakah burung hantu peliharaan kamu yang dalam keadaan sehat, fit dan juga tidak mengalami stres.

Karena jika burung hantu peliharaan kamu dalam keadaan sakit yang nantinya dapat memperparah keadaannya, adapun untuk cara memandikan burung hantu yang terdapat 2 metode yang bisa kamu coba lakukan dan terapkan yaitu sebagai berikut:

Menggunakan Baskom atau Nampan

Untuk cara memandikan burung hantu yang pertama bisa kamu coba lakukan dan terapkan yaitu dengan menggunakan baskom atau nampan, dimana untuk cara yang pertama ini biasanya kerap digunakan oleh para pecinta burung untuk memandikan burung kesayangannya termasuk juga burung hantu.

Cara memandikan burung hantu yang satu ini juga relatif lebih simple dan juga mudah yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu kamu hanya perlu untuk menyiapkan baskom yang berukuran sedikit besar dan juga air.
  • Setelah keduanya siap kemudian silahkan masukkan air yang sudah disiapkan ke dalam baskom tersebut dengan kedalaman sekitar setinggi paha burung.
  • Pastikan airnya jangan terlalu dalam nantinya burung hantu yang bisa tenggelam
  • Jika sudah siap selanjutnya kamu tinggal mengambil burung hantu kemudian letakkan burung tersebut di atas wadah yang telah diisi air.
  • Biarkan¬† burung hantu mandi dengan sendirinya.
  • Umumnya untuk mandi burung hantu yang membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 15 menit agar burung hantu kamu benar-benar bersih.
  • Disarankan burung hantu dimandikan pada waktu di pagi hari di bawah pukul 09.00 WIB.
  • Biarkan setelah mandi burung hantu yang dapat langsung di jemur sekitar 10 menit.

Dengan Disemprot atau Diguyur

Untuk memandikan burung hantu yang sudah dewasa yang bisa dilakukan dengan cara diguyur atau di semprot dengan menggunakan selang, tetapi agar lebih amannya sebaiknya memandikan burung hantu dengan disemprot menggunakan alat semprot baju saja dan untuk cara melakukannya yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu sebelum memandikan burung hantu sebaiknya copot semua aksesoris yang terdapat pada burung hantu dimulai dari lease, anklet-jesse, hood dan juga yang lain sebagainya.
  • Kemudian bersihkan kotoran yang menempel pada burung hantu sebelum kamu menyemprotnya, karena kotoran membandel tidak dapat dihilangkan hanya dengan disemprot saja.
  • Jika semuanya sudah bersih dan tidak terdapat aksesoris yang menempel selanjutnya tinggal kamu semprot-semprot hingga bersih.
  • Tapi usahakan kamu sudah mengatur volume air yang keluar, semprotannya yang dibuat menyebar.
  • Jika sudah selesai dan sudah bersih kemudian kamu keringkan dengan menggunakan handuk.
  • Sesudahnya kamu bisa menjemur burung hantu di bawah sinar matahari pagi.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara memandikan burung hantu yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu coba terapkan dengan mudah dirumah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.