Monday, 15 Apr 2024

Cara Mengatasi Anxiety Kambuh Paling Efektif

6 minutes reading
Sunday, 31 Dec 2023 23:16 0 66 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Anxiety Disorder merupakan gangguan mental yang dapat menimbulkan rasa cemas dan takut secara berlebihan. Sebagian besar penderita anxiety  adalah anak-anak atau remaja dan kebanyakan mereka belum paham cara mengatasi anxiety kambuh.

Bahkan beberapa orang sering tidak menyadari kalau anxiety mereka mulai kambuh kembali. Tentunya bagi para penderita anxiety ini perlu siap siaga dengan mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya, dikala anxiety kambuh di waktu yang tidak dapat kita sangka-sangka.

Meskipun cukup sulit jika dilakukan sendiri, tapi seperti itulah cara agar para penderita anxiety dapat bertahan selama anxiety menyerang atau kambuh, entah itu dimanapun dan kapanpun. Supaya tidak lepas kendali, serta dapat mengontrol pikiran dan emosional kamu dengan baik.

Lalu kalau begitu bagaimana cara mengatasi anxiety kambuh? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk mengatasi masalah anxiety ketika kambuh kembali secara menyeluruh. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengatasi Anxiety Kambuh

Cara Mengatasi Anxiety Kambuh

Menurut riset dari WHO menyatakan, terdapat 301 juta orang mengidap anxiety atau gangguan mental di dunia, dimana 58 juta diantaranya diderita oleh anak-anak atau remaja.

Selain itu, menurut riset yang dilakukan oleh peneliti bersama University of Queensland di Australia dan Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Amerika Serikat (AS), berjudul Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMUS), gangguan kecemasan (anxiety disorder) menjadi gangguan mental paling umum di antara remaja 10-17 tahun di Indonesia (sekitar 3,7%).

Gangguan kecemasan sendiri dapat disebabkan dari gabungan berbagai faktor, seperti genetik, sistem saraf, faktor lingkungan keluarga maupun lingkungan sosial bisa jadi pemicunya.

Menurut penelitian Psikologi Terri Barrera dan Peter Norton dari University of Houston di AS, menyatakan bahwa orang-orang yang menderita fobia sosial (termasuk salah satu jenis anxiety), cenderung memiliki kualitas hidup yang lebih buruk dari kebanyakan orang normal pada umumnya, mulai dari kepercayaan dirinya, kepuasan finansial, hingga hubungan asmara.

Mereka yang menderita gangguan kecemasan atau anxiety, bisa kambuh kapan saja jika dihadapi dengan situasi atau kondisi yang dapat memicu anxiety kambuh kembali. Memang untuk menyembuhkan kondisi seperti ini tidak mudah dan memerlukan bantuan dari ahlinya.

Tetapi, kamu sendiri juga bisa mengatasinya kok! Jika kamu memiliki niat dan keinginan yang kuat untuk sembuh dan memulai dari melakukan hal-hal kecil terlebih dahulu untuk mengatasinya secara konsisten, pasti bisa semakin membaik. Nah, berikut adalah cara mengatasi anxiety kambuh yang bisa kamu lakukan sendiri, diantaranya yaitu:

Cobalah Untuk Mengatur Pernapasan

Jika kamu sedang berada dalam kondisi cemas, takut, atau khawatir secara tiba-tiba sehingga membuat pikiran serta tubuh kamu jadi tidak terkendali, cobalah untuk mengatur napas kamu lalu mulai tarik napas dalam-dalam dengan perlahan-lahan dan lakukan secara berulang-ulang.

Contoh, tarik napas panjang selama 5 detik lalu tahan dalam 3 detik dan keluarkan semua nafasnya sedikit demi sedikit secara perlahan. Lakukan metoda pernapasan tersebut sesuai ritme yang telah kamu tentukan secara berulang kali, sampai kamu merasa lebih tenang.

Cara seperti ini cukup efektif dalam mengatasi anxiety kambuh, karena metode ini membantu tubuh serta pikiran kamu merasa lebih rileks dan aktivitas saraf di otak yang menyebabkan rasa cemas berlebihan jadi berkurang. Terutama saat mengalami serangan panik dapat menstabilkan nafas kamu yang jadi lebih terengah-engah tidak beraturan.

Mengontrol Pikiran

Anxiety dapat kambuh kembali, karena sering dipicu oleh pikiran negatif yang membuat kamu jadi stress dan cemas berlebihan akan suatu hal yang belum tentu terjadi. Maka dari itu, jika hal ini tiba-tiba terjadi segeralah untuk mengontrol pikiran kamu agar tidak semakin menjadi-jadi.

