Thursday, 20 Jun 2024

Cara Mengatasi Kenari Birahi

7 minutes reading
Friday, 6 Oct 2023 17:35 0 193 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Sudah bukan rahasia lagi jika burung kenari ini yang termasuk salah satu jenis burung yang cantik dan juga memiliki suara yang sangat merdu, tetapi burung kenari yang sering mengalami masalah salah satunya mengalami over birahi untuk itu sangat penting mengetahui cara mengatasi kenari birahi.

Siapa yang tidak kenal atau tahu dengan burung kenari? Burung kenari yang terkenal dengan memiliki suara indahnya dan bahkan banyak diikutsertakan dalam perlombaan, burung kenari juga yang bisa merasakan birahi dan bahkan tidak jarang burung kenari mengalami over birahi.

Semua jenis burung yang tentunya akan mengalami birahi baik itu over birahi atau birahi menurun, kondisi seperti ini jika terus menerus dibiarkan saja yang akan membuat burung kenari merasa stres dan sangat berbahaya untuk kesehatannya.

Tentu saja masalah seperti ini yang terkadang cukup merepotkan dan banyak orang yang kewalahan untuk mengatasinya sehingga kamu sebagai pemelihara burung kicau harus tahu dengan cara mengatasi kenari birahi, untuk  melakukan cara mengatasi dan menstabilkan burung kenari yang sedang birahi dapat dikatakan cukup mudah dilakukan.

Tetapi sebagai pemilik tentu saja kamu yang harus memiliki ketelatenan dalam merawat burung kenari tersebut, karena untuk sebagian besar pemilik burung kenari yang dimana mereka kebingungan untuk cara mengatasi kenari birahi karena belum  tahu dengan cara melakukannya.

Sehingga untuk kamu yang ingin tahu dengan cara mengatasi dan menstabilkan burung kenari yang sedang birahi, maka untuk itu kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini yang akan kami bahas dengan rinci.

Cara Mengatasi Kenari Birahi

Cara Mengatasi Kenari Birahi

Dimana tidak hanya manusia saja namun hewan juga dapat merasakan birahi dan salah satunya terjadi pada burung kenari, pada saat burung kenari mengalami over birahi hal ini dapat mengancam kesehatan mereka terkhususnya untuk burung kenari lomba.

Burung kenari yang sedang mengalami birahi akan terdapat ciri-ciri atau tanda-tandanya yang bisa dilihat dengan kasat mata, untuk burung kenari jantan yang biasanya akan berkicau sambil mengepak-ngepakkan sayapnya.

Burung kenari juga menjadi rajin atau sering berkicau dan juga melakukan gerakan melompat ke kiri dan ke kanan, menjadi lebih agresif saat melihat burung kenari betina, sedangkan burung betina yang biasanya akan rajin berbunyi, menjadi agresif saat ada kenari jantan.

Selain itu burung kenari betina menjadi selalu mengangkatkan kakinya dan mengepakkan sayap pada saat berdekatan dengan lawan jenis, jika burung kenari peliharaan kamu sudah mengalami tanda-tanda tersebut maka kamu harus segera mencari cara mengatasi atau solusinya jika tidak ingin berdampak pada fisik burung kenari sampai mengakibatkan stres.

Adapun untuk beberapa cara mengatasi dan menurunkan burung kenari yang sedang birahi yaitu sebagai berikut:

Dengan Terapi Embun

Salah satu cara mengatasi dan menurunkan tingkat birahi pada burung kenari bisa kamu coba lakukan yaitu dengan melakukan terapi embun di pagi hari pada burung kenari tersebut, walaupun hal ini mungkin akan sulit dilakukan untuk kamu yang suka bangunnya siang.

Tetapi cara yang satu ini yang cukup berguna dan terapi embun ini yang sangat efektif untuk membantu menstabilkan atau menurunkan kondisi burung kenari yang sedang mengalami birahi, kamu hanya bisa melakukan embun ini pada pukul 5 sampai 6 pagi pada saat embun sedang jatuh dan suasana yang masih asri dan tenang.

Memberi Makan Buah Pir

Memberi buah pir pada burung kenari yang termasuk ke dalam salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi burung kenari yang sedang birahi, dimana buah pir ini yang efektif menurunkan tingkat birahi pada burung kenari.

Sehingga dengan begitu buah pir ini yang sangat baik untuk dijadikan sebagai pakan burung kenari, kamu bisa dengan memberikan buah pir yang setiap hari selama burung kenari sedang mengalami birahi dna kamu bisa melakukannya secara rutin sehingga burung kenari yang mulai menurun.

Memandikannya Secara Rutin

Cara mengatasi burung kenari birahi lainnya yaitu dengan memandikan burung kenari secara rutin akan membantu menurunkan tingkat birahi pada burung kenari tersebut, kamu bisa dengan menambahkan porsi atau durasi mandi burung kenari tersebut dari sebelumnya.

Dimana kamu bisa dengan melakukan memandikan burung kenari ini dengan cara menyemprotkan tubuh burung kenari pada saat pagi hari, siang maupun malam hari, dengan burung kenari sering mandi akan membuat birahi burung kenari turun secara berangsur-angsur.

