Monday, 17 Jun 2024

Cara Memandikan Kucing Agar Tidak Berontak

6 minutes reading
Saturday, 26 Aug 2023 17:31 0 190 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara memandikan kucing agar tidak berontak? Supaya si kucing bisa tenang selama proses memandikannya. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari cara terkait cara untuk memandikan si kucing agar tidak memberontak.

Seringkali ketika memandikan kucing, pasti gak bisa diem selalu kaburlah, nyakar-nyakar, bahkan sampai gigit tangan kamu. Selain itu juga suka heboh banget, mengeong-ngeong seperti sedang protes kalau mereka tidak mau mandi membuat kamu harus ekstra sabar.

Sudah resiko sih menjadi babu si kucing, eh maksudnya sebagai pemilik atau majikan kucing kesayangan kamu di rumah. Memang kucing ini kebanyakan takut air, entah itu mereka takut basah atau takut kedinginan jadinya saat dimandikan selalu saja memberontak tidak tenang.

Lalu kalau begitu bagaimana caranya agar si kucing tidak berontak saat dimandikan? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara memandikan kucing agar tidak memberontak terus-terusan saat dimandikan. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Memandikan Kucing Agar Tidak Berontak

Cara Memandikan Kucing Agar Tidak Berontak

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai penyebab kucing memberontak ketika sedang dimandikan dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Penting sekali untuk kamu kenali hal tersebut agar mempermudah kamu dalam memandikan.

Sebagai cat lovers, tentunya sering banget nih menghadapi permasalahan seperti ini setiap harinya. Apalagi kalau kamu mempunyai kucing yang lumayan tidak bisa di atur, saking hiperaktifnya mereka. Adapun kucing yang anti banget sama air, bikin kamu cukup kesulitan.

Bikin kamu pusing banget biar bisa memandikan si kucing ini dengan tenang, yang ada gk bisa diem sama sekali, hebohh lah memberontak lah dan lain sebagainya. Sebenarnya kenapa sih kucing selalu berontak saat dimandikan? Apa mereka takut air? Berikut penyebabnya, yaitu:

  1. Memiliki trauma terhadap air
  2. Suhu air yang terlalu dingin
  3. Sulit mengontrol tubuhnya
  4. Tidak terbiasa dengan air
  5. Tidak bisa berenang

Itulah beberapa sebagian kecil penyebab kucing sering memberontak ketika dimandikan, memang banyak alasannya tergantung apa yang dirasakan dan dialami oleh si kucing sendiri. Nah, buat kamu yang ingin mengatasi hal tersebut supaya si kucing tidak berontak lagi saat dimandikan bisa ikuti cara-cara sebagai berikut:

Pastikan Suhu Airnya Pas

Hal yang pertama ketika akan memandikan si kucing adalah dengan mengatur suhu air yang nyaman untuk tubuh si kucing. Jangan gunakan air dingin saat memandikan si kucing, hal itu akan membuatnya merasa terkejut karena suhu dinginnya sehingga membuatnya berontak.

Gunakan air hangat dengan suhu yang pas, tidak terlalu panas dan tidak dingin tapi hangat. Seperti halnya ketika memandikan anak kecil, begitupun dengan kucing yang sama sensitifnya terhadap suhu air yang dapat membuatnya tidak bisa mengontrol suhu tubuhnya tetap stabil.

Gunakan Air bersih

Salah satu penyebab kucing tidak mau mandi atau memberontak adalah faktor air yang membuat si kucing tidak nyaman dengan bau maupun kondisi air tersebut.

Gunakan air bersih yang telah kamu hangatkan terlebih dahulu agar si kucing merasa nyaman saat dimandikan dan tidak akan lagi memberontak.

Mandikan Diwaktu Yang Tepat

Pastikan kamu juga memandikan si kucing pada waktu yang tepat, yaitu pagi hari tepatnya di jam 7-8 dimana ada cahaya matahari pagi yang bagus untuk menjaga suhunya tetap stabil dan juga membantu si kucing agar terhindar dari flu serta meningkatkan imun tubuhnya.

