Wednesday, 17 Jul 2024

Cara Mendidik Kucing Agar Tidak Nakal

7 minutes reading
Thursday, 2 Nov 2023 22:48 0 196 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Kucing memang cenderung lebih agresif dan nakal, terutama kepada orang yang baru mereka temui. Wajar saja kucing seperti itu, karena mereka bertindak secara impulsif dan sudah menjadi naluri alami kucing sebagai hewan predator untuk pertahanan diri.

Adapun nakal disini bisa dalam artian kucing lebih hiperaktif atau tidak bisa diam susah diatur, dan bertingkah seenaknya. Mungkin untuk sebagian orang merasa terganggu juga jika memelihara kucing yang cukup nakal, maka perlu untuk dilatih atau dididik agar tidak nakal.

Cara mendidik kucing agar tidak nakal pastinya harus berpikir keras, bagaimana caranya atau pelatihan yang tepat untuk mereka tanpa membuat si kucing jadi merasa ketakutan dan makin susah untuk berinteraksi dengan kita, suka kabur-kaburan serta semakin waspada kepada kita.

Lalu kalau begitu bagaimana cara mendidik kucing agar tidak nakal? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara mendidik kucing dengan baik dan benar, supaya tidak lagi nakal atau lebih penurut. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mendidik Kucing Agar Tidak Nakal

Cara Mendidik Kucing Agar Tidak Nakal

Kucing merupakan hewan karnivora pemakan daging dan termasuk predator kecil yang suka berburu hewan pengerat seperti tikus. Disinilah awal mula terbentuk sebuah karakter kucing yang nakal atau lebih agresif, tapi walaupun begitu kucing masih bisa dijinakkan dan ramah.

Banyak orang yang tertarik untuk memelihara kucing, karena predator satu ini memang memiliki tubuh yang mungil dan menggemaskan. Tingkah lakunya yang random, jauh dari kata seram sekalipun mereka banyak tingkah dan nakal tetapi tetap saja masih terlihat sangat lucu.

Namun, apakah kamu tau kalau kucing bersikap nakal itu bukan hanya dari naluri alaminya atau sifat predatornya, melainkan terdapat penyebab atau alasan lainnya yang membuat kucing jadi nakal. Nah, berikut ada beberapa penyebab kucing menjadi nakal, diantaranya adalah:

  • Kucing memiliki trauma terhadap manusia
  • Kucing sedang sakit sehingga menyebabkan perubahan perilaku
  • Jarang diperhatikan
  • Sering ditakut-takuti
  • Tidak diberi makan
  • Perubahan lingkungan dan suasana atau situasi

Jika kamu sudah mengetahui penyebabnya, maka cara mengatasi kucing nakal pun akan jadi lebih mudah dilakukan. Berikut ada beberapa cara mendidik kucing agar tidak nakal, yaitu:

Bantu Kucing Untuk Beradaptasi

Kucing yang masih merasa asing terhadap kehadiran kamu ataupun dengan lingkungan baru mereka, wajar saja jika kucing bertindak agresif atau nakal. Mereka membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan membiasakan diri dengan suasana yang baru serta lingkungan barunya.

Begitupun kepada kamu sebagai pemilik baru mereka, pastinya perlu melakukan pendekatan terlebih dahulu. Karena biasanya kucing akan semakin defensif jika bertemu dengan manusia yang baru mereka temui, terkadang mereka akan sering bersembunyi, mencakar, atau nakal.

Maka dari itu berilah waktu untuk kucing supaya bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya, biarkan kucing mengamati lingkungan di sekitarnya sampai mereka sudah merasa tidak asing lagi dan mulai menerima tempat tinggal barunya serta merasa nyaman, aman, dan tenang.

Kamu juga bisa mulai melakukan pendekatan secara perlahan-lahan, tanpa perlu melakukan banyak sentuhan karena di awal-awal pastinya kucing akan lebih waspada jika di sentuh. Ajak mereka bermain bersama, lalu sesekali elus mereka kalau kucing mulai merasa nyaman.

Buat kamu yang memelihara anak kucing, pastikan untuk mendidik atau melatih si kucing sedari kecil agar terbiasa. Membuat mereka jadi lebih nurut sama kamu, serta mendidiknya dari kecil juga lebih mudah dan si kucing pun jadi cepat beradaptasi dengan lingkungannya.

Memberikan Makanan dan Cemilan Kesukaannya

Cara yang cukup ampuh dan membuat kucing jadi lebih cepat untuk nurut sama kamu adalah dengan memberikan mereka makanan yang enak dan cemilan favoritnya sesering mungkin. Karena kucing akan lebih penurut jika kamu membiasakan untuk memberi mereka makan.

Bahkan teruntuk kucing nakal sekalipun, hanya dengan memberikan mereka makanan setiap hari akan membuat si kucing jadi jinak. Siapa sih yang gak bakal ngiler kalau dikasih makanan enak atau cemilan kesukaannya? Kucing pun akan bertekuk lutut dihadapan makanan, hihi.

Kamu bisa memberikan mereka makan di pagi hari atau siang hari 1 kali, sore hari 1 kali, dan malam hari sebelum tidur 1 kali cukup setengah porsi atau cukup berikan cemilan saja. Supaya nantinya kucing tidur dalam keadaan kenyang dan tidak mudah terbangun saat tengah malam.

