Cara Mengatasi Cendet Mabung Tidak Tuntas

5 minutes reading
Thursday, 26 Oct 2023 12:51 0 28 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Burung cendet yang sering mengalami masalah salah satunya mabung yang tidak tuntas dan masih banyak para pemelihara burung cendet yang bingung dengan cara mengatasi masalah tersebut, untuk mengetahui cara mengatasi cendet mabung tidak tuntas bisa dengan simak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Proses mabung yang dialami oleh semua jenis burung kicau termasuk burung cendet yang tergolong salah satu siklus tahunan, tetapi tidak terkecuali burung cendet juga yang mengalami masa mabung namun ada masalah seperti macet mabung atau mabung tidak tuntas.

Untuk kamu yang akan memelihara burung cendet tentu saja harus mengetahui mengenai dengan proses mabung pada burung cendet yang terjadi lebih sering dibandingkan dengan burung kicau lainnya, biasanya untuk proses mabungnya yang akan terjadi dua hingga tiga kali dalam setahunnya.

Hal ini tentu saja menjadi masalah yang serius dapat menjadikan burung cendet yang tidak bisa tampil dengan maksimal pada saat lomba atau kontes, biasanya hal tersebut yang diakibatkan karena burung cendet yang sering kali dalam masa mabungnya tidak berkesinambungan.

Kemudian pada masa mabung sendiri yang membutuhkan waktu cukup lama sekitar 2 hingga 4 bulan, bahkan tidak hanya itu saja terdapat masalah yang lainnya kerap terjadi yaitu masa mabung terjadi bisa berhenti tanpa sebab dengan jelas sebelum bulu tua keseluruhannya lepas.

Secara tiba-tiba burung cendet yang tidak menjatuhkan bulu-bulu tuanya lagi, jika masalah mabung yang tidak tuntas dibiarkan begitu saja dan tidak segera diatasi dengan baik, maka hal tersebut yang bisa menjadi masalah yang lebih lagi serius karena burung cendet yang macet mabung atau tidak tuntas maka penampilannya yang menjadi buruk.

Sehingga dengan begitu untuk kamu sebagai pemilik burung cendet maka harus mengetahui dengan cara mengatasi cendet mabung tidak tuntas, nah untuk mengetahui cara mengatasinya bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Cara Mengatasi Cendet Mabung Tidak Tuntas

Burung cendet yang gagal menuntaskan mabungnya yang akan mengalami berhenti berbunyi atau berkicau, bulunya menjadi tidak karuan dan bisa jadi gundul atau botak pada beberapa bagian tubuh, serta burung yang menjadi mudah terserang penyakit.

Mabung yang tidak tuntas dapat terjadi akibat beberapa faktor terutama kelalaian pemilik burungnya, sebelum ke cara mengatasinya kamu juga harus tahu dengan beberapa faktor penyebab membuat burung cendet macet mabung yaitu sebagai berikut:

  • Mengabaikan soal makanan atau pakan, biasanya dalam masa mabung burung cendet¬† yang membutuhkan pakan dengan protein dan kalori yang tinggi.
  • Tidak memberikan banyak waktu untuk istirahat terutama di malam hari.
  • Merasa kesal dan kasihan sehingga pemiliknya merontokkan bulu burung secara paksa dengan mencabutinya bulunya yang sebenarnya belum saatnya rontok dengan harapan akan tumbuh bulu baru.
  • Tetap memaksa burung cendet di lombakan walaupun sedang proses masa mabung atau dipertemukan dengan burung sejenisnya.

Sebenarnya terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cendet mabung tidak tuntas atau macet mabung, beberapa cara tersebut bisa kamu coba terapkan dengan mudah, adapun untuk cara mengatasi cendet mabung tidak tuntas yaitu sebagai berikut:

Dengan Full Kerodong

Untuk cara mengatasi cendet mabung tidak tuntas yang pertama harus kamu lakukan yaitu dengan melakukan full kerodong seharian full, kamu bisa membuka kerodong hanya pada saat memberi makan dan juga membersihkan kotoran di dalam sangkar.

Hal ini dilakukan yang bertujuan agar burung cendet dalam masa mabungnya berada dalam suasana yang sangat tenang dan damai, sehingga dengan begitu proses mabung atau merontokkan bulunya yang dapat kembali berlanjut hingga selesai.

Dengan Membuatnya Drop

Untuk cara mengatasi cendet mabung tidak tuntas selanjutnya yaitu dengan menghentikan pemberian extra fooding atau makanan tambahan sehingga membuat burung cendet dibuat drop, kamu bisa dengan menghentikan memberikan makan berupa jangkrik maupun kroto.

Karena untuk pemberian extra fooding atau makanan tambahan yang dapat menjadikan bulu burung cendet agar bisa segar kembali, sehingga dengan memberikan extra fooding berupa jangkrik atau kroto yang akan membuat burung cendet menjadi lebih sulit untuk rontok.

Dengan Memberikan Susu Bubuk

Dengan memberikan susu bubuk termasuk salah satu cara mengatasi cendet mabung tidak tuntas bisa kamu lakukan walaupun belum jelas dengan cara kerjanya, tetapi sudah banyak membuktikan bahwa susu bubuk bisa membantu merontokkan bulu-bulu tua burung cendet.

Hal tersebut karena susu bubuk yang bisa diberikan pada saat burung cendet macet mabung atau mabung tidak tuntas, caranya dengan sedikit susu bubuk bersama voer dan berikan ke burung cendet dan pemberian susu dihentikan jika bulu burung yang sudah tuntas.

Menjauhkan Dari Burung Sejenisnya

Burung cendet bisa mengalami macet mabung atau mabung tidak tuntas jika keadaan birahi naik dan ingin terus menerus bertarung, hal ini pada umumnya diakibatkan oleh adanya rangsangan dari suara kicauan burung sejenisnya.

Walaupun dalam masa mabung tetapi terdapat sebagian burung cendet ngotot dan ingin bertarung jika mendengar suara burung sejenisnya, oleh karena itu jauhkan burung cendet mabung dari burung-burung sejenisnya dengan ini tidak hanya membantu menuntaskan mabung namun memaksimalkan masteran yang kamu lakukan.

Dengan Meningkatkan Pemberian Extra Fooding

Untuk selanjutnya jika burung cendet yang masa mabung tidak bisa di dropkan maka untuk cara mengatasi cendet mabung tidak tuntas lainnya bisa kamu lakukan yaitu meningkatkan pemberian extra fooding.

Dengan memberikan extra fooding atau makanan tambahan loss dan tanpa batas karena itu kadang kala bisa membantu untuk merontokkan bulu-bulu burung cendet, dengan pemberian extra fooding yang seperti ini dapat diturunkan sesudah bulu tua pada burung cendet sudah tuntas.

Dengan Mandi Sauna

Mandi sauna yang menjadi salah satu alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan untuk cara mengatasi cendet mabung tidak tuntas, dengan mandi sauna yang bisa membantu untuk merontokkan bulu-bulu cendet, karena adanya efek lembab dapat melebarkan pori-pori burung cendet sehingga bulunya bisa berjatuhan dan burung cendet kembali meneruskan proses mabungnya.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara mengatasi cendet mabung tidak tuntas yang bisa kamu ketahui dan bisa coba kamu terapkan dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba semoga berhasil membuat mabung burung cendet berhasil dengan baik.