Cara Memandikan Kelinci Tanpa Hair Dryer

5 minutes reading
Friday, 17 Nov 2023 08:28 0 6 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya mengenai dengan bagaimana cara memandikan kelinci tanpa hair dryer? Sebenarnya memang terdapat cara lain bisa dilakukan untuk memandikan kelinci, untuk mengetahui caranya maka bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Sebagian orang memiliki hewan peliharaannya seperti kucing dan anjing, namun selain itu juga banyak orang yang memilih untuk memelihara kelinci di rumahnya dan kelinci ternyata menjadi salah satu hewan peliharaan yang cukup populer.

Kelinci merupakan salah satu jenis hewan yang terlihat sangat menggemaskan dan lucu, sehingga tidak heran jika banyak orang yang memilih untuk memelihara kelinci di rumahnya yang dijadikan sebagai hewan peliharaan kesayangannya.

Dengan memelihara kelinci di rumah yang tentu saja sangat menyenangkan dan bahkan bisa memberikan banyak manfaat untuk pemiliknya, dengan memiliki hewan peliharaan yang bisa meningkatkan kesehatan, membawa kebahagiaan dan bahkan dapat menurunkan stress.

Kelinci termasuk hewan tidak perlu dimandikan karena mereka bisa self-grooming jadi kelinci pinter membersihkan diri sendiri, kelinci secara naluriah sudah dapat memastikan apakah dirinya cukup bersih atau tidaknya dan jika tidak maka mereka yang akan lanjut membersihkan diri sendiri.

Namun terkadang kelinci yang akan mengalami tubuhnya kotor dengan kotoran atau lumpur habis main, tentu kondisi seperti ini tidak enak untuk dilihat atau dipandang, oleh karena itu kamu sebagai pemiliknya maka harus mengetahui dengan cara memandikan kelinci tanpa hair dryer.

Walaupun memang kelinci akan lebih cenderung panik pada saat bersentuhan dengan air, bahkan tidak hanya itu kelinci juga yang bahkan dapat mematahkan anggota tubuhnya pada saat mereka meronta-ronta secara berlebihan untuk menghindari bersentuhan dengan air.

Tetapi jika memang kotoran yang ada pada bulu kelinci yang sulit bersih maka kamu bisa dengan memandikannya dengan tepat dan benar, lalu cara memandikan kelinci tanpa hair dryer? Yuk simak ulasan di bawah ini dengan seksama.

Cara Memandikan Kelinci Tanpa Hair Dryer

Cara Memandikan Kelinci Tanpa Hair Dryer

Dimana memelihara kelinci yang menjadi hobi kebanyakan orang dan mungkin termasuk kamu, dalam memelihara kelinci kamu sebagai pemiliknya tentu saja harus memperhatikan kebersihan dan juga kesehatannya secara rutin dengan memandikan dan juga memberikan asupan gizi yang baik dan seimbang.

Sebelum memelihara kelinci tentu saja kamu perlu mengetahui dengan hal-hal yang penting mengenai dengan seputar perawatannya, kelinci adalah jenis hewan yang menyukai kebersihan sehingga jika bulu dan tubuhnya tidak bersih maka bisa terserang penyakit seperti scabies atau kudis.

Penyakit tersebut yang bisa menular ke manusia oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui cara memandikan kelinci tanpa hair dryer agar kelinci tetap bersih dan juga sehat, memandikan kelinci berbeda dengan pola memandikan hewan lainnya.

Berkaitan dengan hal tersebut kali ini kita akan membahas dengan cara memandikan kelinci tanpa hair dryer, karena memang kelinci yang membutuhkan trik mandi yang tepat dan benar karena mengingat hewan kelinci yang satu ini begitu sangat aktif.

Untuk memandikan kelinci sendiri yang sangat identik dengan penggunaan hair dryer terutama pada saat setelah proses mandi selesai, apalagi tidak semua orang memiliki alat hair dryer namun jangan khawatir karena masih ada cara lain untuk memandikan kelinci tanpa hair dryer.

