Monday, 17 Jun 2024

Cara Mengatasi Kucing Yang Sedang Sedih

6 minutes reading
Saturday, 26 Aug 2023 22:56 0 200 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mengatasi kucing sedih? Apakah kucing bisa sedih juga seperti manusia? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait cara-cara untuk mengatasi kucing kamu yang sedang merasa sedih.

Sebagai cat lovers pastinya tau dong bagaimana gerak gerik atau perilaku kucing yang sedang merasa senang, marah, dan sedih. Tapi, kadang kamu juga gak selalu tahu apa yang menjadi si kucing terlihat begitu sedih dan gelisah tidak seperti biasanya yang selalu ceria dan aktif.

Mungkin memang kucing ini tidak bisa menunjukkan secara emosional tentang perasaannya, berbeda dengan manusia yang bisa menunjukkan perasaannya dari mimik wajah atau ekspresi. Namun, tidak dengan kucing biasanya mereka lebih ke menunjukkan perubahan perilaku.

Lalu kalau begitu bagaimana caranya untuk mengatasi kucing sedang sedih? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi si kucing yang sedang merasa sedih. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengatasi Kucing Yang Sedang Sedih

Cara Mengatasi Kucing Sedih

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai fakta unik tentang kucing yang mungkin jarang orang-orang ketahui beberapa hal seputar kucing ini. Penting sekali untuk kamu kenali hal tersebut, agar bisa juga mengatasinya dengan baik.

Fakta menarik kucing salah satunya adalah mereka merupakan hewan yang memiliki otak emosional atau disebut dengan sistem limbik yang dimana kucing ini dapat merasakan bermacam-macam emosi seperti rasa senang, ketakutan, kepuasan, kasih sayang, dan sedih.

Walaupun begitu kucing ini tidak dapat menunjukkannya secara fisik atau melalui ekspresi tapi lebih ke perilaku yang menunjukkan bahwa mereka sedang merasa tidak nyaman. Bahkan ada juga yang cenderung tidak berekspresi baik dari perilaku ataupun mimik wajahnya yang biasa.

Jadi akan cukup sulit untuk mengetahui hanya dengan melihat melalui ekspresinya, perlu untuk mengenali ciri-ciri atau tanda ketika si kucing sedang sedih atau senang. Salah satunya ketika sedang sedih, kucing bisa merasa sedih ketika dalam keadaan tertentu seperti berikut:

  • Merasa kesepian
  • Kucing sedang stress atau depresi
  • Merasa jenuh dan bosan
  • Sedang terluka atau sakit
  • Tidak mendapatkan hadiah dari pemiliknya

Nah, diatas itu adalah beberapa penyebab kucing merasa sedih yang mungkin tidak kamu ketahui. Adapun beberapa ciri atau tanda bahwa mereka sedang merasa sedih yang bisa kamu lihat dari perilakunya, diantaranya adalah:

  1. Kucing menjadi penyendiri
  2. Tertidur terus
  3. Mengeong-ngeong dengan nada yang rendah
  4. Gerakan ekor yang tadinya tegak tiba-tiba menurun atau menggerak-gerakan ekor ke samping kiri lalu samping kanan secara perlahan
  5. Kepalanya akan menunduk dengan memelas

Jika, kamu melihat kucing menunjukkan perubahan perilaku seperti itu ada kemungkinan kucing merasa sedih dan harus segera kamu hibur atau mengatasinya supaya tidak sedih lagi dengan cara-cara sebagai berikut:

Luangkan Waktu Untuk Mengajaknya Bermain

Sebagai pemilik yang perhatian dan pengertian, pastinya tidak akan membuat si kucing sedih dengan selalu meninggalkannya sendirian di rumah. Mungkin memang kamu sendiri punya kesibukkan, sehingga jarang mengajak si kucing bermain bersama tidak seperti awal-awal mengadopsinya.

Hanya saja usahakan atau luangkanlah waktu bersama si kucing dan mengajaknya bermain bersama di rumah ataupun dengan mengajaknya jalan-jalan di luar keliling komplek juga bisa, supaya si kucing gak sedih. Setidaknya kucing akan cukup terhibur dengan menghirup udara segar agar lebih rileks.

Memberikan Cemilan Enak

Menghibur kucing yang sedang sedih tidak begitu sulit kok, kamu hanya perlu memberikan mereka cemilan enak sebagai hadiah atas kerja kerasnya setelah melakukan banyak aktivitas atau pencapaian atas berhasil melakukan suatu hal sebagai bentuk apresiasi kepada si kucing.