Sering-Sering Berinteraksi Dengan si Kucing

Kemungkinan kucing jadi nakal atau agresif, penyebabnya adalah trauma. Karena memiliki trauma terhadap manusia atau mempunyai kenangan buruk dengan manusia yang membuat si kucing jadi lebih defensif, nakal, dan agresif, sebenarnya hanya sebagai bentuk pertahanan diri.

Apalagi kucing yang sering mendapatkan perlakuan kasar dari manusia, akan cukup sulit untuk membukanya atau meluluhkan hati mereka. Perlu dilakukan dengan sabar dan konsisten, sampai si kucing akhirnya dapat membukakan hati mereka untuk menerima keberadaanmu.

Sering-sering mengajaknya bermain bersama, baik di rumah maupun di luar. Perbanyak untuk berinteraksi dengan kucing kesayangan kamu, lakukan secara bertahap dan perlahan supaya kucing terbiasa hingga mereka merasa nyaman atau merasa aman dengan sentuhan kamu.

Jangan Membuat Kucing Takut atau Tidak Nyaman

Kucing nakal, kalau di takut-takuti akan semakin agresif dan tidak nyaman untuk berada di dekat kamu. Suka kabur-kaburan, bahkan kabur dari rumah karena kehadiran kamu membuat mereka merasa tidak aman untuk tinggal disini, jangankan bisa akrab malahan jadi minggat.

Maka dari itu solusinya adalah perlakukan mereka sebaik mungkin dan senyaman mungkin, jangan membuatnya stress dengan perlakuan kasar kamu yang membuat kucing jadi takut. Tapi, perlukan dengan penuh kasih sayang, lalu rawat mereka sebaik mungkin sampai luluh.

Manjakan Kucing Melalui Kontak Fisik

Skinship atau kontak fisik adalah salah satu bentuk dalam menunjukan kasih sayang kamu kepada kucing. Memanjakan mereka dengan sentuhan penuh kasih sayang, membuat kucing merasa nyaman sama kamu. Faktanya kucing dapat merasakan emosional pada diri seseorang.

Jika kamu memiliki jiwa penyayang, kucing yang nakal pun bisa luluh dengan ketulusan kamu melalui cara sering mengelus-ngelusnya, bermain bersama, menggendongnya, dan menjaga si kucing dengan baik. Sehingga kucing jadi menyukai kamu, serta membuat kucing jadi nurut.

Selalu Berikan Apresiasi

Kucing sangat suka sekali di berikan apresiasi atas kerja kerasnya dengan memberikan mereka hadiah berupa snack atau mainan, membuat mereka merasa senang dan puas. Disaat kamu selesai melatih mereka untuk melakukan sesuatu, berilah mereka hadiah setelahnya.

Dengan begitu kucing merasa lebih di sayangi dan tidak stress setelah banyak bergerak saat di latih. Kucing nakal sekali pun lama kelamaan akan mulai luluh, jika kamu membiasakan dan menerapkan hal tersebut kepada kucing. Di jamin kucing nakal akan jadi kucing yang penurut.

Berikan Waktu Istirahat dan Tidur Yang Cukup

Memberikan waktu istirahat dan tidur yang cukup akan membuat mental mereka jadi lebih stabil dan tidak banyak bertingkah atau nakal. Maka dari itu aturlah jadwal tidur mereka mulai di siang hari lalu lanjut di malam hari, normalnya kucing tidur selama 10-15 jam dalam sehari.

Memberikan istirahat yang cukup juga membantu kucing jadi lebih berenergi lagi di keesokan harinya, tidak mudah kelelahan, dan bagus untuk kesehatan mental maupun tubuhnya. Kucing juga tidak akan mudah stress, serta mendapatkan pola tidur yang sehat dan berkualitas.

Memberikan Perawatan atau Grooming Untuk kucing

Kucing menjadi lebih hiperaktif ataupun nakal, bisa jadi karena mereka merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya. Karena kucing juga memiliki banyak bulu di sekujur tubuhnya, hal itu beresiko terkena kutu atau kutuan yang membuat tingkah laku kucing jadi tidak bisa diam.

Sering menggaruk-garuk, berlari-lari, berguling-guling, dan jadi lebih agresif. Makanya perlu untuk kamu memberikan perawatan atau grooming kepada kucing, dengan rutin menyisir bulunya, memandikan kucing menggunakan shampo khusus anti kutu, dan menjemur kucing.

Jangan lupa juga untuk memberikan vitamin kulit atau bulu, agar semakin halus, lembut, dan berkilauan. Mengobati kulit iritasi akibat gigitan kutu, serta untuk menghindari kucing dari penyakit kulit seperti jamur, scabies, kulit kering berketombe, dan kulit jadi rusak.

Itulah beberapa cara mendidik kucing agar tidak nakal yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, supaya dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan baik. Kucing jadi lebih penurut dan terlatih dalam melakukan sesuatu dengan sendirinya, membuat kucing jadi terlihat pintar.

Hindari memaksa kucing secara kasar, baik itu dari perbuatan ataupun membentaknya. Karena kucing akan semakin defensif, agresif, nakal, dan takut kepada manusia. Lakukan dengan baik secara konsisten dan sabar, sampai kucing akhirnya luluh. Good Luck semoga membantu.