Dikawinkan

Cara yang terbilang cukup ampuh dan simple dilakukan untuk mengatasi burung kenari yang sedang birahi yaitu dengan mengawinkan burung kenari, bahkan efeknya yang langsung bisa kamu lihat, kamu bisa dengan kawinkan burung kenari saat sedang birahi dan selang sehari setelah kawin burung tersebut yang pastinya sudah dapat gacor kembali.

Dengan Diumbar

Untuk salah satu cara mengatasi kenari birahi yang satu ini khusus untuk kamu yang mempunyai ruangan luas dan dapat digunakan untuk mengumbar burung kenari, burung kenari dengan diumbar seperti itu yang akan membuat tingkat birahi lambat laun akan turun dan burung kenari bisa beraktivitas kembali dengan normal.

Namun sebelum burung kenari diumbar kamu bisa memandikan burung tersebut terlebih dahulu lalu dijemur dalam sangkar kurang lebih sekitar 15 menit, setelah itu kamu bisa memasukkan ke dalam kandang umbaran kurang selama 4 jam dan kembali masukkan lagi ke sangkar biasanya.

Memberikan Ramuan Penurun Birahi

Memberikan ramuan penurun birahi burung kenari menjadi salah satu cara mengatasi kenari birahi bisa kamu coba lakukan, ramuan ini yang bisa kamu buat dengan mudah menggunakan bahan alami seperti mengkudu, kroto dan juga sebagainya.

Untuk cara lainnya dengan membawanya ke dokter hewan mengatasi burung kenari birahi dan biasanya nanti para dokter hewan yang akan memberikan suntikan pada burung kenari yang berguna untuk membantu menurunkan birahi, hal ini yang memerlukan biaya yang terbilang tidak sedikit.

Memberi Makan Mentimun

Dengan memberi pakan atau makan mentimun pada burung kenari yang sedang mengalami birahi yang menjadi salah satu cara mengatasi kenari birahi yang tepat dan efektif untuk membantu menurunkan birahi burung kenari, kamu bisa dengan rutin memberi pakan mentimun yang segar dan juga semua jenis burung pemakan sayur yang lainnya.

Mentimun merupakan salah satu makanan wajib diberikan pada burung kenari sebelum mulai mengikuti kontes bertujuan agar kondisi birahinya menjadi stabil dan tidak agresif pada saat ia sedang mengikuti lomba, cara menyajikannya cukup memotong mentimun menjadi beberapa bagian dan berikan pada saat burung kenari di jemur.

Dengan Mengurangi Makan Telur Puyuh Rebus

Untuk cara mengatasi kenari birahi yaitu dengan mengurangi makan telur puyuh rebus, dimana telur puyuh yang menjadi salah satu jenis pakan burung kenari yang tidak boleh dikonsumsi terlalu sering, karena telur puyuh rebus bisa meningkatkan birahi untuk burung kenari.

Dimana selain juga telur puyuh burung kenari juga yang harus mulai mengurangi mengkonsumsi eggfood, karena ini merupakan salah satu jenis makanan yang bisa memicu birahi pada burung kenari sehingga saat burung kenari sedang over birahi sebaiknya mengurangi porsi makan telur puyuh rebus.

Jangan Memberikan Pakan Buah Apel

Burung kenari merupakan jenis burung yang sangat menyukai buah dan juga sayuran, salah satu buah yang disukai oleh burung kenari yaitu buah apel, tetapi buah apel ini yang tidak dianjurkan untuk terlalu sering diberikan ke burung kenari walaupun buah apel yang sangat baik dan disukai burung kenari.

Hal ini dikarenakan buah apel merupakan salah satu jenis makanan yang bisa membantu menaikkan birahi pada burung kenari, walaupun masih bua apel ini yang bisa diberikan kepada burung kenari tetapi kamu harus mengurangi porsi atau levelnya dibandingkan sebelumnya.

Jangan Terlalu Sering Dijemur

Walaupun burung kenari yang dijemur terbilang sangat baik tetapi menjemur burung kenari dalam waktu yang terlalu lama bisa meningkatkan birahi, oleh karena itu pada saat burung kenari birahi maka segera kurangi porsi atau waktu menjemurnya jangan terlalu lama.

Untuk burung kenari yang sedang over birahi maka sebaiknya untuk menjemur burung kenari tersebut pada pukul 08.00 dalam durasi kurang lebih sekitar 5 sampai 10 menit saja, untuk cara menjemur burung kenari yang bisa dilakukan setiap hari dalam keadaan burung kenari yang belum pulih dari birahinya.

Jangan Memberi Biji Niger

Terakhir untuk cara mengatasi kenari birahi yaitu jangan memberikan makanan biji niger, biji niger sendiri adalah makanan yang bisa menambah stamina pada burung kenari khusus nya saat mengikuti lomba, tetapi pada saat burung kenari birahi dan diberikan biji niger yang justru bisa berdampak semakin naiknya birahi pada burung kenari.

Untuk jenis makanan yang sangat baik untuk membantu mengatasi dan menurunkan birahi pada burung kenari yaitu sejenis biji-bijian yang bisa didapatkan dan dibeli di toko pakan burung, walaupun demikian makanan ini juga menjadi menjadi salah satu pemicu birahi jika dalam porsi berlebihan.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa cara yang bisa kamu ketahui dan coba terapkan dengan mudah untuk mengatasi dan mengurangi burung kenari yang sedang birahi, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.