Wednesday, 17 Jul 2024

Cara Membuat Badan Burung Merpati Kekar dan Besar

4 minutes reading
Wednesday, 15 Nov 2023 09:19 0 206 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Banyak sekali orang-orang memelihara burung merpati untuk dijadikan ajang kompetisi atau hanya sekedar diperjualbelikan, tentunya hal ini menjadi ladang cuan yang cukup menggiurkan. Namun, dalam mempertahankan kualitasnya harus dirawat baik.

Orang-orang akan tertarik serta lebih menginginkan burung merpati yang kekar dan besar. Tetapi, hal itu pastinya memerlukan perawatan dengan segala cara membuat badan burung merpati kekar dan besar. Butuh biaya yang cukup banyak agar kualitas burung merpati bagus.

Karena semakin kekar dan besar tubuh burung merpati, maka kualitasnya juga semakin bagus serta banyak peminatnya untuk membeli burung merpati. Kamu harus pintar-pintar dalam merawatnya dengan baik, supaya burung merpati dapat tumbuh dan berkembang sehat.

Lalu kalau begitu bagaimana cara membuat badan burung merpati kekar dan besar? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara membuat badan burung merpati jadi kekar dan besar secara menyeluruh. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Membuat Badan Burung Merpati Kekar dan Besar

Cara Membuat Badan Burung Merpati Kekar dan Besar

Burung merpati merupakan burung dengan leher pendek dan berbadan kekar. Burung ini mempunyai paruh pendek yang ramping dengan ceres atau lubang hidung berdaging pada spesies tertentu. Makanan utama merpati sendiri adalah biji-bijian, atau buah-buahan.

Di banyak tempat, burung merpati juga kerap kali dilambangkan sebagai wujud perdamaian. Burung ini sering dilepaskan pada acara ritual tertentu seperti saat pesta pernikahan, sebab merpati melambangkan kedamaian dan kesetiaan. Selain itu, merpati juga merupakan burung yang setia terhadap pasangannya dan berkomitmen penuh satu sama lain.

Merpati sendiri menjadi salah satu jenis burung yang dapat akrab dengan manusia. Selain dapat dipelihara sebagai peliharaan kesayangan, burung merpati juga dapat diikutkan dalam perlombaan balap ataupun ternak hias yang tentunya memiliki keuntungan ekonomis. 

Jika kamu memelihara merpati dan menginginkan agar mereka memiliki badan yang kekar dan besar, sebagai bentuk kepentingan balap maupun kontes dan untuk diperjualbelikan. Berikut ada beberapa cara membuat badan burung merpati kekar dan besar, diantaranya adalah:

Pakan Yang Seimbang dan Berkualitas

Memberikan pakan yang seimbang dan berkualitas menjadi salah satu cara terbaik untuk membuat badan burung merpati kamu menjadi kekar dan besar. Pilihlah pakan yang mengandung nutrisi yang cukup dan sesuai. Biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran hijau adalah pilihan terbaik yang mengandung nutrisi penting seperti protein, vitamin, dan mineral.

Membantu memperkuat tubuh dan membantu pertumbuhan otot, sehingga tubuh mereka menjadi lebih besar dan kekar. Selain itu, biji-bijian dan kacang-kacangan juga mengandung lemak yang sehat, yang membantu menjaga kesehatan burung merpati.

Namun, pakan burung merpati yang berkualitas dan seimbang saja tidak bakalan cukup untuk membuat mereka tumbuh besar dan kekar. Untuk mendapatkan postur yang proporsional dan tegas, burung merpati juga perlu diberikan olahraga dan perawatan yang baik.

Memberikan Pakan Tambahan

Selain memberikan pakan utama, dengan adanya pemberian makanan tambahan seperti jagung, kacang tanah, dan pucuk-pucuk tanaman muda akan sangat dapat membantu membuat badan burung merpati kamu menjadi cepat kekar dan besar.

Biji jagung mengandung karbohidrat, protein, dan serat yang dapat meningkatkan energi dan memperkuat ototnya, dan kacang tanah mengandung protein, lemak, dan serat yang dapat membantu meningkatkan massa otot dan menjaga kesehatannya, maupun pucuk tanaman mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan burung merpati.

Ajak Berolahraga

Memberikan olahraga seperti terbang bebas atau latihan terbang dapat membantu membentuk postur tubuh merpati yang tegas dan proporsional, serta meningkatkan kecepatan dan daya tahan mereka saat terbang jauh. Selain itu, dengan berolahraga juga dapat membantu menjaga kesehatan burung merpati dan meningkatkan daya tahan tubuh mereka.

Cobalah menerbangkan mereka di tempat yang cukup luas dan biarkan si merpati terbang, agar tubuhnya lebih banyak bergerak. Memperkuat otot sayap mereka, supaya merpati juga tidak stress kalau hanya dibiarkan terkurung di kandang, karena kesehatan mental pun berpengaruh.

Kasih Perawatan Terbaik

Upaya perawatan yang baik untuk burung merpati, seperti membersihkan kandang secara rutin, memberi air bersih dan segar, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar kandang, dapat membantu menjaga kesehatan dan kebersihan burung merpati. Untuk menjaga kesehatan burung merpati, sangat penting untuk memberi mereka air yang bersih dan segar.

Kandang yang kotor juga dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit. Menjaga kebersihan lingkungan kandang burung merpati sangat penting untuk menghindari penyakit yang berasal dari lingkungan sekitarnya.

Dengan memberikan perawatan yang baik, kamu dapat membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan burung merpati. Hal ini juga dapat menjadikan merpati peliharaan kamu cepat besar dan kekar, memiliki tubuh yang sehat serta tidak akan mudah sakit-sakitan.

Itulah beberapa cara membuat badan burung merpati kekar dan besar yang mungkin perlu untuk kamu ketahui. Supaya kamu dapat merawatnya dengan baik dan benar, agar merpati bisa tumbuh atau berkembang hingga menghasilkan tubuh yang kekar, besar, serta sehat.

Pastikan untuk selalu menjaga makanya, jangan sembarangan memberikan pakan yang dapat membuat burung merpati sakit. Aturlah waktu pemberian pakannya supaya lebih efektif, serta jangan terlalu mengekang burung merpati di kandangnya. Good Luck semoga membantu.