Fokuskan pikiranmu pada kegiatan atau tujuan yang sekarang kamu jalani atau ingin segera diselesaikan. Cobalah untuk membuang pikiran pesimis kamu yang dapat mengundang pikiran-pikiran negatif, atau lakukan metode 3-3-3 dan metode 5-4-3-2-1 jika tidak bisa mengontrolnya.

Ada kalanya anxiety kambuh disertai dengan serangan panik dan tidak dapat mengontrol pikiran sebaik mungkin, jadi kamu bisa memilih kedua metode tersebut. Misalnya, kamu menggunakan metode 3-3-3 dengan cara mengamati lingkungan di sekitar dan sebutkan 3 benda apapun yang kamu lihat. Lalu selanjutnya kamu dengarkan 3 suara apa saja yang kamu dengar, serta sebutkan 3 bagian tubuh kamu.

Hal ini dilakukan untuk mengalihkan pikiran atau fokus kamu, agar dapat mengontrol pikiran dari hal-hal yang negatif.

Hindari Situasi atau Objek Yang Memicu Anxiety Kambuh

Teruntuk kamu yang mengidap anxiety sosial dan fobia, pastinya anxiety kamu bisa kambuh kapanpun dan dimanapun itu. Disaat kamu berada di lingkungan yang membuat kamu tidak nyaman atau berada di kerumunan orang-orang, jangan panik dan takut. Tapi cobalah untuk keluar dari situasi tersebut secara perlahan-lahan.

Memang cukup sulit untuk bisa menenangkan diri jika berada di situasi tertentu yang membuat kamu takut dan cemas. Namun, selama itu tidak menyakiti atau membahayakan kamu secara langsung, jangan terlalu panik dan cobalah untuk bersikap lebih tenang lalu sebisa mungkin menjauhlah dari situasi tersebut.

Relaksasi Dengan Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik relaksasi menjadi salah satu cara mengatasi anxiety kambuh yang cukup efektif. Selain itu dengan mendengarkan musik relaksasi juga dapat meredakan stress akibat dari banyak pikiran yang kamu pendam. Cobalah untuk mendengarkan musik-musik relaksasi seperti musik instrumen akustik dari piano, biola, atau gitar.

Kamu juga bisa mendengarkan musik relaksasi dari suara alam, seperti suara hujan, aliran air sungai, dan suara-suara kicauan burung yang dapat membawa kamu ke suasana seperti berada di alam yang menenangkan dan merilekskan pikiran serta tubuh.

Minum Air Putih atau Ngemil Makanan Manis

Kekurangan cairan atau dehidrasi, bisa menyebabkan jantung berdetak lebih cepat ketika anxiety kambuh dan dapat memperburuk kondisi kamu. Maka dari itu penting sekali untuk rutin minum air putih secukupnya, dan hindari minum alkohol karena dapat membuat gangguan kecemasan kamu semakin parah saat anxiety kambuh.

Selain itu mengkonsumsi makanan manis juga bisa mengatasi anxiety kamu dan membantu meningkatkan mood atau sebagai moodbooster. Jangan lupa juga untuk makan dengan teratur dan konsumsilah makanan yang sehat, sebab jika tubuh kekurangan gula darah bisa membuat kamu jadi lebih lesu, lemas, dan emosi tidak stabil.

Jadwalkan Untuk Me Time

Me time atau waktu khusus untuk diri sendiri dengan melakukan banyak hal yang kamu sukai, seperti menonton film, mendengarkan musik, bermain game, atau karaoke. Simpelnya waktu yang dihabiskan untuk diri sendiri dengan melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan.

Bersenang-senang tidak selalu bersama teman atau kekasih, tapi dengan diri sendiri juga lebih menyenangkan. Kamu bisa bebas melakukan apapun yang kamu inginkan seharian, melepas stress dan menghilangkan perasaan cemas, takut, atau khawatir akan sesuatu yang belum jelas.

Itulah beberapa cara mengatasi anxiety kambuh yang dapat kamu lakukan sendiri, agar ketika anxiety kambuh secara tiba-tiba kamu bisa mengontrolnya dengan baik. Dengan begitu rasa cemas, panik, dan takut, tidak berlarut-larut di dalam pikiran dalam kurun waktu yang lama.

Pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup dan mengatur pola hidup sehat untuk mencegah anxiety kambuh kembali. Konsultasi juga ke psikiater jika diperlukan, supaya mendapatkan perawatan atau psikoterapi untuk anxiety akut. Good Luck semoga membantu.