Kucing yang sedih bisa saja karena kamu jarang memberikan hadiah atas pencapaiannya, kucing merupakan hewan yang senang sekali diapresiasi. Makanya kamu sering-sering kasih mereka hadiah berupa cemilan yang enak, supaya tidak lagi merasa sedih tidak diapresiasi.

Adopsi Kucing Baru

Buat kamu yang orangnya tipe sibuk banget sama kerjaan dan disisi lain kamu mengadopsi kucing di rumah sebagai teman atau hiburan kamu dikala sedang lelah sehabis kerja dengan melihat tingkah laku kucing yang lucu dan menggemaskan membuat kamu kembali semangat.

Tapi, ada hal yang ternyata kamu tidak perhatikan yaitu kucing juga akan merasa kesepian ketika kamu sedang sibuk dan hanya mengurung diri di rumah ketika kamu sedang bekerja. Setidaknya kamu adopsi kucing lebih dari satu supaya kucing tidak kesepian dan sedih lagi.

Sering-Sering Memanjakan si Kucing

Kucing merupakan hewan yang cukup manja kepada pemiliknya, apalagi kalau hubungan kedua nya sudah begitu dekat sehingga selalu menempel kesana kemari mengikuti pemiliknya. Tapi ketika kamu sebagai pemiliknya ada kesibukan dan jadi jarang memanjakan si kucing, nantinya kucing kamu akan merasa tidak terbiasa sampai akhirnya sedih.

Kucing akan jadi merasa sedih ketika mereka tidak diperlakukan manja seperti biasanya oleh si pemilik atau majikannya. Mereka akan lebih murung, gelisah, galau, dan merajuk kepada kamu karena sudah tidak lagi diperhatikan. Mau bagaimanapun juga memang kucing juga merupakan hewan yang bisa menjalin ikatan persahabatan atau keluarga dengan pemiliknya.

Maka dari itu sebisa mungkin usahakan untuk menyempatkan memanjakan si kucing, cukup hanya dengan sering mengelusnya walaupun hanya sebentar. Setidaknya kamu menunjukan bahwa kamu tidak mengabaikannya dan masih selalu memberikan belaian kasih sayang kepada kucing sebagai bentuk memanjakan mereka agar tidak merasa sedih lagi.

Jangan Membuat Kucing stress

Ketika si kucing merasa stress atau bahkan sampai depresi, kucing akan terlihat sedih selalu menyendiri sampai tidak mau makan sama sekali. Mereka cenderung akan mengisolasi diri di ruangan tertutup dan hanya menikmati lamunannya sepanjang hari yang membuatnya memikirkan banyak hal yang membuat si kucing merasa sedih.

Biasanya kucing stress akibat dari faktor lingkungan yang bising dan kotor atau faktor kesepian karena tidak ada yang mengajaknya bermain serta tidak memiliki teman di rumah, hanya ada dia saja tidak ada kucing lainnya yang bisa dijadikan teman bermain. Maka dari itu usahakan untuk tidak membuat kucing stress dengan melakukan hal-hal menyenangkan bersama kucing.

Cek Kondisi Tubuhnya

Salah satu penyebab kucing merasa sedih bahkan sampai menangis adalah karena ada suatu masalah kesehatan tubuhnya atau mengalami luka yang membuatnya kesakitan sehingga si kucing sedih dengan menahan rasa sakit yang dialaminya.

Maka dari itu kalau kamu melihat kucing lagi sedih atau menunjukkan sikap atau perilaku yang tak biasa, segeralah untuk mengecek kondisi tubuhnya dan pastikan apakah kucing sedang sakit atau terluka yang membuatnya sedih karena sakit.

Itulah beberapa cara mengatasi kucing sedih yang bisa kamu coba atau lakukan langsung di rumah terhadap kucing kamu, agar si kucing tidak lagi merasa sedih dan murung serta bisa kembali ceria dan aktif membuat kamu tidak khawatir lagi.

Usahakan untuk tidak selalu membentak atau memaksa si kucing dalam melakukan sesuatu ketika sedang melatihnya, lakukan atau perlakukan kucing kamu dengan lembut dan tidak kasar agar lebih nurut pada kamu. Good Luck semoga membantu.