Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Alami

6 minutes reading
Tuesday, 31 Oct 2023 00:07 0 20 Muti Karya

Nesiaverse.com – Cara untuk membersihkan paru-paru, umumnya dapat dilakukan secara alami. Yang mana kamu dapat memperhatikan jenis asupan makanan, minuman serta aktivitas yang akan mempengaruhi kesehatan organ pernapasan dalam tubuh kamu. Hal satu ini tentunya penting dilakukan, karena paru-paru sendiri merupakan salah satu organ vital yang ada dalam tubuh manusia yang berperang penting guna menjalankan sistem pernapasan. 

Namun, terkadang, paru-paru kemenag dianggap tidak sehat karena ada keluhan yang berarti. Namun, sebenarnya paru-paru sendiri bisa saja dalam keadaan kotor hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Misalnya berbagai jenis polutan yang masuk ke organ pernapasan dan dihirup setiap harinya. Maka, memang penting untuk mengetahui cara untuk membersihkan paru-paru secara alami. 

Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Alami

Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Alami

Kondisi paru-paru bisa dianggap sehat jika kamu tidak memiliki keluhan. Namun, dalam beberapa kondisi paru-paru bisa kotor karena adanya polusi dari asap rokok, asap kendaraan, bahan kimia dan masih banyak faktor lainnya. Tentunya semua ini ketika masuk ke dalam tubuh akan terperangkap di paru-paru. Jika terjadi secara rutin atau setiap hari, maka akan berdampak negatif bagi kesehatan paru-paru. 

Dengan demikian, kamu perlu melakukan beberapa tindakan guna membersihkan paru-paru, meskipun organ ini akan membersihkan dirinya sendiri. Namun, demi fungsi yang bekerja secara optimal, maka tidak ada ruginya kamu melakukan upaya guna membersihkan paru-paru secara alami. 

Nah, langsung saja, berikut cara untuk membersihkan paru-paru secara alami yang dapat kamu lakukan. 

Kendalikan Batuk

Hal pertama sebagai salah satu cara untuk membersihkan paru-paru secara alami adalah memulai dengan kendali karsa kian batuk. Batuk merupakan salah satu cara dimana tubuh untuk mengeluarkan racun berupa lendir secara alami. Batuk yang terkendali atau terkontrol dapat mengencerkan lendir berlebihan di paru-paru, sehingga akan membuat organ paru-paru menjadi lebih sehat. 

Cara untuk mengendalikan bantuk adalah dengan duduk di kursi dengan kondisi bahu yang rileks, dimana kaki rata ke lantai. Selian itu lipatlah kedua tangan di atas perut, lanjutkan dengan perlahan menghirup udara melalui hidup dengan irama yang sama. Kemudian hembuskan nafas secara perlahan dengan mencondongkan tubuh ke depan dan mendorong lengan ke print. 

Selanjutnya, kamu juga dapat mengendalikan batuk sebanyak dua hingga 3 kali dengan menghembuskan nafas menggunakan mulut yang sedikit terbuka. Ulangilah cara ini beberapa kali, hingga batuk tidak terasa lagi. Dengan menguasai trik ini maka akan membantu kamu untuk membersihkan paru-paru dengan cara alami. 

Perbanyak Konsumsi Vitamin D

Untuk membersihkan paru-paru secara alami, kamu harus mengatur pola makan sehat juga. Karena pola makan sehat dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru. Salah satunya adalah dengan memulai memperbanyak konsumsi dari vitamin D, seperti yang banyak terkandung di dalam telur, salmon, sarden bahkan jenis makanan lainnya yang kaya akan kandungan vitamin D dipersilahkan untuk kamu konsumsi. Sehingga nantinya kondisi paru-paru akan bersih secara alami. 

Konsumsi Makanan dan Minuman Anti Inflamasi

Untuk bisa memberikan paru-paru secara alami, kamu disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan dan minuman anti-inflamasi dan antioksidan. Misalnya adalah buah beri,sayur brokoli, kunyit hingga coklat hitam. Kemudian kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan seperti teh hijau. 

Konsumsi Makanan Rendah Karbohidrat

Selain itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan yang rendah akan karbohidrat dan tinggi akan lemak sehat. Sebab, kedua jenis makanan tersebut bisa mendukung proses pengikatan oksigen did alma tubuh. Maka, kamu dapat mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat untuk membersihkan paru-paru secara alami juga.

Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan dapat dilakukan guna meningkatkan udara dan kesehatan dari paru-paru. Khususnya bagi kamu yang merokok, jika kamu pernah merokok di masa lalu, dan memiliki kerusakan paru-paru yang kronis, maka kamu harus mulai melatih pernapasan. 

Latihan pernapasan dapat kamu lakukan dengan pernapasan bibir dan perut. Selain itu kamu juga dapat menggunakan alat seperti sistometer yang umumnya digunakan setelah operasi untuk membantu proses pemulihan dari paru-paru kamu. 

Latihan Perkusi

Perkusi merupakan salah satu teknik yang dapat membantu untuk mengalirkan cairan dari paru-paru. Cara untuk melakukan perkusi sendiri kamu cukup dalam kondisi berbaring, kemudian miring, tengkurap maupun telentang. Teknis atau ini mampu membantu mengeluarkan cairan di dalam paru-paru dan akan jauh lebih mudah dilakukan, guna membersihkan paru-paru secara alami. 

Hindari Pewangi Buatan

Tahukah kamu jika pewangi ruangan atau buatan terkadang memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya, hal inilah yang dapat berdampak buruk pada paru-paru karena dapat menyebabkan iritasi. . Wangi dari cairan pembersih rumah juga dapat memicu iritasi paru-paru.

Sehingga kamu disarankan untuk mengganti pewangi ruangan buatan yang kamu gunakan dengan jenis pewangi ruangan menjadi pewangi buatan dari bahan-bahan yang alami. Sehingga tidak memiliki aroma dan zat kimia yang dapat memicu iritasi dari paru-paru. 

Menghirup Udara Segar di Luar Ruangan

Menghirup udara segar di luar ruangan dibutuhkan untuk membersihkan paru-paru secara alami. Udara segar di luar ruangan ini dapat membantu meningkatkan jaringan paru-paru, sehingga dapat menjaga fungsi dari organ tersebut. Sehingga, cobalah untuk menghirup udara segar di luar ruangan dan lakukanlah secara rutin. 

Namun, kamu harus memastikan sebelum bepergian untuk mencari udara di luar ruangan, dimana periksa dulu tingkat polusi di wilayah kamu. Pastikan jika tingkat polusinya sangat tinggi, hindarilah aktivitas di luar ruangan karena justru berdampak negatif dan berbahaya bagi paru-paru. 

Namun, jika kamu dalam kondisi terdesak untuk melakukan aktivitas di tengah polusi, gunakanlah masker. Selain tingkat polusi, periksa lah lingkungan kamu adakah pembakaran sampah, pemakaian kayu dan lainnya yang menimbulkan asap beracun yang tentunya tidak sehat bagi paru-paru.

Menggunakan Alat Pembersih Udara

Selanjutnya, kamu disarankan untuk menggunakan alat pembersih udara atau air purifier yang ada di ruangan kamu. Hal ini guna untuk membantu meningkatkan kualitas udara yang dihirup dan masuk ke paru-paru. Selain itu kamu dapat membersihkan dan mengganti filter pada pendingin ruangan atau AC. 

Ventilasi pemanas dan exhaust fan di kamar mandi juga harus kamu bersihkan secara rutin, setidaknya setiap 6 bulans ekali. Tentunya hal ini dilakukan guna untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan atau rumah. Dengan begitu kamu akan mendapatkan udara yang baik dan bersih bagi paru-paru secara alami. 

Berhenti Merokok

Salah satu cara membersihkan paru-paru yang paling efektif lainnya adalah berhenti merokok. Kamu sebaiknya menghindari tempat-tempat yang dipenuhi oleh asap rokok. Hal ini dikarenakan dalmas satu batang rokok memiliki berbagai zat beracun yang dapat menyebabkan iritasi saluran pernapasan. Hingga masalah yang lebih serius dapat menyebabkan bronkitis kronis dan penyakit paru obstruktif kronis.

Demikian pembahasan mengenai beberapa cara yang dapat dilakukan guna membersihkan paru-paru secara alami. Dengan mengetahui cara untuk membersihkan paru-paru maka kamu akan terhindar dari berbagai resiko penyakit yang mengancam kesehatan paru-paru atau jalur pernafasan kamu.