Dengan begitu kamu bisa menjemurnya juga setelah kucing mandi, supaya lebih fresh, sehat, dan nyaman. Hindari memandikannya di siang hari di bawah terik matahari dan sore hari yang suhu udaranya akan mulai semakin terasa dingin yang dapat mengakibatkan kucing flu.

Mandikan Dengan Runtut

Hal paling penting dalam memandikan si kucing yang senang memberontak ini adalah harus dengan runtut atau sesuai aturan. Jangan langsung mengguyur si kucing dengan air, pastikan untuk membasahinya sedikit demi sedikit supaya dapat menyesuaikan suhu tubuhnya.

Lakukan dengan perlahan namun pasti, jangan menyakitinya dengan air. Cobalah untuk membersihkan bagian kepalanya terlebih dahulu menggunakan waslap yang di basahi air, lalu basahi sedikit demi sedikit sampai ke seluruh tubuhnya dan barulah memandikannya.

Berikut ada tata cara memandikan kucing agar tidak berontak, diantaranya adalah:

  1.  Pastikan untuk menyediakan air hangat, bak mandi kucing, shampo kucing, dan handuk untuk kucing.
  2. Isi bak mandi si kucing dengan air hangat, cukup setengahnya saja jangan sampai penuh.
  3. Basahin si kucing terlebih dahulu dengan perlahan mulai dari kakinya, mengelap-lap membersihkan bagian kepalanya, sampai basahi tubuhnya dengan perlahan saja jangan terlalu mengguyurnya (gunakan air hangat juga).
  4. Jika sudah terbasahi seluruhnya, baru kamu masukan si kucing ke bak mandi yang telah diisi air hangat dan biarkan si kucing berendam agar lebih nyaman.
  5. Tuangkan shampo secukupnya pada tubuh atau bulu si kucing, lalu gosok pelan-pelan dengan lembut sampai berbusa (pastikan tidak terkena mata si kucing shamponya).
  6. Jika dirasa sudah cukup berbusa, kamu bisa sambil memijit-mijit tubuhnya agar shampo lebih meresap kebagian kulit si kucing dengan baik (lakukan gerakan lembut, jangan terlalu kasar).
  7.  Jika sudah bersih, bilas si kucing dengan air hangat bersih agar sisa-sisa shampo yang menempelnya hilang.
  8. Selimuti si kucing dengan handuk (bisa sambil menggendongnya juga) keringkan bulunya dengan handuk secara lembut jangan menggosoknya terlalu kencang.
  9. Selesai mandi pastikan untuk menjemur si kucing di bawah sinar matahari pagi selama 5 menit agar tidak flu.
  10. Selanjutnya kamu bisa berikan vitamin bulu untuk memperhalus dan melembutkan bulu dan kulit si kucing sehabis mandi.

Peringatan!

Usahakan untuk tidak memandikan kucing terlalu sering cukup setiap 4-6 minggu sekali saja, karena kucing sendiri bisa membersihkan tubuhnya sendiri. Hal itu juga dapat menyebabkan bulu kucing rontok dan kulitnya kering hingga iritasi jika kamu terlalu sering memandikannya.

Gunakan produk shampo khusus untuk kucing juga, jangan gunakan shampo sembarangan seperti produk shampo manusia atau shampo yang bukan untuk kucing gunakan. Karena mau bagaimanapun juga pH kucing dengan manusia berbeda dan itu akan membuatnya rontok.

Selain itu memandikan si kucing dalam seminggu sekali tidak direkomendasikan, jika kucing kamu dalam keadaan normal tidak memiliki masalah khusus cukup ikuti sesuai aturan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa cara memandikan kucing agar tidak berontak yang bisa kamu tiru atau lakukan di rumah, agar dapat memandikan si kucing dengan baik supaya tidak memberontak lagi. Pastikan tidak dengan cara memaksanya atau langsung mengguyur si kucing dengan air dingin.

Jika kucing kamu dalam kondisi tertentu seperti jamuran atau kutuan, kamu bisa memandikan si kucing 2x dalam seminggu sampai terbasmi dengan baik pakai shampo khusus anti kutu atau anti jamur yang bisa kamu dapatkan di petshop atau olshop. Good Luck semoga membantu.