Cara Mengatasi Bahaya Bulu Kucing

6 minutes reading
Saturday, 26 Aug 2023 03:45 0 20 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mengatasi bahaya bulu kucing? Agar tidak sampai menyebabkan berbagai penyakit. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait cara mengatasi bahaya bulu kucing yang tersebar di rumah.

Sering kali merawat kucing atau mengadopsi kucing di rumah bukan repot ngurusin perkara pup atau pipinya saja, melainkan bulu-bulunya yang rontok, beterbangan, menempel dimana-mana membuat kamu gak nyaman dan harus benar-benar menjaga kesehatan bulu si kucing.

Kucing memang hewan yang sangat lucu dan menggemaskan, bagaimana tidak tertarik untuk mengadopsinya bukan? Hanya saja yang jadi masalah yaitu, dalam perawatannya harus benar-benar ahli, terutama kalau memiliki alergi pada bulu kucing dan bisa berbahaya untuk kamu.

Lalu kalau begitu bagaimana caranya untuk mengatasi bahaya bulu kucing? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk mengatasi permasalahan bulu kucing agar tidak menimbulkan dampak buruk dari bulu si kucing. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini!

Cara Mengatasi Bahaya Bulu Kucing

Cara Mengatasi Bahaya Bulu Kucing

Kucing merupakan hewan yang cukup ramah kepada manusia dan cukup jinak untuk kamu adopsi. Hewan satu ini sangat digemari atau disukai banyak orang dari kalangan manapun, karena kucing memiliki keunikan serta hal-hal menarik yang sering kali di tunjukkan si kucing.

Merawat kucing memang bukanlah suatu hal yang mudah bukan? Jika kamu ada keinginan untuk mengadopsi kucing sebagai hewan peliharaan di rumah, tentunya harus belajar dulu mengenai cara perawatan kucing bagaimana dan mengetahui perlengkapan untuk kucing.

Mulai dari makanan kesukaannya, perlengkapan perawatan tubuhnya, dan lain sebagainya. Apalagi buat kamu yang memelihara kucing ras yang pastinya harus hati-hati dan merawatnya dengan baik supaya tidak stress, tidak kelaparan, atau bahkan sampai sakit dan akhirnya mati.

Kucing ras itu seperti apa sih? Kucing ras itu bisa mencangkup jenis kucing itu sendiri, misalnya kucing ras anggora dan persia. Kalau kucing jalanan yang biasa kamu temukan di luar itu disebut dengan ras kucing domestik yang hidupnya di alam liar dan tidak dapat perawatan.

Berbeda dengan kucing ras lainnya yang pastinya dijual dengan harga yang cukup mahal dan perawatannya pun bukan main-main. Dari ujung kepala sampai kaki semua harus terawat, begitupun dengan bulunya yang bagus dan indah tentunya harus kamu jaga kesehatannya.

Jangan sampai membiarkan bulunya rontok begitu saja, karena buat kamu yang memiliki alergi pada bulu kucing akan sangat berbahaya jika sampai rontok. Selain itu juga akan menyebabkan bahaya lainnya dan untuk mengatasinya bisa dengan cara-cara berikut:

Memberikan Perawatan Pada Bulu si Kucing

Penting sekali untuk memberikan perawatan yang terbaik kepada kucing kesayangan kamu di rumah. Hal ini dilakukan agar si kucing tidak sakit, yang dimana hal itu dapat merugikan untuk keduanya yaitu si kucing sendiri dan kamu sendiri sebagai pemilik tentunya.

Kalau kucing bisa sampai mengalami masalah tertentu yang dampaknya bisa berimbas kepada kamu, kan tidak lucu bukan? Termasuk menjaga kesehatan bulunya agar tidak rontok dan membahayakan bagi orang-orang yang memiliki sensitivitas terhadap bulu hewan atau alergi.

Maka dari itu rawatlah kucing kamu supaya bulunya tidak rontok, mandikan dengan shampo khusus dalam mengatasi permasalahan bulu rontok. Berikan vitamin bulu untuk kucing juga agar bulunya tetap sehat, lebat, halus dan berkilau, terhindar dari yang namanya kerontokkan.