Memandikan kelinci sendiri terbagi ke dalam beberapa tahapan namun pada pokoknya pastikan jika kelinci peliharaan kamu yang benar-benar bersih dan nyaman pada saat dimandikan, adapun untuk cara memandikan kelinci tanpa hair dryer sebagai berikut:

Dijemur di Bawah Sinar Matahari

Untuk cara memandikan kelinci tanpa hair dryer yang pertama bisa kamu lakukan yaitu dengan cara menerapkan di jemur di bawah sinar matahari adapun caranya sebagai berikut:

  • Sebelumnya silahkan persiapkan baskom berisi air hangat, sampo, bedak bayi, kapas, handuk kering, baby oil, dan juga gunting kuku.
  • Jika semuanya sudah dipersiapkan selanjutnya gendong kelinci dengan posisinya membelakangi kamu.
  • Lalu tutup telinga kelinci dengan menggunakan kapas.
  • Kemudian masukkan ke dalam baskom yang berisi air hangat.
  • Masukkan secara perlahan agar kelinci tidak berontak karena kaget.
  • Selanjutnya pastikan semua permukaan tubuh kelinci basah.
  • Ambil sambo dan oleskan secukupnya pada permukaan tubuh kelinci.
  • Lalu pijat pelan-pelan secara rata sampai semua kotoran yang menempel pada bulu¬† kelinci bersih.
  • Kemudian bilas sampai bulunya kembali bersih tanpa ada sisa busa, lalu angkat kelinci dari baskom dan balut dengan menggunakan handuk kering yang bersih.
  • Handuk ini berguna untuk mengeringkan bulu kelinci, kemudian jemur kelinci di bawah sinar matahari langsung dan pastikan tidak lewat dari jam 10 pagi.
  • Jika sudah kering maka selanjutnya membersihkan bagian telinga dan kuku kelinci dengan menggunakan cotton bud dan juga gunting kuku khusus.
  • Sebelum mengembalikan kelinci ke kandang kamu bisa dengan menaburi bulunya sedikit dengan bedak bayi dan menyisir bulunya sampai rapi.

Dengan Menggunakan Tepung Jagung

Untuk cara memandikan kelinci tanpa hair dryer yang selanjutnya bisa kamu coba lakukan yaitu dengan menggunakan tepung jagung, biasanya untuk cara yang satu ini dilakukan oleh peternak kelinci dan kelinci dipeliharanya sering terkena lumpur dan cukup sulit dimandikan dengan menggunakan air saja.

Bahkan selain itu juga, dengan menggunakan tepung jagung dalam memandikan kelinci yang dinilai efektif untuk kamu yang memiliki banyak kelinci, agar dapat lebih cepat proses membersihkan tubuh kelinci tanpa harus menggunakan air dan juga haid dryer.

Biasanya jika kelinci dipaksakan mandi dengan air yang akan beresiko kelinci yang akan berontak dan proses memandikannya menjadi lebih lama, adapun untuk cara memandikan kelinci tanpa hair dryer dengan menggunakan tepung jagung yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu bisa meletakkan kelinci dalam posisi yang ternyaman.
  • Kemudian kamu bisa dengan memberi sedikit tepung jagung pada bagian tubuh kelinci yang kotor.
  • Setelah itu gunakan sisir khusus untuk kelinci dan sisir pada bagian yang telah diberi tepung sehingga kotoran yang menempel pada kelinci menjadi rontok.

Ternyata terdapat beberapa cara memandikan kelinci tanpa hair dryer yang bisa kamu coba terapkan dan lakukan jika tidak ingin kelinci yang kamu miliki banyak tingkah pada saat dimandikan, lakukan cara yang paling efisien karena hasilnya yang tetap sama.

Hasilnya yaitu dapat membersihkan dan juga membuat bulu kelinci kembali menjadi bersih tanpa ada noda atau kotoran menempel pada bulu kelinci, untuk kamu yang membutuhkan kepraktisan dalam proses memandikan kelinci dengan baik maka bisa dengan membawanya ke layanan grooming di pet shop atau vet terpercaya.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara memandikan kelinci tanpa hair dryer yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu coba terapkan dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.