Rutin Membersihkan Rumah

Salah satu upaya pencegahan agar bulu kucing yang berjatuhan atau rontok tidak tersebar ke seluruh rumah bahkan ruangan dan furniture lainnya seperti kursi atau sofa, kasur, dan meja adalah dengan selalu rutin membersihkan rumah supaya terhindar dari bulu-bulu beterbangan.

Tidak cukup hanya dengan menyapu lalu menelponnya, tapi gunakan mesin pembersih seperti vacum cleaner untuk menyedot semua bulu dah berbagai kutu kucing yang menempel bersama bulu-bulunya hingga benar-benar bersih dengan sempurna sampai semuanya menghilang.

Menggunakan Alat Pembersih Bulu Kucing

Ingin mengatasi permasalahan bulu kucing yang menempel pada baju atau sprei kasur? Kamu bisa gunakan alat pembersih bulu kucing seperti sikat bulu kucing, sticky roll pembersih bulu, magic roller pet hair dan lain sebagainya yang kamu punya di rumah atau bisa beli segera.

Alat-alat seperti itu dapat membantu kamu dari bulu-bulu kucing yang menempel pada pakaian atau sprei kasur di kamar kamu dan benda lainnya yang terdapat banyak bulu kucing. Cukup hanya dengan cara menempelkan alatnya kepada baju dan roll-roll sampai menempel.

Hindari Membuat Kesehatan Mental atau Tubuh Kucing Sakit

Salah satu penyebab bulu kucing kamu rontok adalah stress atau sakit tertentu yang membuatnya menjadi rontok seperti jamuran dan kutuan, sehingga membuat bulunya rontok. Jika dibiarkan akan berbahaya juga untuk kenyamanan keduanya, baik kucing maupun kamu.

Pastikan untuk tidak membuat si kucing merasa stress dan hindari dari hal-hal yang membuatnya seperti itu. Jagalah kesehatan bulu beserta kulit tubuhnya, usahakan untuk selalu menjaga ketenangan di lingkungan tempat tinggal si kucing agar tidak merasa stress.

Gunakan Masker di Rumah

Jika kamu sedang merasa flu, bersin-bersin atau bahkan batuk akibat bulu kucing yang mengganggu, gunakanlah masker di dalam rumah ketika kamu merasa sedang tidak dalam kondisi yang sehat. Hal ini untuk menghindari terjadinya kondisi yang semakin memburuk.

Rutinlah membersihkan rumah kamu dari berbagai bulu kucing yang tersebar beterbangan di dalam rumah, supaya tidak sampai terhisap oleh kamu yang menyebabkan bersin-bersin dan flu. Jika dirasa kucing kamu sedang mengalami kerontokan bulu, kamu bisa mengisolasinya.

Mengisolasi kucing bukan berarti dikurung dalam waktu yang lama, tapi cukup sampai kamu merasa baikkan kondisinya dan bisa segera mengatasi permasalah bulu rontok pada kucing jika dirasa kamu sudah sehat kembali. Hindari pemakaian produk shampo yang bikin bulu rontok.

Hubungi Jasa Cleaning Service

Buat kamu yang memang sudah tidak bisa mengatasi permasalahan bulu kucing yang sudah cukup banyak tersebar di rumah, kamu bisa hubungi jasa cleaning service untuk melakukan pembersihan di rumah kamu dari bulu-bulu kucing yang rontok menempel dimana-mana.

Dengan menggunakan jasa ini akan mempermudah kamu mengatasi hal tersebut tanpa keluar tenaga. Jika dirasa kondisi kamu tidak sedang baik karena paparan bulu kucing, segera cek ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut dan hindari mendekati kucing selama beberapa waktu.

Itulah beberapa cara mengatasi bahaya bulu kucing yang bisa kamu lakukan atau tiru di rumah, agar dapat membersihkan semua bulu kucing yang terdapat di rumah kamu sampai benar-benar hilang dan tidak lagi mengganggu kenyamanan serta membahayakan orang di rumah.

Usahakan untuk tidak sembarangan memandikan kucing dengan produk shampo manusia atau bukan produk shampo khusus untuk kucing, karena bisa menyebabkan bulunya rontok serta menimbulkan bahaya lainnya kepada si kucing. Good Luck semoga membantu.